Langkah Mengaransemen Lagu

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Langkah mengaransemen lagu – lengkap dengan pengertian, jenis, teknik, struktur, langkah, bentuk dan contoh lagu supaya mudah dipahami.

Pengertian Mengaransemen

Mengaransemen adalah penyesuaian komposis lagu atau musik dengan urutan suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposis yang telah ditetapkan sehingga esensi musiknya tidak akan pernah berubah. 

Jenis Jenis Mengaransemen

Mengaransemen-Lagu

Berikut ini terdapat beberapa jenis yang perlu anda ketahui untuk mengaransemen lagu :

1. Aransemen Vokal

Arsemen vokal merupakan pengabungang dari dua suara, tiga suara atau sampai dengan empat suara, Aransemen yang sering dipakai dibuat menjadi dua suara untuk penyusunan vokal tiga dan vokal empat diperlukan banyak persyaratan.

Selesai disusun semua aransemen lagu lalu di coba untuk dinyanyikan bersama, bila aransemen lagu masih kurang bagus atau tidak sesuai yang diinginkan maka bisa disusun ulang sampai dengan mendapatkan hasil aransemen yang baik.

2. Aransemen Instrumen

Aransemen instrumen merupakan alat musik yang harus disesuaikan dengan alat-alat musik yang dipakai untuk memainkan lagu tersebut, semakin banyak alat yang dipakai maka akan semakin bagus variasi lagu yang di buat.

Untuk menyusun aransemen instrumen sangat berpedoman pada ilmu harmoni musik, maka dari itu aransemen musik dikenal dengan sebutan partitur, dalam aransemen instrumen terdapat partitur yang dipakai beergantian fungsi sedangkan dalam aransemen vokal semua partitur dibunyikan secara bersamaan.

3. Aransemen Campuran

Aransmen campuran merupakan gabungan dari aransemen vokal dan aransemen instrumen, teknik yang dipakai yaitu menggabungkan 2 jenis aransemen yang telah ada.

Pada aransemen campuran yang lebih digunakan aspen vokalnya, fungsi nya yaitu sebagai penggiring lagu yang sekaligus untuk meramaikan pertunjukkan yang ditampilkan sehingga menjadi lebih sempurna.

Seorang drijen atau konduktur yang berfungsi sebagai pemimpin untuk mengendalikan keseimbangan, guna untuk menampilkan aransemen lagu yang baik sesuai dengan yang sudah dibuat.

Teknik Mengaransemen

Dari penjelasana yang sudah dibuat terdapat beberapa teknik untuk mengaransemen lagu, Berikut penjelasannya :

1. Ritme atau Pola Ritme

Ritme atau pola ritme merupakan bunyi panjang pendek dari suara yang didengar atau dari gerakan yang teratur, sedangkan pola ritme adalah bentuk pengulangan dari bangunan ritme yang dipakai oleh frase melodi atau kelompok frase melodi.

2. Melodi

Melodi merupakan serangkaian dari jumlah nada yang disusun dan dibunyikan secara teratur dan berurutan

3. Harmoni

Harmoni merupakan serangkai perpaduan nada – nada melodi dengan pola ritme yang serasi dan selaras yang dipakai guna untuk kesatuan suatu kerya seni karya seni secara baik.

Struktur Mengaransemen

Ada beberapa struktur untuk mengaransemen lagu, berikut penjelasannya :

  • Lagu pokok atau inti yaitu lagu yang selalu di utamakan inti nya.
  • Introduksi yaitu melodi yang terdapat diawal sebelum memasuki lagu
  • Coda atau bagian akhir yaitu di sebut juga penutupan lagu
  • Interlude yaitu selingan musik di tengah lagu

Cara Mengaransemen

Untuk mengaransemen lagu terdapat dua cara yaitu sebagai berikut penjelesannya :

1. Secara tertulis

Mengaransemen lagu secara tertulis yaitu dengan cara melakukan penambahan notasi atau pengantian notasi yang dilakukan secara tertulis pada susunan notasi pada nada lagu.

2. Secara tidak tertulis

Mengaransemen lagu secara tidak tertulis yaitu dengan cara melakukan penyusunan lagu atau disebut juga dengan merapikan improsasi panggung yang akan di pakai.

Langkah langkah Mengaransemen

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan langkah – langkah mengaransemen lagu :

  • Menganalisis syair dengan cara benar, sesuai notasi nada.
  • Memilih lagu dan menentukan lagu asli yang akan diaransemen.
  • Mengamati dan mencermati tanda lagu yang akan digunakan dan mejelaskan arti lagu aslinya.
  • Mengamati, mencermati, dan memahami melodi lagu asli nya yang akan diaransemen.
  • Menetapkan bentuk aransemen lagu yang akan dibuat.
  • Mencari dan menetapkan progresi akord musik.
  • Membuat sketsa dan menyusun aransemen lagu.
  • Menentukan jenis – jenis alat musik yang akan digunakan dalam mengaransemen lagu.
  • Menentukan irama, tempo, tangga nada dan dinamika lagu.
  • Minta izin dulu kepada pembuat lagu jika masih ada atau masih mecantumkan nama pencipta kedalam hasil aransemen lagu tersebut.

Bentuk Penyajian Aransemen

Dari apa yang sudah kami jelaskan diatas terdapat juga bentuk penyajian aransemen, Berikut penjelasannya :

1. Aransemen Bentuk Kanonis

Aransemen bentuk kanonis yaitu aransemen yang dimainkan secara berurut-urutan, para pemain musik atau penyanyi nya dibagi dalam beberapa bentuk kelompok.

Setiap Kelompok selalu bergantian untuk memainkan alat musik yang atau penyanyi nya dengan selang waktu yang sudah ditentukan, penyajian aransemen kanonis sering menyebabkan permain musik susah ditangkap maknanya, namun permainan musik selalu bersifat menggembirakan.

2. Aransemen Bentuk Polifonis

Aransemen bentuk polifonis yaitu aransemen yang terdiri dari beberapa bagian suara alat musik, setiap suara selalu memiliki nada tersendiri secara keseluruhan dari beberapa suara merupakan kesatuan yang utuh.

3. Aransemen Bentuk Homofonis

Aransemen bentuk homofonis yaitu aransemen yang merupakan salah satu bentuk yang paling tidak asing lagi, tetapi pada dasarnya semua penggunaan permainan alat musik dimulai dengan bergerak bersamaan dan menutup secara bersama-sama juga.

Contoh Aransemen Lagu

Dari semua penjelasan yang sudah kami sampaikan, Berikut terdapat contoh mengaransemen lagu :

1. Lagu Dua Mata Saya

Lagu “Dua Mata Saya” disusun oleh Mr. Kasur dan akan dinyanyikan dengan memahami bagai mana dinamika tentang arti sebuah lagu, dengan volume lagu ketika akan dinyanyikan.

Dinamika pada saat membuat lagu harus lebih indah sehingga lagu yang akan di nyanyikan akan terlihat lebik indah dan anak- anak akan mudah untuk menghafalkan lirik lagunya.

2. Lagu Ambilkan Bulan Bu

Lirik Lagu Ambilkan Bulan Bu salah satu musik anak – anak yang berarti sebagai cinta seorang ibu begitu besar sehingga kita bahkan tidak mampu memberi sang ibu bulan.

Lagu ini dibuat oleh AT. Mahmud sama dengan lagu pelangi yang kita bahas sebelumnya, lagu ini juga memiliki banyak lirik sebagai catatan numerik yang sangat sederhana.

Ambilkan-Bulan-BU

3. Lagu Cicak Cicak Di Dinding

Penulis lagu CICAK CICAK DI WALL pada NN atau tidak dikenal sebagai singkatan untuk No Name atau No Name, dengan beberapa sumber yang mengatakan bahwa A.T. Mahmud.

cicak-didinding

4. Lagu Pelangi Pelangi

Lagu “Pelangi-Pelangi” adalah yang sangat di cintai anak-anak yang memiliki makna dan keindahan saat menyanyikannya, ini disusun oleh Masagus Abdullah Mahmud atau nama A.T. Mahmud.

Sebagai seorang anak sering mendengar, betapa cantiknya, merah, kuning, hijau, di langit, dan akan mempresentasikan nomor not musik anak-anak agar dapat memainkan musik pianika.

pelangi

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Langkah mengaransemen lagu, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>