Bacaan Sholawat

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang bacaan sholawat – lengkap dengan pengertian, contoh, serta, faedah supaya mudah dipahami.

Bacaan sholawat – adalah bentuk jamak yang berasal dari sebuah kata sholat artinya merupakan doa, berarti jika kita membaca sholawat kepada Nabi Muhamad, sama saja berarti kita berdoa kepada Alloh untuk Nabi Muhamad SAW.

Apa Itu Sholawat Nabi

bacaan-sholawat

Bacaan Sholawat Nabi adalah merupakan amalan yang mesti di kerjakan bagi umat beragama islam, itu merupakan salah satu bentuk ibadah yang di lakukan kepada Alloh.

Sholawat juga adalah suatu bentuk jamak dari sholat yang dapat di artikan sebagai doa, sedangkan sholawat sendiri dapat terbagi menjadi tiga macam, diantaranya sholawat kepada Alloh, sholawat kepada malaikat, dan sholawat kepada umatnya ( manusia ).

Bacaaan Sholawat dari Alloh merupakan pemberian suatu rahmat serta sebuah kemuliaan, sedangkan jika dari malaikat, adalah merupakan permohonan ampun, dan jika dari umatnya agar di berikan kemuliaan dan limpahan rahmat.

Baca Juga: Contoh Prilaku Hasad

Manfaat Bacaan Sholawat Nabi

Manfaat sholawat Nabi adalah apa bila kita jadikan amalan harian dengan suatu keyakinan maka akan dapat memberikan sebuah manfaat yang sangat luar biasa.

Yang paling utama kita akan mendapatkan syafaat beliau di akhirat kelak, hal ini sudah pasti dan jelas seperti tercantum dalam di beberapa hadist.

Dan dapat menghilangkan rasa gelisah yang ada pada diri kita serta terhindar dari yang namanya penyakit hati seperti iri dan dengki.

Baca Juga: Tingkatan Ukhuwah

Waktu Yang Tepat Membaca Sholawat Nabi

Untuk membaca sholawat Nabi ada beberapa waktu yang sangat baik dan sangat dianjurkan diantaranya yaitu:

  • Sebelum membaca doa ketika adzan selesai
  • Setelah menjawab adzan
  • Saat masuk ke dalam masjid serta pada saat keluar masjid
  • Ketika kita mendengar ada orang lain menyebut nama Rasulullah, maka kita harus membaca sholawat
  • Di akhir setelah kita selesai membaca doa qunut
  • Saat shalat jenazah pada awal, tengah, dan pada bagian doa terakhir yang kita panjatkan
  • Sepanjang pada hari Jumat
  • Pada malam Jumat

8 Keutamaan Sholawat Nabi

Ada beberapa fadhilah atau keutamaan jika kita sering membaca sholawat nabi apa lagi jika kita membacanya dengan sungguh – sungguh dan penuh dengan keyakinan di antaranya yaitu;

1. Di bukakan pintu rejeki yang seluas – luasnya serta akan di lapangkan seluruh urusan yang ada di dunia.

2. Di mudahkan dalam menuju jalan kematiaan sehingga tidak akan merasa kesusahan di saat menghadapi sakratul maut ketika tiba pada waktunya.

3. Dengan seringnya kita membaca sholawat akan dapat menggantikan sebuah sodakoh bagi orang – orang yang tidak mamuntuk bersodakoh.

4. Dapat terhindar dari rasa kebingungan dari sebuah masalah, kekhawatiran, gelisa, kepanikan, dan kecurigaan terhadap orang lain.

5. Terhindar dari yang namanya penyakit hati yang dapat menimbulkan sebuah dosa seperti iri, dendam serta menyebarkan semua keburukan orang lain.

6. Mendapatkan berbagai macam kesenangan, ketenangan, serta kebahagiaan baik di akhirat maupun di dunia.

7. Selalu mendapatkan pertolongan dari Alloh di saat – saat dalam menghadapin kesusahan.

8. Akan selalu mendatangkan sebuah rahmat dan hidayah dari Alloh.

Baca Juga: Rukun Puasa

Cara Berdoa Dan Sholawat Yang Benar

Agar setiap doa dan sholawat kita dapat di terima serta di kabulkan oleh Alloh, hendaknya kita harus melakukan dengan penuh kerendahan hati sesuai dengan kaidah islam.

Yang di awalin dengan membaca sholawat untuk kemuliaan baginda Nabi Muhammad SAW, dan semua iti dilakukan dengan kerendahan hati tanpa terburu – buru.

Jika orang yang berdoa dengan terburu – buru berarti orang tersebut lebih mengutamakan keinginanaya dari pada mendekatkan diri kepada Alloh SWT.

Jenis Jenis Sholawat

Dari ulasan artikel diatas ada beberapa sholawat yang harus kita ketahui di antaranya:

1. Sholawat Al Nahriyah

sholawat-nariyah-2

Artinya:

Ya Allah berikanlah sohlawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas ikatan ( kesusahan ) dan di bebaskan dari kesulitan.

Keistimewaan Sholawat Al Nariyah

Jika kita sering mengamalkan sholawat Al Nahriyah maka Alloh akan memudahkan segalah urusan kita, meninggikan derajatnya, membukakan pintu – pintu kebaikan, serta banyak di cintai oleh semua mahluk serta di kabulkanya doa kita.

2. Sholawat Fatih

sholawat-fatih-3

Artinya:

Artinya

keistimewaan Sholawat Fatih

1. Pahalanya 10.000 kali

Sebagian ulama berpendapat kalau jika kita membaca shiolawat fatih, akan mendatangkan sebuah pahala yang sangat besar.

2. Menghilangkan sebuah perasaan resah

Dapat menghilangkan sebuah perasaan yang sedang resah di dada dan merasa banyak beban dengan membaca sholawat fatih, insallah semua perasaan itu akan hilang.

3. Bebas dari api neraka

Akan terbebas dari panasnya api neraka, dan sebagian ulama berpendapat barang siapa yang membaca surat al kafi walaupun seumur hidup hanya sekali orang tersebut tidak akan masuk api neraka.

4. Hidup bahagia dunia dan akhirat

Sohlawat al fatih juga dapat mendatangkan sebuah kebahagian baik di dunia maupun akhirat dan di lancarkan rezekinya

3. Sholawat Badawi Kubro

sholawat-badawi-kubro

Artinya:

Ya Alloh limpahkanlah sholawat kesejahtraan dan keberkahan kepada penghulu dan pemimpin Nabi Muhammad.

Pohon asal cahaya genggam sang rahman, insan paling utama gambar jasmani yangpaling mulia, sumber rahasia – rahasia ketuhanan, khazanah ilmu – ilmu pilihan.

Pemilik genggaman kalian ke elokan yang luhur, engkau bangkitkan mereka yang engkau matikan sebelumnya, dan kesejahtraan sebanyak – banyaknya dan segala puji hanya kepada Alloh.

Keistimewaan sholawat badawi kubro

Barang siapa yang membaca sholawat badawi kubro pahalanya seperti orang membaca ( dalail khoirot ) hingga khatam.

Dalam membaca sebuah sholawat untuk Nabi Muhammad kita akan mendsapatkan sebuah keuntungan alangkah lebih bagusnya jika sholawat itu di jadikan amalan harian.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan

Memahamin Sholawat Di Usia Dini

Dari penjelasan mengenai materi di atas dapat kita simpulkan jika pengenalan sholawat bagusnya pada usia dini karena:

A. Jika pengenalan di lakukan pada saat usia dini kelak waktu di usia dewasa sudah pasti akan mendarah daging di dalam kolbu.

B. Akan memperkuat kaidah mengenai pemahaman tentang islam di kala dewasa jika dari kecil sudah di kenalkan tentang sholawat.

C. Keimanan yang ada pada diri lebih bagus di banfdingkan dengan yang tidak memahamin tentang sholawat.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang sohlawat Nabi, semoga materi yang singkat ini dapat mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait >>>>>