Klasifikasi Planet

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com tkali ini penulis disini akan menerangkan materi tentang klasifikasi Planet dalam tata surya – lengkap dengan pengertian, sejarah, serta nama nama planet supaya mudah dipahami.

Klasifikasi planet – adalah sebuah benda angkasa yang mengelilingi bumi, tetapi tidak mempuyai cahaya dan bentuknyab bulat.

Apa Itu Klasifikasi Planet

klassifikasi-pelanet

Klasifikasi Planet adalah benda langit yang mengelilingi setiap bintang tanpa adanya sebuah cahaya dengan kecepatan tertentu.

Benda langit sendiri akan di sebut sebagai pelanet jika benda tersebut sudah mempunyai ukuran besar serta menduduki garis orbit sehingga dapat mengitari matahari.

Beberapa pelanet memiliki pengikut serta pengiring yang berputar mengelilingi pelanet tersebut yang bias kita sebut dengan satelit.

Planet ini juga mempunyai jalan sendiri agar dapat mengubah serta memutar matahari dengan di sebut orbit.

Baca Juga:  Aspek Fisik Geografi

Sejarah Nama Nama Planet

nama-nnama-planet-1

Ada beberapa planet yang terkenal karna planet tersebut sangat dekat dengan bumi dan matahari di antaranya jupiter, saturnus, merkurius, mars, dan venus.

Planet tersebut dapat di lihat oleh mata berbentuk bintang – bintang yang ada di langit.

Pada masa abad – 4 SM, beberapa nama – nama dewa di perkenalkan oleh Aristoteles dalam sebuah mitologi menjadi nama planet.

Diantaranya aphrodite menjadi venus, ares untuk marsk, zeus untuk jupiter, kironos untuk saturnus, serta hermes menjadi sebuah nama untuk planet merkurius.

Pada masa abad – 6 SM, ilmuwan bangsa yunani juga memberikan beberapa nama untuk planet.

Diantaranya berkilau untuk jupiter, berapi (pyoroeisng) untuk marsk, cemerlang (stilbon) untuk planet merkurius sedangkan planet venus memiliki dua nama bintang sore (hesperos) dan pembawa cahaya (phosphoros).

Dua nama untuk planet venus di karnakan planet venus tersebut di anggap muncul dalam bentuk yang berbeda karna planet tersebut muncul pada sore dan pagi hari.

Sampai sekarang juga penamaan untuk planet masih memakai nama dewa hingga sekarang di mitologi romawi, hingga planet ke 7 ditemukan di beri nama uranus.

Uranus adalah sebutan dari nama dewa yunani karna uranus merupakan ayah kronos atau planet saturnus sedangkan pada planet ke 8 memiliki nama neptunus dalam metologi romawi disebut sebagai dewa laut.\

Baca Juga: Gejala Listrik Statis

3 Macam Dasar Klasifikasi Planet Serta Contohnya

Berdasarkan kedudukan dan letak dari asteroid yang berfungsi sebagai pembatas terdapat tiga cara dalam pengelompokan sebuah planet.

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai dasar – dasar dalam pengelompokan planet tersebut:

1. Klasifikasi Berdasarkan Kedudukan Bumi

a. Planet Superior

Planet ( eksterior planet ) atau planet superior adalah merupakan planet jarak ke mataharinya lebih panjang di banding jarak planet bumi ke matahari.

Serta termaksuk planet – planet dalam sebuah kelompok luar antara lain neptunus, uranus, jupiter, saturnus serta planet mars.

b. Planet Inferior

Planet ( interior planet ) atau planet inferior adalah sebuah planet namun jarak nya lebih dekat ke matahari diantaranya planet venus, serta planet merkurius.

Planet venus serta planet merkurius memiliki perbedaan dalam kecepatan dalam mengelilingi matahari jika begitu kedudukan planet akan berbeda – beda jika kita lihat dari bumi.

Garis sudut yang menghubungkan matahari dan bumi yang terhubung dengan planet di beri nama ( elongasi) besar dari sudut tersebut tergantung bagaimana jarak antara bumi dan matahari.

Baca Juga: Sinonim Penggunaan

2. Klasifikasi Planet Berdasarkan Sifat Fisik, Ukuran Dan Masa

a. Planet Jovian

P[lanet jovian adalah merupakan sebuah planet raksasa, planet dalam komposisi sangat mirip dengkaan planet jupiter planet ini berukuran sangat besar.

planet jovian mendapat sebutan besar karna sifat dari pada planet ini mirip sekali dengan planet jupiter dan matrial planet ini merupakan berupa cincin

3. Klasifikasi planet berdasarkan kedudukan

a. Planet ( outer planet ) luar

Planet ( outer planet) atau planet luar adalah sebuah planet secara orbitnya selalu ada di sebelah luar lintasannya antara lain neptunus, jupiter, uranus serta saturnus.

b. Planet ( inner planets) dalam

Planet ( inner planets ) atau planet dalam adalah sebuah planet secara orbitnya di sebelah dalam dan lintasan orbitnya adalah bumi, merkurius, venus, dan mars.

Baca Juga: Sinonim Penggunaan

Hal Hal Penting Tentang Planet

Ada beberapa hal penbting yang harus di ketahui teatang pelanet diantaranya yaitu:

  • Planet-planet kebanyakan memiliki sebuah satelit pengiring
  • Planet juga tidak memiliki sebuah cahaya sendiri, tetapi planet tersebut hanya memantulkan sebuah cahaya dari matahari.
  • Planet memiliki sebuah lintasan dengan sebuah bidang berbentuk lonjong serta hanya dapat membentuk sudut kecil
  • Planet sendiri jika mengelilingi matahari pasti memakai arah yang saua, serta waktu berputarnya semakin lama jika jarak ke matahari terlaluh jauh.

Baca Juga: Satuan Rumus Debit

Macam Macam Planet Di Tata Surya

Di dalam tata surya memiliki beberapa planet yang namanya mungkin sering kita dengar, namun belum tentu kita memahaminnya agar kita dapat memhaminya simaklah mengenai planet yang ada di tata surya berikut ini:

1. Planet Saturnus

planet-satrunus


Dalam pelanet saturnus unsur atmosfer merupakan sebuah heliun dan hidrogen, saturnus merupakan planet yang mempunyai cincin serta 18 satelit. serta bebatuan pada yang terdapat di planet saturnus terletak di inti yang kecil.

2. Planet Neptunus

planet-neptunus

Ciri dalam planet neptunus biasanya di sebut pemicu tantrum planeteptunus sendiri terdiri dari metana, hidrogen, dan planet Neptunus terkadang keluar dari orbit.

Neptunus sendiri merupakan salah satu planet yang terjauh dari bumi dan diameter dari planet ini sekitar (48.600 km) membutuhkan putaran sekitar 165 tahun dalam satu putaran dan kepadatannya setengah dari planet bumi.

3. Planet Merkurius

planet-merkerius

Planet merkurius salah satu jenis planet yang dekat dengan matahari jaraknya sekitar (58 juta km) sehingga untuk mengorbitkan matahari tidak membutuhkan waktu yang lama.

Planet merkurius berdiameter sekitar (4.800 km)
planet ini hanya sepertiga besarnya dari bumi, melihat kedekatannya pada matahari dan bentuknya yang sangat kecil jadi tidak dapat di lihat oleh mata.

4. Planet Bumi

planet-bumi

Planet bumi merupakan satu dari seluruh planet yang bisa di kalahkan dengan mahkluk hidup, karna planet ini memiliki suhu sehingga bumu dapat memberikan air untuk kehidupan makhluk.

5. Planet Jupiter

planet-jupiter

Planet jupiter merupakan planet terbesar yang terdapat pada tata surya, planet ini memiliki diameter sekitar (142.860 km).

Berat planet jupiter merupakan planet paling berat yang terdapat di tata surya beratnya sendiri dua kali lipat dari planet – planet yang lain.

Manusiapun dapat dengan mudah untuk melihat planet jupiter karna planet ini dapat memantulkan sinar matahari secara langsung di permukaan hingga mencapai 70%

6. Planet Pluto

planet-pluto

Planet pluto sendiri blm lama di temukan dengan astronom yang bernama ( Clyde Tombaugh ) beliau berhasil menemukan planet tersebut ketika bekerja du ( lowell observatory ) kurang lebih sekitar 78 tahun yang lalu.

7. Planet Uranus

planet-uranus

Planet uranus di temukan oleh ( Herschel ) tanggal 13 maret 1781 awalnya di kira bintang tetapi para ahli terus mempelajarinnya dan pada akhirnya disimpulkan jika yang di temukan oleh ( Herchel ) merupakan planet.

8. Planet Mars

planet-mars

Planet mars atmosfer ya berbeda dengan bumi, planet mars biasa juga di sebut sebagai planet merah sebab sebagian besar terdiri dari lembah, sungai kering dan gunung berapi

Planet mars memiliki diameter ( 6.780 km ) sehingga hampir sama planet bumi, namun lebih kecil sedikit.

9. Planet Venus

planet-venus

Seperti ulasan materi di na planet teratas jika planet venus memiliki dua nama karsebut dapat di lihat pada pagi dan sore sehingga dapat memantulkan sebuah sinar matahari dengan sangat baik.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, klasifikasi planet, semoga materi yang kami sampaikan ini dapat berguna dan bermanfaat, sekan dan terima kasih.

Artikel Terkait>>>>>