Fungsi Berpakaian

Posted on

Halllo sobat olahraga rumussoal.com kali ini akan manyampaikan Artikel makalah tentang Fungsi Berpakaian sesuai syariat islam lengkap dengan pengertian, adab, cara, manfaat, sumber, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Berpakaian – adalah salah satu adab dalam ajaran agama islam yang dimana mengajarkan tentang adab dan kreteria dari pakaian yang akan digunakan oleh setiap manusia untuk melindungi tubuhnya dengan macam gangguan penyakit terutama dari sinar matahari dari gesekan kulit dengan benda lain dan gangguan serangga atau dari kotoran dan debu lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Berpakaian

Fungsi-Berpakaian

Berpakaian adalah sebuah kebutuhan dasar manusia untuk melindungi dan menutupi diri sendiri dalam kehidupan manusia sebagai simbol untuk status dan posisi pemakainya.

Islam mengajarkan bahwa seorang Muslim harus mengenakan pakaian yang baik dan menutup aurotnya dan hal ini juga telah diajarkan Allah dan Rasul-Nya harus menggunakan pakaian yang bersih dan suci.

Perkembangan pada kebiasaan dalam budaya yang memiliki karakteristik masing-masing sehingga berpakaian dapat meningkatkan keamanan selama aktivitas dengan menciptakan pelindung kulit dan lingkungan.

Pakaian juga sebagai penghalang higienis, melindungi tubuh dan membatasi transmisi kuman.

Baca Juga: Alif Lam Qamariyah

Adap Berpakai Yang Baik menurut Islam

Dalam Islam berpakaian sebuah pedoman sebagai menunjukan adab antar sesama manusia dan kepada Alloh yaitu.

1. Tutupi Aurot

Menutup Aurot adalah salah satu adab yang seudah di ajarkan dalam islam karena hal ini sebagai cermin dalam kehidupan sehari hari dan menutup aurot juga mulai dari lutut sapai ke leher.

2. Tidak menampakkan tubuh

Tidak menampakkan tubuh dalam hal ini adalah salah satu adab berpakaian yang baik dengan menutupi alat kelaminnya yang berfungsi sebagai menjaga keindahan tubuh.

Baca Juga: Macam Macam Tobat

3. Tidak menimbulkan riak

Tidak menimbulkan riak hal ini adalah salah satu adab dalam berpakaian karena apabila berpakaian yang berlebihan dan menimbulkan sifat riak makan akan menyebab dosa.

4. Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Pakaian khusus untuk pria tidak boleh dikenakan oleh wanita dan sebaliknya laki – laki dan perempuan tidak boleh mengenakan pakaian yang sama.

Baca Juga: Macam Macam Amanah

5 Fungsi Berpakaian

Gambar-berpakaian

Pakaian adalah sebuah simbol dari eksistensi seseorang sehingga pakaian memiliki banyak fungsi dan pengaruh bagi pemakainya.

Berikut Fungsi berpakaian meliputi:

1. Menutup Aurot

Allah berfirman:

يابنى ادم قدانزلناعليكم لباسايوارىسواتكم وريشاولباس التقوى ذلك خير

Artinya:

“Wahai manusia, sesungguhnya, kami telah mengirimkan pakaian kepada kalian pakaian yang dapat menutupi ketelanjangan dan sebagai perhiasan dan pakaian taqwa yang baik”

2. Sebagai Perhiasan

Tanpa ada pengecualian bahwa berpakaian berfungsi sebagai untuk perhiasan tubuh kita dan sebagai wujud dari perintah Alloh untuk memperhiasan yang rapi dan elegan.

Baca Juga: Pengertian Tabzir

3. Sebagai penunjuk identitas

Alloh Berfirman:

ذَلذَكَ أَدأَنْ أَنْ يُعُرْفَنَ فَلا يُؤْذيُؤْذنْ

Artinya:

“Lebih mudah bagi mereka (Muslim) untuk mengenali dan mereka tidak terganggu.”

Dalam hal ini maka berpakaian dapat menujukan jati dirinya dan dapat juga menggambarkan karakter dirinya sendiri, di hadapan Alloh dan manusia.

4. Perlindungan diri

Alloh Berfirman:

وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحْرَ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَأْكَمْ

Artinya:

“Dia (ALLAH) membuat bagimu bahwa pakaian sebagai pelindungmu, ketika (cuaca) panas.”

5. Pakaian sebagai sifat dan prilaku

Pakaian sebagai sifat dan prilaku karena berpakaian bahwa seseorang dapat mencerminkan dengan berperilaku sesuai dengan penampilan mereka dan bertanggung jawab.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan ulasan tentang fungsi berpakaian, lengkap dengan adab yang baik dalam islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Dendam