Ekosistem Buatan

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang Ekosistem buatan yang ada dilingkungan – lengkap dengan pengertian, tujuan, karakteristik, macam, rantai makanan, dan contoh supaya mudah dipahami.

Ekosistem Buatan Adalah

Ekosistem-Buatan

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh tangan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, guna mendapatkan subsidi energi dari luar.

Misalnya:

Pada tanaman tumbuhan atau hewan peliharaan yang membutuhkan tangan manusia untuk membuat atau menjaganya.

Baca Juga: Reproduksi Virus DNA

Tujuan Membuat Ekosistem Buatan

Berikut ini terdapat beberapa tujuan manusia membuat ekosistem buatan, diantaranya yaitu :

1. Untuk Memenuhi kebutuhan

Yaitu untuk meningkatkan populasi kebutuhan manusia, misalnya kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

Maka dari itu cara untuk mengendalikannya dilakukan pembuatan ekosistem buatan dengan cara tidak merusak ekosistem aslinya.

Kalau cuman mengandalkan ekosistem alami maka tidak ada keseimbangan secara normal.

2. Untuk Pelestarian

Yaitu guna untuk meningkatkan kerusakan pada ekosistem yang di akibatkan oleh kejahilan tangan manusia.

Maka cara untuk membenarkannya dilakukan dengan cara membuat ekosistem buatan.

Dengan menyediakan atau membuat pada suatu wilayah menjadi tempat untuk layak melestarikan semua kepunahan yang sudak rusak guna untuk diperbaiki.

3. Untuk Hiasan Dan Sarana Belajar

Yaitu merupakan cara untuk memanfaatkan ekosistem buatan sebagai bentuk hiasan disuatu tempat.

Misalnya:

Di dalam ruangan maupun diluar ruangan, maka hal ini dapat dijadikan sebagai sumber untuk belajar dengan cara menggunakan ekosistem buatan.

Karakteristik Ekosistem Buatan

Berikut ini ada beberapa karakteristik dari ekosistem buatan yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

  • Merupakan keragaman secara spesis dan secara komposisi dari lingkungannya yang cenderung lebih sedikit.
  • Menciptakan buatan untuk tujuan tertentu.
  • Jika diliat dari segi kebutuhan manusia, ekosistem buatan ini diperlukan lebih produktif.
  • Dapat memperbaikan kebutuhan dapat meningkatkan rezeki penduduk pada area tertentu secara kreatif yang dia bisa, dan dapat memperluas area tempat tingal secara keperluan.
  • Buatan bergantungan pada hukum alam.
  • Ekosistem dapat memungkinkan terjadinya aktivitas produksi serta konsumsi.

Baca Juga : Aspek Fisik Geografi

Macam Macam Ekosistem Buatan

Berikut ini penulis akan memberikan macam – macam dari ekosistem buatan, diantaranya yaitu :

1. Ekosistem Buatan Didarat

Ekosistem buatan darat yaitu yang dilakukan dengan cara pembuatannya didarat, misalnya diantara lain yaitu :

1. Agroekonomi – merupakan tanaman kebutuhan pangan misalnya pada tanaman padi, jagung, singkong, tebu, kopi, lada, dan lain – lainnya, ini semua merupakan kebutuhan yang penggunanya bukan sedikit.

Organisme yang masuk dalamnya tidak asing lagi dan ekosistem ini sebagai tumbuhan atau fauna.

Contohnya:

Ekosistem agroekonimi yaitu sawah, kebun, dan ladang.

2. Hutan produksi – merupakan hutan dari produksi yang sengaja untuk menanam tumbuh -tumbuhan seperti kayu.

Yang sering dipakai untuk memenuhi keperluan yang dibutuhkan misalnya memerlukan kayu yang berkualitas yaitu kayu pinus, jati, dan tembesu.

Semua itu merupakan keperluan industri properti serta industri dengan permintaan kayu yang paling baik, maka diciptkannya produksi berupa hutan buatan yang perminatannya banyak tanpa merusak hutan aslinya.

2. Ekosistem Buatan Diair

Ekosistem buatan air yaitu yang dilakukan dengan cara pembuatannya diair, misalnya yaitu :

1. Aquarium – merupakan bentuk produksi yang menghadirkan seperti buatan dari laut dengan destinasi sebagai bentuk dekorasi atau tempat rekreasi.

Untuk menciptakan ekosistem jenis ini pasti harus menyesuaikan dengan komponen abiotik yang sesuai untuk komponen biotiknya.

Sehingga kita dapat merawat bintang laut dalam aquarium dengan menyesuaikan kadar garam dalam airnya yang harus mesti dicocokkan dengan air yang seperti binatang tersebut hidup di air laut yang sebenarnya.

2. Kolam – cara ekosistem kolam ini berbeda dengan ekosistem pada aquarium, kolam merupakan tempat memelihara ikan dengan menggunakan air tawar.

Misalnya:

Untuk memelihara ikan lele, ikan gurame, ikan mas, dan ikan patin, semua itu merupakan permintaan yang tinggi yang harus di konsumsi agar bisa memenuhi keperluan yang dibutuhkan manusia untuk kebutuhan makan.

Hal ini semua membutuhkan pelestarian ekosistem yang khusus, contoh buatan nuntuk kolam yaitu tambak, bendungan, dan waduk.

Baca Juga : Alat Dan Bahan Hidroponik

Rantai Makanan Ekosistem Buatan

Rantai makanan merupakan kejadian dimana mahluk hidup akan saling memakan mahluk hidup lainnya, hal ini dapat terjadi disetiap tingkat organisasi dalam kehidupan mahluk hidup.

Mulai dari satu sel seperti alga, lalu jenis – jenis plankton, sampai dengan mahluk paling besar seeperti ikan paus semuanya membutuhkan makan guna untuk dapat bertahan hidup.

Setiap rantai makanan adalah jalur energi dan nutrient yang mengalir melalui ekosistem, organisme rantai makanan dapat dikelompokan dalam beberapa tingkatan, diantaranya yaitu :

1. Produsen

Adalah makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri, makhluk ini menduduki tingkat pertama dalam rantai makanan, biasanya autotrof merupakan tanaman atau organisme sel.

Dalam seluruh autotrof yang menggunakan proses fotosintesis dalam menghasilkan makanan, dengan bantuan sinar matahari, karbondioksida dan air.

2. Konsumen

Bisa berupa karnivora atau hewan yang memakan hewan lain dan omnivore atau hewan yang memakan tumbuhan dan hewan lainnya.

Omnivore ini serupa dengan manusia, sebab mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

3. Detritivores dan decomposer

Detritivores dan decomposer adalah bagian terakhir dari rantai makanan, detritivores juga adalah organisme pemakan hewan dan tumbuhan yang sudah mati, seperti detritivor yaitu cacing tanah.

Dalam bentuk decomposer yaitu jamur dan bakteri yang melengkapi rantai makanan, mereka menguraikan sampah organik.

Dan mengembalikan nutrient ke tanah atau semulanya, hal inilah menjadi awal dari rantai makanan baru secara keseluruhan.

Baca Juga : Limbah lunak

Contoh Ekosistem Buatan

Dari apa yang sudah kami jelaskan berikut ini terdapat bebearap contoh dari ekosistem buatan, diantaranya yaitu :

1. Ekosistem Kolam Ikan

Kolam-Ikan

Ekosistem kolam ikan merupakan salah satu contoh air, yang mempunyai tujuan untuk dijadikan tempat peternakan ikan maupun tempat hiasan ikan.

Ekosistem ini menggunakan komponen abiotik dan biotik.

2. Ekosistem Kebun Binatang

Ekosistem-Kebun-Binatang

Ekosistem kebun binatang merupakan salah satu contoh ekosistem dengan tujuan untuk menjadikan tempat sarana edukasi dan tempat berkujung wisatawan.

Kebun binatang juga dijadikan tempat penangkaran hewan untuk dilindungi.

Hewan dikebun binatang tersebut dengan berbagai macam jenis misalanya hewan laut, darat, dan udarat, semuanya terdiri dari ekosistem komponen biotik dan abiotik.

3. Ekosistem Sawah

Ekosistem sawah merupakan salah satu darat, pembuatan sawah tujuannya untuk menumbuhkan serta membudidayakan padi untuk dapat dijadikan beras.

Penanaman padi menggunakan komponen biotik dan abiotik.

Baca Juga : Satuan Rumus Debit

4. Ekosistem Bendungan

Ekosistem-Bendungan

Ekosistem bendungan merupakan salah contoh air, yang digunakan sebagai lokasi tempat penampungan air dan digunakan untuk keperluan manusia.

Kemudian bisa juga dijadikan tempat spot foto atau tempat berwisata, ekosistem ini menggunkan komponen biotik.

5. Ekosistem Perkebunan

Ekosistem-Kebun

Ekosistem perkebunan merupakan salah satu contoh darat, dengan dibuatnya perkebunan untuk tujuan meningkatkan hasil kebun berupa kebun sayuran.

Dengan tanaman buah – buahan semua itu demi keperluan manusia, ekosistem tersebut menggunakan komponen biotik dan abiotik.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Ekosistem buatan, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainya >>>>>