Innallaha Ma’ashobirin Artinya

Posted on
Innallaha Ma'ashobirin Artinya

Innallaha Ma’ashobirin Artinya – Adalah salah satu ucapan yang biasa di lazimkan oleh umat muslim, dan di sampaikan kepada orang lain, karena makna dari kalimat ini sebagai bentuk dalam melakukan segala sesutu harus dengan sabar.

Innallaha Ma’ashobirin ini salah satu ayat dalam Al-qur’an yang memiliki arti dan makna cukup luas, akan tetapi kalimat ini biasanya di lantunkan pada saat seseorang akan melakukan ceramah, dan mengajak agar selalu sabar, pada saat di timpa musibah.

Arti Innallaha Ma’ashobirin 

Innallaha Ma’ashobirin Berarti orang yang sabar terhadap segala sesuatu musibah dan menyambut nya dengan lapang dada.

Sikap sabar merupakan sikap yang paling disenangi oleh Allah taala dan rata-rata orang yang bersabar pula selalu mendapati hidayah dari sikap sebaiknya itu.

Innallaha Ma’ashobirin Bahasa Arab Yang Berarti

Membicarakan tentang kesabar memanglah susah, terlebih di saat kita kembali mengenyam waktu-waktu ujian yang berat dan sangatlah kuras di hadapi dengan kesabaran

Sabar merupakan satu sikap dalam menahan emosi dan hasrat dan bertahan pada kondisi susah, Dalam islam sabar adalah sebuah bentuk ketaatan kepada allah.

Namun yakinkan di saat kamu bersabar dan kembali kepada Alloh satu ketika kalian akan mendapati nikmat yang teramat sangatlah fantastis yang di berikan oleh Alloh ke pada Hambanya.

Dan selalu berdoa dan memujiNya dengan ketulusan hati agar Alloh memberikan hidayah kepada kita untuk selalu bersabar di saat susah maupun duka.

Surat Al-Baqarah Pada Ayat 153 Yang Menjelaskan Innallaha Ma’ashobirin

إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Atinya : Sesungguhnya Alloh beserta orang-orang yang sabar.

Maknya: Wahai orang yang memiliki iman dan yang berpegang teguh kepada Alloh dalam semua masalah maka kalian harus bersabar dalam hadapi bermacam bencana.

Bersabar dalam maksiat-maksiat dan dosa-dosa ,dan bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah dan amalan yang mendekatkan kepada Alloh.

Sebenarnya Alloh bersama orang yang bersabar dengan Taufik dan bimbingan Nya ke jalan yang lapang.

Dalam ayat ini ada alasan penentuan “Ma’iyyah” (kebersama-samaan) Allah yang khusus untuk golongan Mukminin, yang datangkan apa yang sudah disebut.

Adapun “ma’iyyah” memiliki sifat yang berarti ketaatan berlaku kepada kesemua makhluk.

Uraian Innallaha ma’ashobirin Secara Harfiah

Wahai orang yang memiliki iman, minta lah pertolongan kepada Alloh, untuk melakukan ketaatan kepada-Nya, melakukan semua perintah-Nya.

Sebenarnya Allah bersama beberapa orang yang sabar dan selalu menuntun dan membantu mereka.

Sebenarnya Alloh selamatkan orang yang bersabar (Tafsiran al-Wajiz) اسْتَعِينُوا۟ بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوٰةِ ۚ sabar dan shalat sebagai penolongmu.

Yaitu dalam jalan-Nya إِنَّ اللَّـهَ مَعَ الصّٰبِرِينَ sebenarnya Alloh memberi apa yang mereka harapkan (Zubdatut Tafsir).

Ijtihad dalam Bahasa Indonesia Isi Dan Kandungan Innallaha ma’ashobirin

Setiap orang yang beriman kepada Alloh, pastinya meyakini ayat-ayat dalam Al-Qur’an, Dan selalu mohon pertolongan Kepada Alloh dalam semuanya kepentingannya.

Dengan bersabar dalam hadapi beberapa masalah serta bersabar dalam kesenangan, Harus meningkatkan ketaatan pada Alloh, serta mejauhi semua larangannya.

Kenyataannya Allah bersama orang yang bersabar dengan bantuan Nya, Taufik serta bimbingan Nya pada jalan yang Lurus.

Dalam ayat dan pembahsan ini ada kaidah yang di namakan “Ma’iyyah” yang berarti Alloh selau bersama para Mukmin yang taat kepada-Nya.

Tentang hal “ma’iyyah” mempunyai sifat yang berarti mengenali serta mencakup, keseluruh makhluk.

Tingkatan Dalam Kesabaran

Dari beberapa uraian yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan Tingkatan Dalam Kesabaran

Tingkatan Dalam Kesabaran ada 4 macam Adalah:

  • Sabar pada saat menjalani taat kepada Alloh
  • Sabar Pada saat menahan diri dari berbagai macam bermaksiat
  • Sabar Pada saat mendapatkan ujian
  • Sabar Pada saat mendapatkan kebahagiaan ( Sewaktu – Waktu akan Alloh cabut kebahagiaan tersebut.

Penutup

Innallaha ma’ashobirin dalam arti luas banyak sekali perbedaan dalam menyakini kepahaman, semua itu tergantung kita yang menyikapi, dan dari mana kita belajar, dan yang menyampaikan kaliat ini.

Nah Sobat semoga dengan pembahsan yang singkat ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, kami akhiri sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>