Contoh Metode Penelitian

Posted on
Contoh Metode Penelitian

Contoh Metode Penelitian – merupakan salah satu dari sarana yang dengannya dapat memperoleh dan mengumpulkan berbagai data dan dapat di simpulkan dalam hal yang tertentu.

Mak metode penelitian juga sebagai karangan metode ilmiah yang membentuk data sebagai salah satu kegiatan penelitian yang didasarkan pada syarat dan kondisinya.

Sehinga akan terbentuk kedalam empiris, rasional dan sistematis, dengan suatu kegiatan yang akan dilakukan melalui pengamatan indera manusia.

Dengan kata lain rasional dan aktivitas manusia yang akan dilakukan dengan cara yang masuk akal dan sejalan alur ceritanya dengan salah satu nalar dari manusia.

Dari itulah terdapat sebuah proses penelitian yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah khusus yang bersifat logis.

Yuk simak ulasan kami di bawah ini..?

Tujuan Metode Penelitian

Sesuai apa yang kami ketahui dan yang sudah kami sampaikan di atas penelitian pasti memiliki tujuan tanpa tujuan tidak memiliki hasil maupun kesimpulan.

Dengan demikianlah tujuan penelitian adalah merumuskan hasil penelitian yang dapat dirumuskan sejak awal dengan melalui analisis dari masalah-masalah penelitian.

Tujuan umum dari penelitian adalah:

  • Untuk memperoleh pengetahuan dan penemuan baru
  • Mampu membuktikan dan menguji kebenaran bidang ilmu yang ada
  • Untuk mengembangkan pengetahuan yang ada
  • Ketiga poin di atas sebenarnya telah diulas pada paragraf

Bedasarkan tujuan diatas maka terdapat juga 2 bagian lain adalah:

Tujuan teoritis

Tujuan teoritis dari penelitian ini adalah upaya untuk menemukan sesuatu. Namun ilmu yang diperoleh dari suatu studi tidak akan dapat digunakan secara langsung dan praktis juga mempunyai nama adalah:

Tujuan praktis

Tujuan dari penelitian praktis adalah mencari dan menemukan ilmu yang dapat digunakan secara langsung dalam kehidupan.

Riset seperti inilah yang sering disebut riset terapan juga beberapa hal yang perlu ketahui tentang tujuan praktis dari penelitian, yaitu:

  • Tujuannya exploratory yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan karena bertujuan untuk dapat menemukan ilmu baru dan juga belum ada penelitian sebelumnya.
  • Maksud dari verifikasi, intinya kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan kebenaran ilmu yang ada.
  • Tujuan pengembangan, yaitu kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mengembangkan dan memperdalam berdasarkan penelitian dan pengetahuan yang dilakukan sebelumnya.

Pungsi Metode Penelitian

Dalam sebuah penelitian tentunya ada fungsi dan tujuan tertentu. Tujuan dari sebuah penelitian sebenarnya adalah penemuan dalam pengembangan dan juga pembuktiannya.

Sebagai penemuan inventif artinya yang akan diperoleh dalam suatu penelitian yang belum pernah ditemukan oleh peneliti sebelumnya.

Misalnya – bagaimana cara memberantas korupsi secara efektif, dan akan mencari tumbuhan yang dapat membunuh sel kanker, dan yang lainnya.

Tujuan dari penelitian ini sebagai bentuk dari bahwa data yang diperoleh dapat digunakan untuk membuktikan keraguan dalam suatu informasi atau bidang ilmu tertentu.

Misalnya – penelitian dalam menulis ulang dapat meningkatkan kinerja karyawan.

Tujuan penelitian yang bersifat developmental artinya memperluas sekaligus memperdalam ilmu dengan penelitian yang sudah ada.

Contohnya adalah mengembangkan pemberdayaan UKM yang lebih kreatif.

Jenis Metode Penelitian Berbasis Dasar

Berdasarkan fungsinya metode penelitian juga terdapat beberapa jenis dari jenis tersebut adalah:

Metode sejarah

Metode sejarah sebagai rekonstruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif dengan menggambarkan sebuah peristiwa masa lalu yang dulunya akan menjadi proses pembelajaran dalam masyarakat saat ini.

Metode Deskriptif

Metode Deskriptif sebagai alat yang mendeskripsikan objek atau subjek sebagaimana adanya dalam salah satu tujuan dengan mendeskripsikan secara memadai dalam fakta dan karakteristik.

Penelitian deskriptif akan membutuhkan tindakan yang cermat dalam setiap komponen pada penelitian agar dapat mendeskripsikan subjek atau objek yang lebih mendekati kebenaran.

Pencarian Dasar

Pencarian Dasar adalah sbuah masalah yang mencakup topik penelitian dengan ilmu eksakta sebagai perilaku atau sosial, dengan kata lain sebagai jenis penelitian ini bertujuan untuk menguji teori dengan argumen dasar dan ilmu.

Riset Terapan

Riset terapan sebagau bentuk dari topiknya yang mencakup bidang terapan, seperti kedokteran, teknologi dan pendidikan, dengan penelitian ini bertujuan sebagai alat dalam menguji kegunaan teori dengan bidang yang tertentu.

Riset Evaluatif

Penelitian evaluatif adalah jenis penelitian yang mengkaji pelaksanaan berbagai kegiatan, produk atau program di suatu lembaga.

Kajian ini bertujuan untuk mengukur manfaat, kontribusi dan kelayakan produk atau program yang sedang dijalankan.

Metode Kasus

Metode ini bertujuan untuk mempelajari komprehensif dan intensif tentang keadaan saat ini dan interaksi lingkungan dari suatu objek tertentu.

Metode Korelasi

Metode yang bertujuan menguji tingkat hubungan antara variasi satu faktor dengan variasi faktor lainnya didasarkan pada korelasi.

Metode Eksperimen

Metode yang bertujuan menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat melalui latihan pengendalian atau pengendalian.

Metode kausal komparatif

Metode untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dilakukan dengan melihat data faktor penyebab yang diduga sebagai pembanding.

Metode tindakan

Metode yang bertujuan mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru langsung diterapkan untuk hasilnya.

Contoh Metode Penelitian Dalam Teks Indonesia

Dari apa yang kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan Contoh Metode Penelitian Dalam Teks Indonesia diantaranya adalah:

Contoh Metode Penelitian Dalam Teks Indonesia
Judul: DAMPAK BENCANA BANJIR TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN BATU BENAWA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH KALIMANTAN SELATAN

Oleh: Reni Yunida, Rosalina Kumalawati, Deasy Arisanty Education in geography, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin, Indonesia.

Publikasi: JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Metode penelitian:

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang didasarkan pada filosofi positivisme.

Dan akan digunakan untuk meneliti suatu populasi atau sampel, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara acak, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian.

Maka analisis data bersifat kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan.

Populasi dalam penelitian ini adalah 1673 jiwa di wilayah banjir di Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan total 4 desa terdampak banjir.

Sampel Cara pengambilan dalam penelitian ini berupa proporsional sampling, dengan teknik Snowball sampling diperoleh langsung dari informan melalui wawancara.

Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling sampling dipilih untuk memudahkan peneliti dalam menentukan sampel bola salju bergulir yang semakin besar.

Dalam menentukan sampel dipilih satu atau dua orang karena kedua orang ini merasa kurang lengkap dengan data yang diberikan

Maka peneliti mencari orang lain yang menurut mereka lebih tahu dan bisa melengkapi data yang diberikan oleh dua orang sebelumnya dan seterusnya, sehingga jumlah sampel bertambah.

Sampel penelitian ini 364 KK dari seluruh populasi 1.673 KK di wilayah bencana banjir di Kecamatan Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Mengacu pada dan Micheal dalam karena pada tabel Ishak dan Micheal tidak terdapat 1673 KRT maka dihitung jumlah yang paling dekat dengan 1700 KRT..

Sehingga didapat 364 KRT dengan kesalahan sebesar 5% atau dengan tingkat kepercayaan 95% seluruh kepala keluarga di 4 desa di Kabupaten Batu Benawa.

Nah sobat demikian yang dapat rumussoal.com sampaikan pada pembahsan ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya>>>>>