Kode Pos Babelan

Posted on
Kode Pos Babelan

Kode Pos Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Babelan Kota 17610
Buni Bakti 17610
Hurip Jaya 17610
Kedung Pengawas 17610
Kedungjaya 17610
Pantai Hurip 17610
Muara Bakti 17610
Kebalen17610
Berbahagia 17610

Kode Pos Babelan – Berikut ialah daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Bekasi mempunyai 23 kecamatan, 7 kelurahan, 180 dusun, dan 11 pulau.

Di tahun 2017, jumlah warga capai 2.554.376 jiwa dengan luas daerah 1.224,88 km² dan tebaran warga 2.085 jiwa/km Ibukota ada dalam Cikarang Pusat (awalnya namanya.

Karangjati” (di antara tahun 1969-1984) atau “Djonggor” (di antara tahun 1950an awal-1969) atau “Tambi Sembilan” (saat sebelum dasawarsa 1950an), berdiri di tahun 1894,

Selanjutnya terjadi pemekaran dusun dan bertukar nama seputar dasawarsa 1980-an tengah, persisnya tahun 1984), dan mempunyai code pos 17211 sampai 17770.

Dan code tempat telephone +62 21 (untuk daerah dataran) dan +62-236 (untuk daerah kepulauan di Kabupaten Bekasi (mencakup pulau Bawang, pulau Arang dan pulau Kelapa dan 8 pulau lain).

Indonesia nomor 14 tahun 1950 dan ada dalam daratan rendah dan di ketinggian ± 2-40 mtr. di permukaan laut (dpl) dengan waktu itu terdiri atas 15 kecamatan dan 118 dusun, yang waktu itu beribu kota di Kota Bekasi.

Mempunyai luas daerah 1.224,88 km² yang mencakup dataran 860 km² dan kepulauan (mencakup pulau Bawang, pulau Arang dan pulau Kelapa dan 8 beberapa pulau lain) 559 km² dan dengan penduduk 2.575.000 jiwa di bulan April 2014.

Dan kepadatan warga 1.820 jiwa per km², jadikan kabupaten paling padat di Jawa Barat, sesudah kabupaten Bandung dan kabupaten Bogor.

Sejarah Berdirinya Babelan Bekasi

Pasar Babelan, Menyelisir ke Wilayah utara dari Kota Bekasi, kedengar sebuah nama dusun unik namanya Babelan.

Kabarnya, pada jaman Belanda ada Tuan Tanah bernegara China namanya Baba Land demikianlah beberapa pribumi biasa mengatakan.

Baba Land kuasai tanah sejauh -/+ 17 km persegi yang saat ini diberi nama Babelan Kota.

Nama Babelan berawal dari Baba Land yakni Tuan Tanah yang mempunyai tanah yang paling luas.

Dulu Babelan terhitung wilayah yang mempunyai banyak sawah dan hasil pertaniannya. Babelan alami seringkali pengubahan panggilan kata.

Dulu Bekasi ditempati dengan umumnya etnis Tionghoa dan seiring waktu berjalan mulai tiba warga Jakarta di mana warga Jakarta mempunyai ciri khas logat.

Dalam penyuaraannya hingga mengganti nama Baba Land jadi Babe-land atau dalam penyuaraannya jadi Babelan sampai sekarang ini.

Dibabelan ada sebuah dusun namanya Dusun Kebalen saaat ini. Kebalen mempunyai riwayat dan makna yang unik.

Menurut narasi lisan yang didengar, dulunya Kebalen sebagai tanah lega yang luas dan kerap kali dibikin untuk bermain sepak bola oleh warga pribumi.

Dengan bahasa Belanda disebutkan dengan Ke Ball Land yang ini berarti ‘tanah lapang’.

Pada jaman sesudah kemerdekaan, Kebalen masuk ke daerah Dusun Berbahagia.

Bersamaan pertambahan jumlah warga di daerah Daerah Kebalen tahun 1978 Daerah Kebalen melepas diri dari Dusun Berbahagia dan sekarang ini jadi Dusun Kebalen.

Nama Bebelan Di Hulu Kali Bekasi

Nama Babelan di wilayah saluran sungai Bekasi sekurang-kurangnya telah dikabarkan pada media massa tahun 1824 (saksikan Bataviasche courant, 01-05-1824).

Disebut dipasarkan tempat di Moeara Bacassie atau Pondok Doea, tempat di Sambilangan, tempat di Tandjoeng, tempat di Soengie Boeaja, tempat di Poeloe Mamandang.

Di Bogol atau Bogor, di Rawa Bogor, di Babelan, di Bandongan dan tempat di kampong Toeri Ilir. Yang jual lahan-lahan itu ialah keluarga Riemsdijk,

Dalam perubahannya dijumpai posisi beberapa nama tempat khusus dari pantai lewat sungai ke kota Bekasi sebagai berikut ini.

Moeara Bekasi, Soengai Boeaja, Tandjoeng, Moeara, Babakan, Babelan, Pangkalan, Gaboes, Karang Tjongok, Telok Poetjoeng dan Bekasi.

Tempat Moeara Bacassie atau Pondok Doea, tempat Soengai Boeaja dan tempat Tandjoeng ialah tanah berawa.

Pada periode ini Telok Pucung dan Bekasi terhitung daerah Kota Bekasi. Sedang yang lain masuk daerah Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Nama Babelan bukan hanya ada di wilayah saluran sungai Bekasi (Residentie Batavia), tapi juga diketemukan di Residentie Semarang dan Residentie Soerabaja.

Besar sangkaan jika nama Babelan ada sebagai permukiman orang yang dari Jawa.

Semua lahan-lahan (yang sekarang jadi kecamatan Babelan) sudah dipunyai oleh Lim Khe Seeng dan Lim Khe Ip, Ini berkenaan 2 orang Tionghoa yang disebutkan akan jual lahan-lahan itu (saksikan Javasche courant, 06-07-1833).

Disebut dalam lahan-lahan ini ada dua buah pabrik gula, Siapakah yang beli lahan-lahan itu tidak dikenali dengan jelas.

Land Babelan selanjutnya dijumpai sudah dicarter dengan seorang Tionghoa (saksikan Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 25-11-1857). Penyewa itu diperhitungkan namanya Jap Soen.

Rahasiagsch advertentie-blad, 05-02-1858 ‘Pada tanggal 25 ini, seorang Tionghoa Jap Soen dari land Babelan, ke pasar Tjilintjing, pergi untuk jual beras.

Karena dia harus melaut lewat sungai di sejauh rimba dan tahu ada beberapa babi liar didalamnya, dia bawa senapan dan menyisih dan memburu di dekat daerah Sembilangan.

Mendadak dia dengar jika ada binatang di atasnya. Soen terkejut dan ingin raih senjatanya.

Nahas, saat dia menariknya ke arahnya, mendadak meledak, peluru tembus tangan kanannya dan tembus disamping dada kiri, di mana itu masih bertahan sampai Jap-Soen selekasnya dibawa ke rumah sakit kota di Batavia.

Baiklah sobat mungkin sampai di sini dulu pembahsan kami kali ini, semoga dengan adanya ulasan mengenai Kode Pos Babelan Bekasi dapat memudahkan kalian untuk mencari pengetahuan, Sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>