Arti Halalan Toyyiban

Posted on
Arti Halalan Toyyiban

Arti Halalan Toyyiban – Merupakan istilah yang terdapat di dalam bahasa arab yang memiliki arti boleh atau di izinkan, di dalam kehidupan sehari – hari kata – kata tersebut merujuk terhadap makanan atau minuman yang boleh di komsumsi menurut Islam.

Di Indonesia sendiri sertifikasi mengenai kehalalan dari sebuah produk minuman dan makanan biasanya di kelola oleh MUI ( Majelis Ulama Indonesia ).

Kata haram sendiri memiliki arti larangan yang berasal dari bahasa arab termasuk mengenai kemudahan yang terdapat di dalam syariat Islam.

Agar lebih jelas mengenai ulasan yang terdapat di atas maka kami rumussoal.com akan mencoba mengurai mengenai artikel tersebut.

Langsung saja kita simak di bawah ini …?

Pengertian Mengenai Halalan Toyyiban

Sebagai seorang muslim kita harus mengkonsumsi makanan serta minuman yang halalan toyyiban. Untuk itu terlebih dahulu kita harus mengetahui dan memahami apa pengertian atau makna dari kata halalan toyyiban.

Makna atau arti Halalan mengenai perkara makanan jika kita lihat secara umum berarti segala makanan atau minuman jika kita makan atau kita minum tidak haram sehingga tidak berdosa.

Dan mengenai yang haram dapat di kategorikan ke dalam dua aspek di antaranya yaitu :

  • Pertama di tinjau dari segi materi atau zat menurut hukum syariat seperti : babi, anjing serta hewan yang memiliki taring yang lainnya
  • Kedua di tinjau dari cara kita mendapatkannya atau membelinya serta cara mengolah dari pada makanan tersebut.

Sedangkan makna atau arti Toyyiban memiliki banyak sekali artinya, dan di dalam Al-quran sendiri kata Toyyiban selalu di awai dengan kata halal serta baik.

Untuk itu ada sebagian dari ulama yang berpendapat jika kata Toyyiban sebenarnya merupakan kata halal itu sendiri, yang memiliki makna baik serta haram dan najis.

Menurut pengertian dari Imam Ibnu Katsir kata toyyiban berarti baik serta tidak membahayakan anggota tubuh kita.

Dari beberapa ulasan yang terdapat di atas bisa kita ambil kesimpulan jika kata Halalan Toyyiban sesungguhnya tidak dapat di pisahkan dari kehidupan sehari – hari terutama bagi kita dalam mengambil kebaikan serta kesehatan.

Kriteria Makanan Halalan Toyyiban

Secara umum hampir setiap makanan dapat di komsumsi oleh setiap manusia, tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh setiap manusia di dalam memilih makanan tersebut.

Terutama makanan tersebut harus sehat dan memiliki lebel halal bagi yang akan memakannya seperti

  • Makanan dari tumbuhan atau hewan
  • Makanan yang berasal dari daging hewan atau biasa di sebut dengan makanan berjenis hewani
  • Makanan nabati yaitu makanan yang berasal dari tumbuhan yang hidup di muka bumi ini.

Namun ada makanan atau minuman yang tidak di perbolehkan oleh Allah SWT, di antaranya yaitu : daging anjing, daging babi serta minuman khomar atau arak.

Manfaat Makanan Halalan Toyyiban

Sebagai manusia kita wajib makan makanan yang halalan toyyiban selain baik bagi kesehatan makanan tersebut juga sangat berkah bagi yang mengkonsumsinya.

Sebab jika kita mengkonsumsi makanan halalan toyyiban dan mendapatkannya secara halal, juga dapat membuat hidup lebih diberkahi dan saleh, dan doanya akan terkabul juga.

Sebaliknya, jika toyyiban makanan halalan diperoleh secara haram, itu menjadi haram dan shalat dapat dilangsungkan di langit.
Ada penelitian yang membahas tentang sifat manusia bahwa makanan enak yang diperoleh dengan cara yang baik juga memiliki khasiat yang baik.

Sedangkan makanan yang terbuat dari bahan yang buruk membentuk karakter yang buruk, artinya mengkonsumsi makanan halalan toyyiban yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari karena sesuai dengan perintah Al-Qur’an.

Contoh Makanan Halalan Toyyiban

Misal kita makan nasi dengan lauk pauk berupa tempe dan ikan, kalau dilihat detail makanannya halal dan tayib.

Tapi harus kita tegaskan lagi apakah beras itu halal, misalnya beras itu hasil pemberian teman, maka nasi itu halal makanan toyyiban.

Lalu bagaimana dengan ikan dan tempe? misalnya kita menggoreng ikan dan tempe sendiri, maka ikan dan tempe nya halal dan thoyib.

Contoh Minuman Yang Halalan Tapi Tidak Toyyiban

Misal kita membuat minuman es teh manis dengan 1 sendok makan gula, akhirnya es teh manis itu adalah Halalan dan Thoyiban, namun jika kita perhatikan lebih dekat ternyata kita mengidap penyakit gula darah yang parah, maka minuman es teh manis ini. halal, tapi tidak ada tayyib. Karena meminum es teh manis ini bisa merusak tubuh kita.

Contoh Makanan Yang Tidak Halal Tapi Toyyiban

Misal kita makan nasi kemasan hasil selingkuh, maka makanannya haram dan tidak halal, tapi makanan itu tayiban atau baik untuk tubuh kita.

Contoh Makanan Yang Tidak Halal Dan Tidak Enak

Contoh makanan atau minuman ini antara lain apapun yang dilarang Allah, seperti daging babi, darah, bangkai, ragi, obat-obatan, dan sejenisnya.

Kiranya demikianlah yang dapat rumussoal.com sampaikan mengenai artikel tentang arti halalan toyyiban semoga artikel yang amat sederhana tersebut dapat membantu sahabat semuanya.

Sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>