Fungsi Lapisan Ozon

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com, Kesempatan kali ini akan membahas artikel materi tentang Fungsi Lapisan Ozon pada kehidupan dan pada lapisan atmosfer – lengkap dengan, pengertian, peran, langkah, penipisan dampak, dan contohnya, supaya mudah dipahami.

Fungsi Lapisan Ozon – adalah sebuah lapisan ozon juga sebuah gas molekul yang memiliki tiga atom oksigen yang berada di stratosfer pada kehidupan bumi, sehingga lapisan ini memiliki jarak 15 hingga 35 km pada permukaan bumi.

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Apa Itu Lapisan Ozon

Lapisan Ozon adalah salah satu proses yang membentuk atmosfer dengan cairan dari molekul oksigen (O2) pada pembentukan ozon dengan oksigen (O3) yang mengandung 1 – 3.000.000.000 gas atmosfer.

Dalam hal ini juga seluruh permukaan bumi akan mengandung molekul ozon molekul per 10 juta molekul yang ada di udara, sehingga dapat melindungi bumi dengan perkembangannnya.

Lapisan Ozon memiliki jarak radiasi ultraviolet antara oksigen dan pancaran sinar matahari ultraviolet yang dibuat oleh karangan manusia dan akan digunakan sebagai pemurni air dengan elemen pembentuk plastik.

Fungsi Lapisan Ozon

lapisan-ozon

Fungsi Lapisan Ozon dengannya dapat berfungsi sebagai membentukan dengan menghiasi atmosfer bumi, dan akan membawa keuntungan tertentu bagi bumi.

Kehadiran lapisan ini juga berfungsi dapat melindungi bumi dari berbagai gangguan dengan pergerakan dari ruang angkasa dari lapisan ozon yang berada diruang angkasa.

Dan akan terhindar dari radiasi sinar ultraviolet berasal dari matahari, dan dapat menyerap sinar ultraviolet untuk mencapai permukaan bumi secara berlebihan.

Tentunya hal ini juga akan mencapai permukaan bumi yang akan dikaitkan dengan berbagai efek yang buruk yang akan mengancam tanaman dan zat-zat tertentu.

Baca Juga: Pengertian Efektivitas

Lokasi lapisan ozon

Lokasi lapisan ozon ini dapat menemukan sejumlah gas ozon atau lapisan yang berada di atmosfer bumi pada lapisan troposfer dan di stratosfer, karena dapat mendapatkan gas ozon yang di troposfer.

Lokasi ini teletak 10%, sampai 90% yang berada di stratosfer dengan lapisan troposfer sekitar 10 hingga 16 km, pada permukaan bumi dari atas troposfer.

Keberadaan di lapisan atmosfer dapat memainkan peran yang sangat penting pada melindungi bumi dari hal-hal yang tidak diinginkan dan akan merusak sinar matahari.

3 Proses Pengukuran Ozon

Dari beberapa pembahasan yang sudah kami terangkan di atas maka kami juga akan menyampaikan tingkat dan proses berdasarkan satelit orbit Bumi.

Berikut 3 Proses Pengukuran Ozon diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Probe ozon

Probe ozon adalah salah satu sel elektrokimia dan konduktor yang melekat pada gas hidrogen dan akan mencapai ketinggian sekitar 35 km yang sudah ditempatkan di sel kecil secara bersamaann.

Probe ozon dengan kandungan sel akan bereaksi dengan ozon dan dapat menghasilkan arus listrik yang terkait pada jumlah ozon dengan pancaran sinar melalui radio.

2. Satelit

Satelit adadlah salah satu bentuk Nimbus7 Satellite yang akan membawa perangkat TOMS dan merevolusi dalam pemantauan ozon selama 20 tahun.

Dalam hal ini juga terdapat upaya setiap satelit yang akan bergerak secara horizontal untuk memastikan jangkauan stasiun darat yang lebih baik, dan dapat juga menentukan aliran global.

3. Spektrofotometer Dobson

Spektrofotometer Dobson adalah sebuah proses sel yang akan dikembangkan oleh Gordon Dobson untuk mengukur jumlah ozon yang terdapat di bumi.

Dan akan digunakan di seluruh dunia untuk mengukur ozon dengan proses membandingkan jumlah cahaya antara gelombang cahaya secara langsung dan akan berkaitan dengan jumlah ozon.

Pembentukan lapisan ozon

Pembentukan lapisan ozon secara alami akan dibentuk oleh siklus Chapman dengan reaksi pemecahan molekul pada oksigen (O2) dan akan mendapatkan sinar UV.

Maka pembentukan ini akan terjadi pada dua atom oksigen, dengan molekul oksigen yang menjadi molekul O3 sehingga akan terbentuk di daerah tropis dengan hasil yang optimal.

Penghancuran lapisan ozon di stratosfer

Berbagai molekul yang akan mengandung nitrogen dan hidrogen dalam Pembentukan lapisan ozon dengan jumlah molekul yang kecil sehingga tidak akan mempengaruhi frekuensi ozon di stratosfer.

Kekayaan ozon terganggu akan terkandung dalam bahan kimia yang senyawa CFC dan akan mengandung CFC pada klorin pada kepadatan lapisan ozon.

Pembentukan lapisan ozon akan membentuk ketebalan pada lapisan ozon di stratosfer akan diukur dengan menggunakan instrumen yang disebut Dobson Spectrophotometer.

Maka akan terdapat lapisan dengan ketebalan ozon dengan unit pada jumlah molekul untuk membentuk lapisan dengan ketebalan 0,01 mm dengan mencappai suhu 0 ° C. dan tekanan 1 atm . Investigasi pertama ke dalam penipisan ozon CFC dilakukan pada tahun 1973 oleh Sherwood Rowland dan Moris Molina.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, Fungsi Lapisan Ozon, semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya: