Al Hujurat Ayat 10

Posted on

Assalamu’alaikum Sahabat dakwa, kesempatan yang berbahagia ini rumussoal.com akan menyampaikan pembahasan tentang isi kandungan ayat Al-Qur’an surah Al Hujurat Ayat 10 beserta artinya, makna, keutamaan dan tafsirannya, supaya mudah dipahami.

Surah Al Hujurat Ayat 10 – Ayat ini menjelaskan bahwa setiap Muslim bersaudara dengan Muslim yang lainnya dalam memperkuat persaudaraan dalam islam harus dilandasi dengan keimanan yang mengembirakan, karena hal ini sangat di anjurkan oleh Alloh SWT.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Surah Al Hujurat Ayat 10

Surah Al-Hujurat Ayat 10

Surah Al Hujurat Ayat 10 menerangkan bahwa sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah saudara dan mereka dalam menjalin hidup selalu berdamai dengan saudara-saudara yang lainnya.

Surah Al Hujurat Ayat 10 Dalam hal ini menerangkan Orang-orang harus berdamai antara saudara dan harus menjaga ikatan persaudaraan, sehingga terjalin keutuhan dalam memeluk agama islam.

Surah Al Hujurat Ayat 10 Didalam tafsir menerangkan bahwa semua urusanmu akan diberkati oleh Alloh, tentu saja mereka yang percaya bahwa Alloh adalah tuhan yang patut disembah.

Tafsir yang lain mengatakan bahwa, tentu saja orang yang beriman adalah bersaudara dalam memeluk agama dan kepercayaan.

Hubungan antara Muslim yang saling bertentangan harus mampu melawan kejahatan dan selalu berbuat kebaikan dan mampu menjaga hubungan antar sesama umat islam.

Baca Juga: Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Kandungan Surah Al Hujurat

Alquran

Dalam ayat di atas Allah Yang Maha tinggi telah menekankan kepada hambanya bahwa ada dua keutamaan yang perlu diketahui.

  • Setiap prang harus yakin dan percaya bahwa dalam menjalin persaudaraan akan dapat memperkuat keimanan dengan memeluk agama islam yang sebenarnya
  • Setiap ada pertengkaran antar persaudaraan maka kita diperintahkan oleh Allah untuk selalu berdamai demi menjaga ikatan persaudaraan sesama agama islam.

Oleh sebab itulah Rasulullah SAW telah berkata

Yang Artinya:

“Demi Allah, siapa yang memerintah aku diantara aslah satu dari kalian tidak akan dianggap sebagai orang beriman kecuali dia mencintai sesama orang beriman seperti dia mencintai dirinya sendiri.”

Dan Utusan Allah juga menerangkan

Yang Artinya:

“Seorang Muslim adalah orang yang selalu menjaga lidah dan tangannya dan tidak akan menyakiti sesama muslim yang lainnya, dan mereka semua bersaudara dan akan meninggalkan semua larangan Allah.”

Baca Juga: Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan

Makna Surah Al Hujurat

Alloh SWT telah memperingatkan kepada orang-orang yang beriman untuk tidak mengolok-olok satu sama lain.

Karena orang yang diejek di mata Alloh jauh lebih mulia daripada mereka yang mengolok-olok seseorang.

Di sisi lain Alloh akan memuliakan orang – orang yang di zholimi dan kemudian Alloh akan meninggikan derajatnya.

Ayat ini juga telah menerangkan bahwa Alloh telah menegaskan setiap orang yang takut kepada Alloh akan selalu diberkati oleh Alloh Subhanahu wata’ala.

Dan Alloh Subhanahu wata’ala menegaskan lagi bahwa kita semua saudara dan harus mampu menjaga etnis, ras, kulit, kelas sosial, dalam tingkatan Ukhuwah Islamiyah.

Makna yang lain juga Nabi sallallaahu ‘alaihi wasallam menerangkan bahwa setiap muslim haru selalu berdamai antara Muhajirin dan Ansar dan mampu membuat perdamaian di antara mereka.

Baca Juga: Amalan Bulan Ramadhan

Menerapkan Persaudaraan (Ukhuwah)

Untuk memudahkan dalam mencapai kehidupan yang bahagia dalam persaudaraan (Ukhuwah) maka orang yang beriman harus dapat membangkitkan persaudaraan dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Saling mencintai orang beriman yang lainnya dan harus takut hanya karena Allah.
  • Menghargai ketidaksepakatan yang dilandasi dengan keimanan yang kuat.
  • Tolong menolong antar sesama orang yang beriman yang mengalami kesulitan.
  • Menjalankan hak dan kewajiban yang penuh kasih sayang.

Nah sekian sahabat dakwah yang dapat rumussoal.com sampaikan pembahasan tentang makna dalam surah Surat Al Hujurat Ayat 10, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami, dan bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>