Cara Menentukan Ide Pokok

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Cara Menentukan Ide Pokok pada paragraf dan teks ulasan atau wacana – lengkap dengan pengertian, macam macam, unsur, ciri dan tujuan supaya mudah dipahami.

Ide pokok adalah sebuah gagasan yang akan menjadi sebuah pokok pengembangan suatu paragraf, sedangkan sebuah ide pokok biasanya terletak pada pada sebuah kalimat utama.

Apa Itu Ide Pokok

Cara-Menentukan-Ide-Pokok

Ide pokok adalah sebuah sumber atau gagasan yang menjadi sebuah pokok pengembangan dalam sebuah paragraf, ide pokok biasanya kita jumpai di dalam sebuah kalimat utama.

Sedangkan nama lain dalam sebuah ide pokok merpakan gagasan utama atau bisa juga di sebut gagasan pokok, yang di dalam satu paragraf hanya terdapat satu buah ide pokok.

Kalimat utama merupakan sebuah kalimat yang terdapat di dalamnya sebuah ide pokok dalam suatu paragraf, biasanya di dalam kalimat utama dijelaskan oleh sebuah kalimat lain.

Di dalam sebuah paragraf tersebut yang disebut dengan sebuah kalimat penjelas, sedangkan nama lain untuk sebuah kalimat utama biasanya adalah kalimat topik.

Baca Juga: Unsur Naskah Drama

Cara menentukan ide pokok

gambar1-1

Ada beberapa cara yang dapat dengan mudah dalam menentukan sebuah ide pokok secara sederhana yaitu:

1. Menyimpulkan isi paragraf

Menyimpulkan sebuah isi paragraf agar dapat digunakan untuk menentukan sebuah ide pokok dari sebuah kalimat utama.

Contohnya:

Hewan berkaki empat merupakan salah satu hewan iherbivora sering juga di sebut sebagai hewan pemakan tumbuhan, sedangkan daging makanan pokok untuk di Indonesia.

Dan pda saat hari raya idul adha, hewan kaki empat ini sering dijadikan sebagai hewan kurban dan hewan ini biasanya sapi.

Kalimat utama: hewan ini biasanya sapi, sedangkan sebuah paragraf di atas membahasa tentang sebuah sapi, sehingga sebuah ide pokok dalam sebuah kalimatnya adalah ( sapi ).

2. Mengambil Kalimat Utama

Sebuah ide pokok bisa langsung kita ambil dari sebuah kalimat utama tetapi ada juga sebuah kalimat utama yang memang tidak bisa menjadi sebuah ide pokok.

Jadi kalimat utama bisa jadi suatu ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat utama.

Contohnya:

Buah belimbing memiliki segala macam manfaat biasnya dapat dijadikan untuk sebuah bahan rujak yang amat lezat, dan dapat juga dijadikan sebuah manisan.

Buah belimbing rasanya yang masam ini bisa uga dijadikan untuk sebuah obat batuk dengan makan daging buahnya tetapi harus dilumuri dengan kecap.

Kalimat utama: Buah belimbing memiliki memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: Cara Membuat Pengumuman

3. Membalik Sebuah Kalimat Utama Dan Menyimpulkan

Kita tinggal mencari sebuah kalimat utama lalu kemudian menyimpulkannya menjadi sebuah ide pokok atau dengan cara membaliknya.

Contohnya:

Buah kedondong sangat banyak memiliki manfaat, dan buah kedondong tersebut dapat dijadikan sebuah bahan untuk rujak yang sangat lezat.

Buah kedondong tersebut juga dapat di jadikan sebagai bahan untuk manisan, buah kedondong yang rasanya asam bisa kita jadikan obat batuk cara makan buahnya dengan dilumuri kecap.

Kalimat utama: Buah kedondong sangat banyak memiliki manfaat.

Baca Juga: Contoh Gagasan

Ciri Ciri Ide Pokok

  • Adanya sebuah kalimat yang dapat mendukung, seperti sebuah penjelasan atau sebuah alasan yang dapat menguatkannya.
  • Biasanya kalimat tersebut terdapat di dalam sebuah kalimat utama.
  • Pokok dalam sebuah paragraf terdapat pada sebuah pusat pembahasan.
  • Memiliki sebuah kalimat pendukung dan sebuah penjelas yang dapat berguna sebagai bahan pengembangan dari sebuah ide pokok.

Istilah Lain Ide Pokok

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan ada beberapa macam mengenai istilah lain dari ide pokok, yang harus kita pahamin mengenai istilah tersebut yaitu antara lain:

  • Gagasan pokok
  • Gagasan utama
  • Pokok masalah/permasalahan
  • Pokok pikiran
  • Pikiran utama
  • Inti paragraf
  • Inti masalah
  • Topik
  • Tema
  • Simpulan

Contoh Soal Ide Pokok Paragraf Serta Kunci Jawabannya

gambar2

1. Hasil laut antara lain kepiting, karang, dan teripang, merupakan salah satu barang ekspor, dengan begitu nelayan kita harus dapat membudidayakan hasil laut.

Sehingga tidak akan ada hasil laut yang datang dari luar negeri untuk masuk ke Indonesia, dengan begitu generasi muda harus dapat memikirkan bagaimana perkembangan laut.

Ide utama dalam sebuah paragraf yaitu:

A. Produk Maritim adalah barang ekspor.
B. Laut dan isinya harus disimpan dalam pembangunan.
C. Laut adalah sahabat sejati manusia.
D. Budaya laut harus diajarkan sejak dini.

Jawabannya adalah: A

2. Persahabatan antara hendra dan ani sangat dekat serta hobi merekapun begitu cocok, mereka merupakan teman masa kecil, hubungan keduanya amat dekat dan tidak terpisahkan.

Gagasan utama mengenai bacaan di atas yaitu:

A. Jenis pertemanan
B. Bentuk persahabatan
C. Persahabatan dekat dua anak
D. Annisa dan Fatima tidak dapat dipisahkan

Jawabannya adalah: C

3. Pupuk organik merupakan sebuah pupuk yang bersumber dari sisa makhluk hidup, bisa juga berasal dari sebuah kotoran hewan ada juga pupuk organik sumbernya dari sisa-sisa tanaman.

Gagasan utama mengenai bacaan di atas yaitu:
A. Limbah manusia dapat digunakan sebagai pupuk
B. Definisi Pupuk Organik
C. Sisa-sisa makhluk hidup
D. Pupuk dari kotoran hewan

Jawabannya adalah: B

4. Sebuah sampah plastik amatlah berbahaya jika kita buang dengan sembarangan, sebab sampah tersebut tidak dapat membusuk berarti sampah tersebut tidak dapat daur ulang secara alami.

Dan ketika air sungai membawanya itu akan sangat mengganggu ekosistem, sehingga akan banyak hewan mati karena pengaruh dari limbah plastik tersebut.

Gagasan utama mengenai bacaan di atas yaitu:

A. Banyak jalan yang dilewati kendaraan
B. Penyebab kerusakan jalan
C. Akibat dari rusaknya jalan
D. Aspal jalan mulai rusak karena tak dirawat

Jawabannya adalah: A

5. Penyakit influenza merupakan sebuah penyakit yang dengan mudah dapat menular, penyebar baik melalui sebuah kontak langsung dari orang ke orang.

Bisa juga karna sebuah iklim penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban, seperti di negara – negara Eropa, wabah flu terjadi biasanya di musim dingin.

Sedangkan jika di negara yang beriklim tropis, influenza akan menyebar pada musim hujan.

Gagasan utama mengenai bacaan di atas yaitu:

A. Penyebaran penyakit influenza
B. Penyebab influenza
C. Sejenis penyakit yang mudah ditularkan
D. Mudah ditransfer

Jawabannya adalah: A

6. Memainkan sebuah alat musik sasando bukanlah suatu hal yang mudah sangat di perlukan sebuah harmonisasi perasaan serta sebuah teknik agar dapat menciptakan sebuah melodi.

Gagasan utama mengenai bacaan di atas yaitu:

A. Karakteristik alat musik sasando
B.  Bermain sasando tidak sulit
C. Bermain Sasando itu sulit
D. Teknik bermain sasando

Jawabannya adalah: C

7. Sebuah festival rakyat jika di adakan di daerah saya maka festival itu akan sangat ramai, acara berlangsung di sebuah alun-alun yang letaknya dekat dengan istana.

Di acara itu banyak sekali pedagang yang menjual segala macam jenis barang, misalnya sepatu, pakaian, dan sebuah tas, mereka juga tidak hanya menjual sebuah barang namun merekajuga menjual makanan tradisional.

Gagasan utama mengenai bacaan di atas yaitu:

A. Acara di alun-alun dekat istana
B. Festival rakyat di dekat saya
C. Perayaan festival rakyat karnaval
D. Karnaval

Jawabannya adalah: A

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang cara menentukan ide pokok, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya >>>>>