Arti Taaruf

Posted on
Arti-Taaruf

Artikel makalah tentang Arti Taaruf lengkap dengan Artinya, Meliputi, pengertian, keutamaan, manfaat, makna, syarat, perbedaan dan asal kata taaruf supaya mudah dipahami.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum, Arti Taaruf, Hal ini merupakan salah satu ungkapan sebagai kata dari tahap perkenalan dari laki-laki dan perempuan, dengan tujuan unutk menjalin pernikahan yang halal dalam ajaran islam.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini….!

Apa Itu Taaruf

Taaruf-1

Taaruf adalah perkenalan dua orang laki-laki dan perempuan dengan maksud atau tujuan yang tertentu sehingga makna ta’aruf sangat luas, karena bisa berupa ungkapan persaudaraan, persahabatan dan pernikahan.

Nah, Ta’aruf juga terkenal ucapan yang terdapat pada umat Muslim di Indonesia yang dikaitkan dengan sebuah ungkapan yang romantis dalam kehidupan orang-orang yang menjalin hubungan pernikahan.

Ta’aruf dalam hubungan cinta dapat diartikan sebagai proses yang dapat mengatur dan tujuannya untuk menyempurnakan agama yang mengacu pada tingkat pernikahan dan memiliki ikatan yang suci.

Baca Juga: Arti Tasamuh

Perbedaan Taaruf Dan Pacaran 

  • Taaruf sebagai perkenalan sebelum menjalin pernikahan dan Jika keduanya merasa tidak cocok maka mereka akan mengakhiri perkenalan mereka.
  • Taaruf, niatnya untuk menikah sesuai denan kepercayaan sehingga tidak ada pihak yang akan dirugikan.
  • Taaruf lebih terlihat adil, Misalnya, jika memiliki penyakit tertentu, tidak bisa melanjutkan ke jenjang pernikahan.
  • Dengan taaruf dapat mencoba mengenal kandidat dan mendapatkan informasi secepat mungkin pada hal pernikahan dan dapat juga menghemat waktu.
  • Melalui taaruf diizinkan dapat menyerahkan kriteria dari pasangan antara laki-laki dan perempuan.
  • Jika keduanya cocok maka mereka akan menikah sehingga dapat mencegah tindakan dari perzinahan.

Asal Kata Taaruf

Seperti yang dijelaskan di awal, Taaruf berarti mengenal atau mengenal satu sama lain antara laki-laki dan perempuan maka taaruf itu sendiri berasal dari katayang ditulis dalam Al Qur’an.

Kata li ta’aarafuu dalam ayat di atas berarti bahwa tujuan dari semua yang Allah ciptakan adalah agar kita semua dapat saling mengenal, dari kata Taaruf berarti saling mengenal.

Dalam hal ini, siapa pun yang akan dikenal, maka akan melalui proses pemanggilan yang sangat disarankan terutama dapat memperkuat hubungan dalam persahabatan atau persaudaraan antara sesama muslim.

Namun proses taaruf memiliki keterbatasan antara jenis kelamin lainnya, seperti Selain itu, tidak mungkin Khalwat atau pasangan antara pria dan wanita.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa makna dari kata Taaruf juga sebagai ucapan dalam Islam dengan Syariah dan tidak melebihi batasnya.

Syarat Taaruf

  • Memberikan isyarat untuk membuat taaruf
  • Pertukaran saran atau riwayat hidup
  • Istikharakh
  • Memberikan jawaban, apakah ingin me;lakukan pernikahan atau tidak
  • Jika cocok dan ingin melanjutkan maka akan di lanjutkan keproses Nazar dan kemudian khotbah.

Baca Juga: Do’a Talbiyah

Keutamaan Taaruf

Dari pembahsan di atas, maka kami juga akan memberikan keutamaan yang terdapat pada taaruf diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Terhindar Dari Perzinaan

Ta’aruf adalah cara mencegah perzinahan atau kebersamaan di tempat yang sepi, karena Ta’aruf melarang pria dan wanita untuk diam-diam bertemu tanpa teman.

2. Lebuh Fair

Ketika Ta’aruf terjadi, keduanya bertukar pikiran dan pendapat tentang kekuatan dan kelemahan mereka tanpa ada yang harus menutupi, maka Keluarga juga tahu tentang itu sehingga tidak ada kebohongan maka akan terjadilah pernikahan yang suci.

3. Lebih Efektif

Selama proses Ta’aruf, ada pertukaran pendapat antara kedua pihak dalam waktu singkat, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan seperti orang yang melakukan perzinaan maka Ta’aruf dianggap lebih efektif .

4. Prosesnya cepat

Dalam proses ta’aruf sangat baik maka tahap selanjutnya akan melanjutkan proses Ta’aruf yang diakhiri dengan melanjtkan denga berumah tangga yang kokoh.

Demikialah sobat yang dapat kami sampaikan mengenai Arti Taaruf, arti dan makna nya, sesuai dalam ajaran islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: