Kerangka Teks Pidato

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Kerangka Teks Pidato – Lengkap dengan pengertian, tujuan, dan contoh nya supaya mudah dipahami.

Pidato –  adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang (public) atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan sebuah gambaran tentang sebuah sesuatu, umumnya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan perintah, orasi dan pernyataan terkait suatu hal penting atau peristiwa serta patut untuk dibahas dan diperbincangkan.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

kerangka-teks-pidato

Kerangka Teks Pidato – Adalah pokok-pokok pemikiran yang akan disampaikan pada saat berbicara di depan orang banyak atau pidato, terdiri dari, point-point penting dalam pidato, pemikiran, maksud dan tujuan untuk mencapai sesuatu hal.

Pada umumnya, seseorang yang hendak berpidato tidak akan pernah meninggalkan catatan untuk di lihat pada saat pidato berlangsung, hal ini berguna untuk membuat struktur kerangka pidato menjadi lebih tersusun rapi pada saat pidato berlangsung.

Sebelum melakukan pidato, pembicara pasti membuat teks catatan untuk melihat poin poin penting dari isi pidato yang akan di sampaikan, sekarang kita akan membahas apa saja sih unsur dan struktur teks pidato!

Baca Juga: Contoh Laporan Hasil Diskusi

A. Pembukaan

pidato

1. Salam Pembuka

Struktur kerangka teks pidato yang pertama terletak pada bagian pembuka yang berfokus pada salam pembuka, mengapa? semua pembicaraan baik secara formal ataupun non formal, lebih baik dan harus menggunakan salam pembuka.

Pada bagian awal teks pidato, terdapat salam pembuka, dan salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yang akan di bicarakan, salam pembuka ini menjadi awalan untuk membuka sebuah pidato.

Contoh salam pembuka:

  • Assalamualaikum Wr. Wb.
  • Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
  • Om swastiasu.
  • Menyesuaikan keadaan dan para pendengar.

2. Ucapan Penghormatan

Bagian ke dua yakni ucapan penghormatan, hal ini biasanya dilakukan sebagai tanda menghargai para pendengar yang hadir dalam dan biasanya nama nama yang disebutkan memiliki hubungan dekat dengan seoarang pembaca atau memiliki jabatan tinggi, seperti Presiden, Menteri, dan Pejabat tinggi negara.

Contoh Ucapan Penghormatan:

  • Yang saya hormati, Ibu Rektor universitas X, Ibu Diyana
  • Yang saya hormati, bapak dan ibu guru beserta staf SMA X
  • Dan juga teman teman yang saya cintai

Baca Juga: Contoh Naskah Drama

3. Ucapan Rasa Syukur

Dalam bagian pembuka, di selipkan pada teks pidato selalu mengatakan ucapan rasa syukur (Orang yang berpidato) kepada tuhan YME. Umumnya pengucapan rasa syukur mengatakan terimakasih serta pujian.

Contoh Ucapan Rasa Syukur:

Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini.

Baca Juga: Kerangka Karya Ilmiah

B. Isi Pidato

Struktur selanjutnya pada kerangka teks pidato adalah isi pidato itu sendiri, pada bagian ini pembicara akan mulai menyampaikan maksud dan tujuan dari pidato yang akan di sampaikan.

Contoh isi pidato:

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang manfaat sosial media. Pada era modern ini, sudah banyak sekali teknologi canggih dan berkembang sangat pesat yang diciptakan untuk memajukan cara hidup dan kebutuhan yang kita perlukan di zaman ini.

Dengan kecanggihan dan kemajuanya kita dapat mempersingkat waktu dan mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan. Namun, tetap ada saja orang yang menerima dengan secara negatif dan banyak berbagai alasan.

Dengan alasan sosial media yang sudah ada dan secara tidak langsung telah menghapus budaya dan kepandaian atau kebiasaan dulu yang sudah ada, secara tidak langsung mereka sendiri tidak menyadari bahwa sosial media dapat mempermudah segala aspek urusan dalam berkirim dan bertukar data maupun informasi.

Hadirin sekalian, sebenarnya begitu banyak manfaat yang telah dan mungkin akan kita dapatkan dengan penggunaan media sosial ini sebagai contohnya, kita dapat bertukar kabar dengan teman atau keluarga kita di tempat yang jauh dengan menggunakan telefon genggam tanpa harus membuat janji dan ingin beremu, karena jarak yang begitu jauh.

Media sosial juga dapat mempermudah hal dalam urusan pekerjaan, seperti mengetahui informasi, bertukar data dalam pekerjaan, dan menjalin silaturahmi antar kerabat maupun keluarga tanpa harus menemui nya langsung.

Internet pun sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kita, pada umumnya sosial media digunakan untuk mencari informasi atau menghilangkan stress karena full memikirkan pekerjaan.

Yang dapat kita semua lakukan pada media sosial saat ini adalah, harus lebih waspada dan bijak dalam menggunakan aplikasi sosial media, karena tidak ada yang akan tau semua system itu tidak ada yang aman.

Baca Juga: Unsur Naskah Drama

C. Penutup

Struktur akhir pada kerangka teks pidato adalah bagian penutup, pada bagian penutup ini akan di sampaikan kesimpulan mengenai topik utama pembocaraan pidato yang telah disampaikan pada bagian isi pidato.

Ada pembaca yang menyatukan saran, atau imbauan pada bagian akhir penutup pada pidato, seperti nasihat ataupun sejenisnya.

Contoh Penutup:

Dan sebagai penutp saya menyampaikan imbauan mengenai tujuan dan poin penting dari pidato ini kepada seluruh tamu yang terhormat, bahwa baik buruknya, bergantung kepada orang yang menggunakan dan memanfaatkannya.

Saya pun berharap, kita dapat memanfaatkan teknologi ini sesuai dengan tujuan dan kegunaan teknologi seperti yang kita harapkan, karena teknologi khususnya untuk sosial media sendiri sangat sangat muda untuk digunakan disemua kalangan.

Baik dari anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa maupun Orang Tua, jadi bijaklah dalam bersosial media, di sisi lain juga media sosial membawa dampak negatif bagi kehidupan saat ini, bagi yang sulit untuk beradaptasi dan menggunakanya dalam hal negatif.

Tidak sedikit oknum yang terlibat masalah dalam bermedia sosial, dan ini menandakan begitu membantu lagi begitu berbahayanya teknologi saat ini kalu kita sendiri belum bisa mengatur bagaimana cara menggunakan nya dengan baik dan benar, supaya tidak terjadi penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain.

Semoga referensi ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan semoga kita semua dapat bijak dan baik dalam menggunakan internet dan bersosial media.

Teknologi ini bisa di analogikan sebagai sepeda motor, jika kita menggunakanya untuk keperluan baik dia akan mengantarkan kita pada kebaikan dan keselamatan.

Sebaliknya, jika kita pakai sepeda motor ini untuk tujuan yang negatif, keselamatan pun menjadi ancamanya.

Mohon maaf jika ada kesalahan kata pada penyampaian pidato ini. Wabillahitaufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr. Wb.

Baca Juga: Contoh Struktur Cerpen

Tujuan Kerangka Teks Pidato

Kerangka Teks Pidato atau bisa disebut dengan struktur teks pidato bertujuan untuk mengatur keselarasan penyampaian pidato yang akan dibawakan mulai dari:

  • Pembukaan ( salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur)
  • Isi pidato
  • Penutup
  • Salam

Tanpa adanya kerangka teks pidato, tidak akan ditemukan penyampaian yang baik dan teratur pada teks pidato, di sisi lain kerangka teks pidato bertujuan agar pendengar mudah untuk menangkap dan memahami pidato yang sedang dibacakan.

Sampai disini, secara keutuhan kerangka teks pidato sudah kami jelaskan nih sobat rumussoal.com tentu setelah ini kalian pasti dapat lebih mudah jika ingin membuat teks pidato.

Jadi, sekian dulu ya sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai materi pembahasan Kerangka Teks Pidato semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com, sekian dan terimakasih.

Baca Artikel lainnya >>>>>