Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan – Lengkap dengan pengertian, fungsi, struktur, kandungan dan contohnya supaya lebih mudah dipahami.

Vakuola – merupakan sebuah ruang yang terdapat di dalam sel tumbuhan yang berisi cairan berupa rongga di selaputi membran, cairan yang dimaksud adalah air yang mengandung zat seperti lipid, enzim, garam mineral, alkaloid, asam dan basa.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Apa itu Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

fungsi-vakuola-pada-sel-tumbuhan-1

Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan – adalah sebagai tempat menyimpan cadangan seperti protein, kalium, glukosa serta sebagai tempat menimbun sisa dari metabolisme dan metabolik sekunder seperti getah karet, alkaloid, kalsium oksabit dan tanin.

Vakuola pun banyak berisi zat yang terdapat pada tumbuhan pada umumnya berupa glukosa, gas, asam amino dan juga asam organik, vakuola terdapat di semua sel dalam tumbuhan akan tetapi vakuola tidak ditemukan pada sel bakteri dan sel hewan.

Vakuola sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu vakuola nonkontraktil atau vakuola makanan dan vakuola kontraktil, fungsi vakuola non kontraktil adalah untuk mencerna dan mengedarkan hasil makanan pada tumbuhan.

Sedangkan fungsi vakuola kontraktil adalah pengatur nilai ekskresi atau osmotik sel, vakuola juga mendominasi hampir sebagian penuh ruang sel daun dewasa.

Baca Juga: Teori Kontraksi

Fungsi Vakuola

vakuola

Selain pengertian yang sudah dijelaskan mengenai apa itu vakuola, sekarang kita akan mengenal lebih jauh apa sebenarnya fungsi dari vakuola itu sendiri, yuk di simak pembahasan di bawah ini.

Vakuola berfungsi sebagai:

  • Mengatur turgiditas sel atau tekanan osmotik sel.
  • Tempat menyimpan minyak atsirik atau golongan minyak berbau khas seperti minyak kayu putih.
  • Tempat menyimpan pigmen atau bunga, buah dan daun.
  • Tempat penyimpanan zat cadangan makanan pada tumbuhan seperti glukosa dan amilum.
  • Tempat menyimpan sisa metabolisme dan metabolik sekunder seperti getah karet, alkaloid, kalsium oksabit dan tanin.

Fungsi bagi tumbuhan, vakuola berperan penting dalam hidup tumbuhan karena mekanisme pertahanan hidup semua bergantung pada kemampuan vakuola menjaga zat zat yang terkandung didalamnya.

Baca Juga: Fungsi Makanan

Fungsi Utama Vakuola

Vakuola memiliki fungsi keutamaan yang berperan penting dalam kehidupan tumbuhan, fungsi utama vakuola memasukan air melalui tonoplas (membran yang mengelilingi vakuola) untuk membangun suatu sebuah turgor sel.

Turgor sel merupakan tekanan pada sel yang mendorong terhadap membran sel ke arah dinding sel yang terdapat pada tumbuhan, tekanan pada turgor sel disebabkan karena timbulnya aliran osmosis air.

Tekanan Turgor

Tekanan turgor dapat terjadi apabila sitoplasma bersifat hipertonik terhadap vakuola, karenanhya vakuola membesar, menyerap air sehingga tekanan nya sendiri meningkat hal ini disebut sebagai tekanan turgor.

Lalu cairan vakuola memaksa tonoplas untuk dinding sel juga dapat ikut tertekan, dinding sel membatasi volume sitoplasma, akibat dari fenomena ini, lingkungan luar pada sel memberikan tekanan kepada tonoplas untuk dapat memelihara turgiditas sel dalam cakupanya sendiri (turgidus artinya adalah menggelembung)

Kandungan Dalam Vakuola

  • Glukosa.
  • Mineral.
  • Sukrosa.
  • Tanin.
  • Fruktosa.
  • Alkaloid.
  • Mintak eteris.
  • Enzim.
  • Senyawa organin dan anorganik.

Baca Juga: Fungsi Nutrisi

Struktur Vakuola Tumbuhan

Ukuran vakuola pada umumnya berukuran besar dan hampir sebagian dari isi sitoplasma pada sel tumbuhan dewasa di penuhi oleh vakuola, di dalam tinoplas terdapat cairan yang umumnya disebut dengan getah sel.

Getah ini tersusun pada atas air dan zat yang terlarut dan bergantung pada masing masing tumbuhannya, sel muda lebih banyak di dominasi oleh vakuola kecil karena dengan berkembangnya sel vakuola kecil tersebut mereka akan bersatu membentuk vakuola tunggal berukuran besar.

Vakuola merupakan salah satu organel dalam sel yang berisi cairan, dalam vakuola terdapat juga membran yang disebut dengan tonoplas, tonoplas ini banyak ditemui pada sel sel yang ada pada tumbuhan.

Berbeda dengan sel pada hewan, vakuola juga memang ada pada sel hewan akan tetapi ukuran nya akan sangat lebih kecil bila dibandingkan dengan vakuola kecil yang ada pada sel tumbuhan.

Setiap sel tumbuhan berbeda beda dan memiliki bentuk vakuola yang bermacam macam, dengan vakuola yang berbentuk besar di sel tumbuhan dewasa dan vakuola kecil pada sel tumbuhan muda.

Semakin lama atau tua usia sel tumbuhan dewasa, vakuola yang terkandung didalamnya pun akan semakin besar, tidak menutup kemungkinan seperti itu jika vakuola menjadi bagian dominan pada sel tumbuhan.

Vakuola Makanan ( Nonkontraktil )

vakuola-makanan

Pada vakuola makanan berfungsi sebagai pengolah sistem pencernaan yang juga mengedarkan hasil dari pencernaan nya ke seluruh tubuh, didalam sitoplasma sel, vakuola sejajar dengan lisosom untuk pencernaan.

Nutrient yang sudah selesai dicerna selanjutnya di pindahkan masuk kedalam sitosol untuk di gunakan sebagai fungsinya pada sitosol, untuk bahan yang tidak dapat dicerna dijadikan dalam satu wadah yang membentuk kedalam vakuola sisa dan akan dikeluarkan dari dalam sel.

Baca Juga: Fungsi Herbarium

Vakuola Kontraktil

vakuola-kontraktil

Organisme tersestrial beresiko dehidrasi hal ini disebabkan oleh menguapnya air ke lingkup yang dimana air dapat terpelihara kedalam sel, minoritas atau sebagian kecil protista yang hidup di air memiliki vakuola kontraktil.

Secara periodik struktur pada protista adalah mengumpulkan air dan memasukanya kedalam sel nya sendiri, dan mengeluarkan air yang sudah di kumpulkan ke lingkungan luar dengan kontraksi langusung dengan vakuola seperti sebuah pori.

Ciri Ciri Vakuola Tumbuhan

  • Pada sel tumbuhan dewasa vakuola cenderung lebih besar dan satu, umumnya disebut sebagai vakuola sentra karena menempati hampir seluruh ruang sel.
  • Merupakan tempat menyimpan senyawa organik seperti protein.
  • Tempat penimbunan ion organik utama dari sel tumbuhan.
  • Vakuola pada protista berfungsi sebagai pengatur air.
  • Bentuk jaringan yang tersusun dari beberapa sel yang memiliki dinding primer.

Fungsi Vakuola Tumbuhan

Memelihara turgor dan memperhatikan volume besar yang merupakan fungsi dari statis, konsentrasi bahan yang terlarut pada vakuola setidaknya hampir setinggi konsentrasi garam pada air laut.

Bahan yang terlalut di dalam vakuola antara lain:

  • Molekul organik.
  • Protein.
  • Garam.

Vakuola kontraktil hanya dimiliki oleh beberapa protista itu juga yang hanya hidup di air, vakuola kontraktil merupakan struktur dengan mengumpulkan air dan mengeluarkanya ke lingkungan luar dengan mengkontraksikan vakuola seperti pori.

Tonoplas sangat tidak permabel (sifat membran sel yang dapat dilalui semua zat) terhadap air dan sebagian materi yang terlarut di dalam air.

Tekanan turgor penting dalam meningkatkan ukuran pada area permukaan sel tumbuhan selama dalam masa pertumbuhan sel tersebut, tekanan ini pun memberi energi pada sitoplasma guna melawan membran plasma dan dinding sel untuk membantu setiap sel agar tetep kaku.

Baca Juga: Fungsi Biogas

Vakuola Tumbuhan Pusat

Vakuola pusat menempati lebih dari 90% volume yang ada pada sel dewasa, membran vakuola disebut sebagai tonoplas, semua sel tumbuhan hodup dan sudah dewasa memiliki organela yang di batasi oleh membran yang ukuranya besar.

Vakuola tumbuhan pusat memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah: sebagai tempat menyimpan cadangan makanan maupun ion organik seperti klorida, gula, protein dan kalium.

Sebagai osmoregulator penjaga nilai osmotik sel dan berperan penting dalam proses sebuah sekresi sisa dari penerapan metabolisme yang dapat sangat membahayakan sel pada tumbuhan.

Untuk menarik serangga penyerbuk, vakuola sel memiliki pigmen namun tidak semua vakuola memiliki pigmen hanya beberapa saja, contohnya pigmen biru dan merah pada bunga mahkota dewa.

Sebaliknya, agar hewan pemangsa tidak mendekat vakuola sel terdapat mengandung senyawa beracun dengan bau tak sedap, di sel hewan juga terdapat vakuola sel namun hanya terdapat pada jewan uniselluler.

Contohnya:

Protozoa, fungsi vakuola sebagai pencerna makanan selain itu, protozoa memiliki vakuola berdenyut atau vakuola kontraktil berperan sebagai pengaturan tekanan osmotik sitoplasma pada metabolisme sel tumbuhan.

Jadi, sekian dulu ya sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai materi pembahasan Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com, sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainya >>>>>