Contoh Mind Mapping

Posted on
Contoh Mind Mapping

Contoh Mind Mapping – Adalah sebuah metode dalam pembelajaran yang sudah dirancang dengan memetakan informasi dengan bentuk grafik.

Sehingga pemetaan pikiran yang paling banyak digunakan pembuatan cabang, gambar atau kata kunci yang terkait dengan konsep atau ide utama.

Pemetaan harus terkait satu sama lain, tidak acak atau tidak sesuai dengan gagasan utama.

Bahkan, juga bisa menggunakan aplikasi untuk membuat peta pikiran Namun, sebelum menggunakannya, juga perlu memahami cara melakukan mind mapping secara manual.

Dengan begitu, dapat lebih mudah memahami dan mengingat pemikiran, ide, atau kata kunci utama dalam informasi yang petakan.

Pemetaan pikiran merupakan suatu metode untuk mengelola informasi secara utuh, melalui pemetaan peta pikiran berupa cabang-cabang yang dituangkan langsung ke dalam media tertulis, baik di atas kertas maupun digital.

Secara umum, pemetaan pikiran cabang dari pikiran sering dianggap untuk mempermudah proses memori, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci.

Cara Membuat Mind Mapping

pembahsan yang sudah kami sampaikan di atas, akan kami berikan juga beberapa cara membuat Mind Mapping adalah.

  • Siapkan kertas berwarna atau buku dan alat tulis (minimal 3 warna).
  • Di tengah kertas, dalam posisi horizontal, mulailah menulis atau menggambar tema utama dengan alat tulis berwarna agar peta pikiran lebih menarik.
  • Buatlah cabang utama melengkung dari tulisan atau gambar tema utama di tengah melengkung ini berfungsi agar otak tidak mudah bosan jika membuat cabang berbentuk lurus.
  • Gunakan kata kunci atau frase penting untuk setiap cabang, sehingga dapat dengan mudah mengingat informasi yang berkaitan dengan topik utama.
  • Buat cabang lanjutan yang memancar dari setiap cabang utama kata kunci yang buat.
  • Di cabang lanjutan, masukkan kata kunci lain yang terkait dengan kata cat di cabang utama.
  • Setelah semua kata kunci dimuat, buatlah peta pikiran dengan menambahkan gambar atau dekorasi warna-warni agar lebih menarik untuk dibaca.

Manfaat Mind Mapping

Dalam memuat mind mapping terdapat juga beberaa manfaat dengan pemetaan pikiran yang akan memiliki beberapa keuntungan diantaranta adalah:

Meningkatkan kemampuan untuk mengingat sesuatu yang penting

Saat melakukan mind mapping tentunya akan memudahkan dalam mengingat dan menemukan gambaran lengkap dari informasi yang didapat.

Bahan yang diperoleh dari buku bacaan atau sumber lain dikumpulkan dengan metode mind mapping begitu, tidak perlu khawatir jika tiba-tiba lupa informasi yang telah dicari sebelumnya.

akan dengan mudah mengingat kembali hal-hal penting, cukup dengan membuka peta pikiran yang telah dibuat kembali.

Melatih manajemen informasi dengan konsentrasi dan akurasi

Melakukan mind mapping sendiri secara tidak langsung akan melatih dalam mengelola informasi yang telah peroleh.

juga akan terbiasa mengelompokkan materi sesuai tema juga membutuhkan perhatian dan konsentrasi sehingga, jika melakukannya secara teratur, keterampilan akan semakin terasah.

Pertajam kreativitas dan imajinasi

Mind mapping juga bisa menjadi wadah untuk melatih kreativitas dalam membuat ringkasan yang menarik.

Dengan tampilan yang mudah dilihat, tentu akan mendorong untuk membacanya lebih sering untuk meningkatkan daya ingat tentang suatu subjek.

Proses ini juga melibatkan kekuatan imajinasi saat menghadirkan visualisasi untuk memudahkan pencernaan materi.

Menghemat waktu mempelajari dan memahami informasi

Membiasakan membuat peta pikiran juga berdampak pada waktu yang dibutuhkan untuk memahami suatu akan segera mempelajari pelajaran di sekolah atau perguruan tinggi.

Kegiatan membaca tidak akan sia-sia karena bantuan peta pikiran. Ini merupakan keuntungan karena dapat mempelajari mata pelajaran lain dalam waktu yang relatif singkat.

Bisa diterapkan pada banyak hal

Penerapan mind mapping tidak hanya dalam dunia pendidikan juga dapat menerapkan metode ini pada pekerjaan atau rencana bisnis.

Peta pikiran akan membantu merumuskan strategi agar efektifitas pekerjaan dapat tetap terjaga prosesnya, hal ini akan mempengaruhi hasil akhir dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Contoh Mind Mapping

Contoh Mind Mapping1

Pemetaan pikiran tidak serta merta hanya berisi teori atau materi. Lebih dari itu, mind mapping itu sendiri dapat memuat ide, desain proyek, ringkasan laporan hasil pekerjaan.

Tidak heran jika pemetaan pikiran digunakan dengan berbagai cara.

Nah, di bawah ini beberapa contoh mind mapping yang bisa digunakan:

Visi Pemetaan Pikiran dan Misi Hidup

Sangat penting untuk membuat mental mapping ini yang memuat visi dan misi kehidupan, sehingga setiap pencapaian yang lebih tinggi dapat diketahui sejauh mana pencapaian tersebut.

Dengan cara ini, akan lebih tahu seberapa banyak berjuang untuk pencapaian yang telah capai karena itu pembuatan mental mapping ini harus dilakukan dengan baik dan benar.

Dalam penjabarannya, pemetaan mental, visi dan misi kehidupan memiliki dua poin penting yang berbeda dan terpisah yang harus diperhatikan.

Poin pertama adalah visi hidup dan poin kedua misi hidup Kedua poin itu harus dipisahkan, agar mudah dibedakan apa visi dan misi hidup kita sendiri iya, pastikan memberikan subpoin yang berisi visi dan misi dalam hidup yang harus dicapai.

Pohon pemetaan pikiran

Pemetaan pikiran yang paling umum pemetaan pohon membuat pohon mind mapping tentunya bukan hal yang mudah.

Maka akan membutuhkan banyak kreativitas untuk membuat pemetaan pikiran pohon itu menarik.

Pohon pemetaan pikiran sendiri merupakan jenis pemetaan pikiran yang sangat sederhana dibandingkan dengan pemetaan pikiran lainnya.

Selain sederhana, pembuatannya juga sangat mudah, karena hanya menggambar pohon yang notabene mudah dibuat dan bisa digunakan pada semua jenis bahan.

Saat membuat pohon mind mapping, gambar pohon itu sendiri bisa dijadikan bahan diskusi foto ranting, akar atau daun bisa dijadikan poin penting subjek.

Pemetaan pikiran sederhana

Jika memang tidak menyukai hal-hal yang rumit, mind mapping sederhana bisa jadi pilihan pikiran sederhana ini dapat dilakukan dalam berbagai jenis dan tipe.

Katakan saja tipe yang tidak banyak menginspirasi memasaknya hanya untuk beberapa poin dan bentuknya tidak rumit untuk kategori sederhana pembersihan mental.

Pemetaan pikiran sederhana tentu tidak sesulit melakukan pemetaan pikiran jenis lain hanya perlu membuat beberapa kolom dan menghubungkannya satu sama lain.

Dan juga bisa menambahkan mind mapping sederhana yang telah dilakukan dengan kombinasi beberapa warna agar terlihat lebih menarik.

Mind Mapping Yourself

Ada banyak contoh mind mapping yang bisa temukan masih bingung, pemetaan pikiran ini sendiri peta pikiran yang dirancang untuk memudahkan pembelajaran.

Atau bisa juga diartikan sebagai mind mapping yang dilakukan untuk memetakan diri sendiri.

Nah, kalau berbicara tentang mind mapping tentang diri bermacam-macam jenisnya antara lain bisa seperti mind mapping tentang passion atau mind mapping tentang bagaimana terhubung dengan lingkungan sekitar.

Ini juga bisa menjadi contoh struktur pemetaan pikiran keluarga yang mungkin telah menyebar dan sulit dihafal.

Dalam melakukannya, dapat menggunakan salah satu cara yang menurut menarik.

Cukuplah dikatakan dalam bentuk peta konsep bergaris atau beberapa peta konsep sederhana lainnya.

Namun, jika ingin membuatnya lebih menarik, pastikan untuk menambahkan warna cerah dan menambahkan bentuk unik lainnya.

Bisnis Pemetaan Pikiran

Bisnis adalah sesuatu yang sedang menjadi perbincangan hangat saat ini ingin membuat konsep bisnis atau laporan sebuah proyek, bisa mengandalkan mind mapping sebagai ringkasan.

Saat melakukan mind mapping, akan lebih mudah bagi untuk memahami dan menjelaskan konsep atau laporan bisnis.

Bisa dikatakan mind mapping merupakan salah satu solusi terbaik bagi mereka yang ingin mempelajari proyek atau laporan dengan mudah dan cepat.

Dengan melakukan itu, dapat berkreasi sesuai imajinasi dapat membuat peta pikiran yang serius, sederhana atau kreatif.

Pada umumnya mind mapping bisnis biasanya dibentuk dengan animasi atau tema natural tertentu.

Namun, tetap dapat membuat peta pikiran bisnis dengan beberapa baris dan hanya beberapa kolom.

Nah demikian yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Contoh Mind Mapping, kiranya dengan pembahsan ini dapat berguna dan bermanfaat,

Baca Artikel Lainnya>>>>>