Doa Wukuf

Posted on

Artikel makalah tentang Doa Wkuf – meliputi dari, pengertian, lafal wukuf, hukum bacaan, makna, arti, cara dan waktu mengucapkannya sesuai ajaran islam.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum, Apa itu Doa wukup hal ini merupakan salah satu tempat yang suci sehingga sangat diyakini umat muslim sebagai tempat untuk memanjatkan doa dan beribadah kepaada Alloh.

Wukuf di Arafah atau Dhu al-Hijjah sebuah Peziarah sebelum mereka tinggal (Mauqif) sehingga terdapat tuntutan dasar untuk berdoa dan melakukan sejumlah aktifitas yang lainnya.

Pengertian Wukuf

Wukuf adalah awal dari kegiatan dengan berziarah untuk memohon kepada Allah atau sebuah pernyataan yang menunjukkan betapa pentingnya aktifitas sebelum Wukuf bagi peziarah.

Dengan demikian hal ini juga dianjurkan sebelum meninggalkan tempat yang suci ini sehingga dalam melakukan ibadah haji dan umroh akan mendapatkan rahmat dari Alloh dengan menghad ka’bah.

Baca Juga:  Do’a Tawaf Wada

Lafal Doa Wukuf

Lafal-Doa-Wukuf

Artinya:

” Ya Allah, pada-Mu pujian seperti yang akan kami ucapkan, lebih baik dari apa yang kami perbuat. Ya Allah, pada-Mu sholatku- ibadah hajiku, pada-Mulah kehidupanku serta kematianku dan pada-Mu kami kembali, pada-Mu kami tunjukkan ibadahku yang baik.

Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung pada-Mu dari siksa api neraka, dari hati yang ragu dan dari tercerai berainya urusan. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari keburukan yang akan datang kepada ki.”

Tuntunan Saat Wukuf di Arafah

Dari ulasan di atas, pada saat menjalankan ibadah haji terdapat juga tuntunan pada saat wukuf dengan membaca doa adalah sebagai berikut:

Tahmid

  • Alhamdulillhi Rabbil Lamn
  • Segala puji bagi Allah, Allah seluruh dunia

Talbiyah (tiga kali)

Labbaykallhumma labbayk, labbayka l syarka laka labbayk, Innal hamda wan nimata laka wal mulka l syarka lak.

Aku datang untuk memenuhi panggilanmu, ya Tuhan, aku datang untuk memenuhi panggilanmu, aku datang untuk memenuhi panggilanmu. Tidak ada sekutu untukmu. aku datang untuk menjawab panggilanmu. Sungguh, semua pujian, kesenangan dan semua kekuatan adalah milikmu dan tidak ada sekutu bagi mu.

Baca Juga:  Do’a Multazam

Takbir dan Tahmid (3 kali)

  • Allhu akbar wa lillhil hamd
  • Tuhan itu agung Segala puji bagi Allah

A. Berdoalah Tidak Meninggalkan Ibadah

Allhummanquln min dzullil mashiyati il ​​izzit thah, wakfin bi hallika harmonis, wa aghnin bi fadhlika seorang pria siwk, Wa nawwir qalb wa qabr, Shyarri Kullih, Wajma liyal khayr Inn asalukal hud wat tuq, wal Affa.

Ya Allah, lepaskan aku dari kedalaman ketidaktaatan ke kemuliaan kepatuhan. Isi saya dengan legalitas dari barang haram, Isi saya dengan belas kasihan dari zat selain, Menerangi hati dan kubur saya, Lindungi saya dari segala bentuk kejahatan, Kumpulkan semua kebaikan dalam diriku, Saya meminta untuk bimbingan, kesalehan, kesesuaian, dan kekayaan.

B. Doa sapu Jagat

Allhumma rabbana a’tina fid duniya hasana, wa fil khirati hasana, wa qin adzban.

Ya Allah, Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, lindungi kami dari kesensaraan dineraka.

C. Doa dan pengampunan

Allhumma Inni Zholamtu Nafs Zhulman Katsron Kabron, Wa Innah L Yaghfirud Dzunbaini Anta, Faghfir Maghfirotan Min Indi’ik, Warhoman Innaka Antal Ghofrur Rohm.

Ya Tuhan, aku benar menganiaya diri ku dengan banyak penganiayaan yang besar Tidak ada orang yang mengampuni dosa kecuali engkau, maafkan aku dengan pengampunan mu dan kasihanilah aku.

D. Tahlil

La ilaha illallahu wahdahu la syarika, lahul mulku wa lahul hamdu dan wa huwa ala kulli syayin qadir. Nuran qalbi Allahummajal fi, fi sami Nuran wa, wa fi Bashari Nuran. Allahummasyrah li shadri wa yassir li amri. Allahumma Lakal Hamdu.

Tidak ada tuhan selain engkau, tidak ada kekuatan atau pujian hanya untukmu engkau memiliki kekuatan atas segalanya. Ya Alloh, buatlah cahaya di hatiku ku, terangi pendengaranku dan terang di mataku. Ya Alloh, muudahkan lah semua urusanku, hanya engkau tempat aku memuji.

E. Doa perlindungan

Allohumma laka shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilayka maabi, wa laka turatsi Allohumma inni audzu bika min adzabil qabri, wa waswasatis shadri, wa syattatil amri, Allohumma inni audzu bika min syarri ma tajiu bihir rihu.

Ya Alloh, doaku, ibadatku, hidupku dan kematianku hanya untukmu. Rumahku hanya untukmu. Itu hanya milikmu, kematianku. Ya Tuhan, aku berlindung dari siksaan kubur, (masalah), aku berlindung dari semua kejahatan.

F. Doa Kemudahan

Allhummanquln min dzullil mashiyati il izzit thah, wakfin bi hallika harmonis, wa aghnin bi fadhlika,Wa nawwir qalb wa qabr. Shyarri Kullih. Wajma liyal khayr. Wat Tuq, Wal Affa, Wal Ghin.

Demikian pembahasan dari kami tentang Doa Wukuf sesuai sunah dan dalam ajaran islam, semoga artikel ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Do’a Talbiyah