Contoh Teks Ulasan

Posted on
contoh teks ulasan

Contoh Teks Ulasan – Adalah salah satu bentuk dari resensi dengan menganalisis isi, kelebihan dan kekurangan buku, film atau teks lain yang diterbitkan oleh penulis.

Struktur itu terdiri dari judul dengan pendahuluan dan isi dari evaluasi, dengan kekuatan dan kelemahan.

Dan akan dikemas dalam bahasa yang singkat dan mudah dipahami dengan topik dan roman (hujan), buku teks, film, drama pertemanan.

Teks Ulasan ini juga memiliki fungsi menimbang, mengevaluasi dan mengkritisi karya atau acara yang sedang direview Teks Ulasan dalam reviewer harus bersikap kritis agar hasil reviewnya dapat berkontribusi untuk kemajuan karya tersebut.

Struktur teks review sendiri dari pedoman, interpretasi, evaluasi dan ringkasan hal tersebut berisi gambaran umum tentang pekerjaan yang akan ditinjau.

Dan akan ter Interpretasi menggambarkan keunikan, keunggulan dan kualitas pekerjaan dengan bagian evaluasi, penulis menyebutkan kelebihan atau kekurangan pekerjaan tersebut.

Sedangkan dalam ringkasan ini berisi kesimpulan dari tinjauan dalam kerj yang akan di lakuakan.

Struktur Contoh Teks Ulasan

Untuk lebuh mudah mengetahui dan memahami tentang Struktur Contoh Teks Ulasan perhatikan tema berikit ini:

Evaluasi

Bagian evaluasi berisi pendapat pengulas tentang pekerjaan yang telah ditinjau.

Evaluasi ini dilakukan setelah interpretasi pekerjaan yang memadai bagian ini, penulis akan menyebutkan sesuatu yang bernilai atau kuat dalam pekerjaannya.

Ringkasan

Ringkasan ini berisi kesimpulan kritik tentang suatu karya, baik drama maupun film ringkasan berisi komentar penulis, apakah karya tersebut berkualitas tinggi atau tidak.

Orientasi

Bagian ini berisi pengantar gambaran tentang drama atau film yang ingin ulas.

Interpretasi

Bagian interpretasi berisi deskripsi sebuah karya, baik itu drama atau film yang diulas.

Misalnya – bagian dari eksklusivitas, kualitas, keunggulan, karya dan lain-lain.

Ciri Dalam Teks Ulasan

  • Struktur Teks Ulasan terdiri dari pedoman, interpretasi, evaluasi dan ringkasan.
  • Pendapat tersebut didasarkan pada fakta-fakta yang ditafsirkan.
  • Ia memiliki nama lain yaitu Teks Ulasan
  • Ini berisi informasi berdasarkan pendapat penulis tentang sebuah karya.

Contoh Teks Ulasan Bahasa Indonesia

Contoh Teks Ulasan Berbentuk Novel
Judul: Devil’s Reef
Penulis: Enid Blyton
Jenis buku: fiksi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Kesan XIV: Desember 2021
Tebal: 192 halaman

Bimbingan

Karang Setan adalah novel ke-19 dalam serial petualangan Five Friends, karya Enid Blyton, seorang penulis berkebangsaan Inggris.

Novel ini bercerita tentang petualangan lima sahabat yang menghabiskan liburannya di Mercusuar Si Utik yang terletak di Recife do Diabo.

Ada dongeng yang mengatakan jika ada harta karun di sana.
Lima sahabat akhirnya memutuskan untuk menyelidiki kawasan gua tersebut.

Kelima sahabat tersebut terdiri dari Dick, Julian, Anne, George dan seekor anjing bernama Timmy.

Petualangan mereka semakin seru ditemani Si Utik dan kera bernama Si Iseng.

Penafsiran

Di bab pertama, Enid Blyton memberi tahu bahwa teman Tuan Quentin, ayah mengunjungi rumah pedesaan Kirrin untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Mereka sangat senang bekerja dalam keheningan, dan pada saat yang sama Lima Teman datang untuk berlibur.

Maka dari itu, Pondok Kirrin juga sangat sibuk dengan anak-anak, selain teman-teman Pak Quentin yang juga membawa anaknya yang bernama Utik dan kera bernama Iseng.

Agar ayah George dan temannya dapat bekerja dengan damai, Friends memutuskan untuk pergi bersama Utik dan Fun untuk pergi berlibur ke mercusuar Utik, yang merupakan hadiah ulang tahun dari ayah mereka.

Namun, mercusuar tersebut sebelumnya digunakan oleh pencuri berbakat untuk menyembunyikan kapal.

Kedua putra pencuri itu masih mencari tempat untuk menyembunyikan barang jarahan ayahnya.

Karena direpotkan dengan kedatangan Lima Sahabat dan Si Utik, mereka mengunci kelima anaknya bersama Timmy dan juga Si Idi di mercusuar.

Kemudian, pembaca juga akan dibuat takjub dengan berbagai petualangan dan tantangan yang akan dihadapi Sahabat dan Utik di Karang Setan.

Dalam tiap bab akan saling berhubungan sehingga menjadi satu kesatuan yang lengkap dan saling melengkapi.

Penilaian

Novel ini disajikan dengan bahasa yang sangat elegan dan menarik sehingga pembacanya merasa ikut serta dalam petualangan tersebut
terhadap si monyet, dan si anjing, membuat cerita novel ini semakin seru.

Dia memiliki kesalahan dalam bukunya yang merupakan penyelesaiannya yang paling tidak mengesankan.

Namun kekurangannya bisa lalu dan pembaca akan terbawa suasana oleh cara pengarang menyajikan ceritanya.

Meski disebut sebagai novel dalam serial petualangan Five Friends, namun novel ini sama sekali tidak ada kaitannya satu sama lain.

Setiap rangkaian petualangan eman memiliki cerita dan tempat yang berbeda.

Novel-tersebut hanya memiliki kemiripan tokoh, Lima Teman.

Ringkasan

Kesampingkan, novel ini buku yang sangat menarik yang bisa dibaca ketika memiliki waktu luang.

Novel ini bercerita tentang petualangan yang dipenuhi banyak rintangan.

Juga berisi pelajaran tentang kerja semangat dan pantang menyerah menghadapi rintangan.
Contoh Teks Ulasan Berbentuk Buku
Judul review / revisi

Review buku “Membaca sebagai Keterampilan Bahasa” oleh Henry Guntur Tarigan

Revisi / ID Revisi

Judul: Membaca sebagai keterampilan berbahasa
Penulis: DR. Henry Guntur Tarigan
Tahun publikasi 2021
Penerbit: Bandung
Jumlah halaman: 151

Pendahuluan (Panduan)

Membaca adalah keterampilan bahasa yang penting untuk dikuasai di era revolusi industri literasi merupakan salah satu kunci sukses tidaknya seseorang alat untuk berbagai literasi diperlukan menghadapi gangguan ini.

DR. Henry Guntur Tarigan yang berasal dari Linggajulu, Tanah Karo, Sumatera Utara guru besar tetap di IKIP Bandung dan guru besar yang sangat baik dalam kursus “Kemahiran dalam Bahasa Indonesia” di Fakultas Seni, Universitas Leiden, Belanda.

Salah satu karyanya yang sampai saat ini masih dijadikan rujukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia “Membaca sebagai Keterampilan “, yang akan diulas dalam ulasan kali ini.

Konten kritik / kritik (interpretasi)

Dalam bab pertama buku ini, belajar bahasa meliputi membaca, berbicara, dan menulis sini juga dijelaskan pentingnya dan keterkaitan antara berbagai keterampilan bahasa bagi siswa atau masyarakat umum.

Bab khusus

Membaca dengan lantang merupakan kegiatan menangkap informasi bersama-sama dengan orang lain untuk memahami pemikiran yang terkandung dalam teks bacaan pada bab ini, penjelasan di dalamnya ditulis dengan singkat dan mudah dipahami.

Kemudian tiga berfokus pada membaca diam, cara individu untuk benarmemahami apa akan disampaikan dalam teks.

Selain itu, pada bab selanjutnya dilanjutkan dengan review isi dan diakhiri dengan pembelajaran bahasa dalam membaca.

Pembaca akan dimanjakan dengan cara buku ini mengungkapkan materi keterampilan membaca secara ringkas, namun ringkas dan jelas tersebut sepenuhnya membahas tentang kemampuan membaca dengan cermat.

Keuntungan buku (evaluasi)

. DR. Henry Guntur Tarigan bercirikan membuat buku-buku tentang bahasa menurut ilmu bidan yang dipelajarinya berjudul “Membaca sebagai Linguistik” karya Dr. Hendry Guntur Tarigan, memiliki bentuk yang sederhana dan warna sampul yang menarik.

Dr.Henry Guntur Tarigan memiliki ciri khas yaitu membuat buku pembelajaran bahasa sesuai dengan kebutuhan untuk mempelajari ilmu ini ini menggunakan bahasa yang jelas dan tegas serta tidak ragu untuk mengulang beberapa penjelasan agar pembaca benar memahaminya.

Kekurangan buku (evaluasi)

Sayangnya, beberapa pilihan kata atau diksi masih terlalu berat untuk dipahami harus sering membuka glosarium untuk memahami istilah linguistik yang menggunakan bahasa akademis atau istilah ilmiah.

Bahkan jika menggunakan istilah dan kata sederhana semua orang dapat memahami dengan lebih mudah tanpa melihat glosarium.

Namun hal tersebut dapat menjadi kelemahan atau bahkan menjadi keuntungan bagi kelompok khususnya bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi.

Kesimpulan (Ringkasan)

Buku ini membahas tentang keterampilan membaca secara komprehensif dan mendalam tetap gunakan bahasa yang lugas dan sederhana agar mudah dipahami oleh pembaca.

Namun, beberapa pilihan kata agak sulit, terutama bagi pembaca yang baru mengenal linguistik tetapi hal ini tidak bisa disebut sebagai disabilitas, pada akhirnya buku ini merupakan buku ilmiah yang membahas linguistik secara detail.

Ok sobat kiranya demikian lah yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Contoh Teks Ulasan, besar harapan kami dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya>>>>>