Doa Mimpi Buruk

Posted on
Doa-Mimpi-Buruk

Artikel makalah tentang Doa Mimpi Buruk dan Artinya – meliputi, pengertian, lafal, makna, adap, arti dan hal yang diajarkan Rasulullah Sebelum Tidur sesuai ajaran agama islam.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum, Saat tidur kita akan mengalami yang dinamakan bermimpi baik itu mimpi indah dan mimpi buruk, maka hendaknya sebelum tidur harus bersyukur dan jangan lupa membaca beberapa ayat Al-qur’an atau doa yang di ajarkan dalam agama supaya terhindar dari semua gangguan setan.

Apakah Mimpi Itu?

Mimpi adalah bunga saat tidur dan semua orang akan mengalami mimpi indah dan buruk dalam mimpi nya, sehingga tidak sedikit orang yang mengalami mimpi buruk pada saat bangun dari tidur.

Mimpi buruk akan membuat hati gelisah dan cemas karena takut mimpinya akan menjadi kenyataan dalam sebuah kisah oleh Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah berkata:

“Ada tiga jenis mimpi, mimpi baik sebagai kabar dari Allah, mimpi seorang muslim yang ia alami dan mimpi sedih yang akan datang dari setan maka orang yang mengalami mimpi jangan ,menceritakan kepada orang lain, lalu berdoa.”

  1. Mimpi diri sendiri sebagai ungkapan
  2. Mimpi yang baik yang datang dari Allah
  3. Mimpi yang buruk yang datang dari setan

Lafal Doa Mimpi Buruk

Dari beberapa ulasan singat di atas maka kami akan memberikan lafal dari doa ketika mimpi buruk yaitu:

Doa-mimpi-buruk-1

Arti dari doa mimpi buruk ini sebagai ungapan bahwa kita akan berlindung kepada Tuhan karena kalimatnya yang sangat sempurna.

Kalimat yang telah diungkapkan terhadap orang-orang yang tidak menaati perintah dari Alloh dan berlindung dari kejahatan hamba-hambanya dan berlindung jga dari godaan Setan.

Hal Mengikuti Kebiasaan Rasulullah Sebelum Tidur

1. Melakukan aktifitas berwudhu

2. Membasuh kedua telapak tangan dan kemudian membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas.

3. Kemudian menggosok gigi dan membasuh kaki tangan dan wajah.

4. Kemudian membaca Ayat Kursi

5. Berdzikir Subhanallah 33x

6. Berdzikir Alhamdulillah 33x

7. Berdzikir Allahuakbar 34x

5. Membaca ayat dari surat Al-Baqarah

6. Meletakkan tangan di bawah pipi dan membaca doa

Adab Menghadapi Mimpi Buruk

Beberapa Ustaz telah menjelaskan bahwa terdapat beberapa adab dalam mengatasi mimpi buruk seperti apa yang telah di kutip dari hadits berikut ini:

“Mimpi baik berasal dari Allah dan mimpi buruk berasal dari iblis, maka apabila kalian mimpi yang tidak kamu sukai, maka kamu harus meniup telinga dan membaca ta’awwudz.”

Sementara itu ada juga orang yang menjelaskan cara untuk menghindari mimpi buruk yaitu.

“Pertama-tama pastikan dalam keadaan berwudhu sebelum tidur dan kemudian membaca doa sebelum tidur.”

Demikian ulasan tentang doa mimpi buruk, sesuai dengan ajaran dalam agama islam, semoga apa yang sudah kami bahas dapat berguna dan bermanfaat unutk kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: