Niat Puasa Ramadhan

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang niat puasa ramadhan – lengkap dengan pengertian, syarat, rukun, hukum, contoh, serta, faedah supaya mudah dipahami.

Puasa ramadhan – adalah salah satu kegitan dari umat islam untuk menahan diri atas perbuatan buruk serta menahan lapar dan haus dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari, niat karna allah swt

Apa Itu Puasa Ramadhan

niat-puasa-ramadhan

Puasa ramadhan adalah rukun islam yang ketiga yang biasa di lakukan oleh umat islam pada bulan ramadhan, biasanya kegiatan puasa itu di lakukan satu bulan penuh.

Puasa merupakan bagian dari ibadah kepada allah, dengan menahan diri dari makan dan minum dari mulai terbitnya matahari hingga tenggelamnya matahari, dan tidak melakukan hal- hal yang membatalkan puasa.

Sehingga tidak mengurangin nilai dari puasa tersebut, karna sekarang ini masih banyak orang yang tidak mengerti bagai mana cara puasa yang baik dan benar.

Lafaz Doa Niat Puasa Rhomadhon

lafadz-doa-niat-puasa-Ramadhan

Lafadz Doa Berbuka Puasa

lafadz-doa-berbuka-puasa

Baca Juga: Hadis Tentang Pengendalian Diri

Syarat Puasa Ramadhan

Setelah mengetahui tentang ulasan mengenai pengertian dari pada puasa ramadhan yang telah kami tulis di atas, kita harus mengerti dan memahamin bagaimana tentang syarat puasa dalam bulan ramadhan.

Agar puasa ramadhan kita dapat dengan baik dan benar ada beberapa syarat yang wajib kita ketahuin yaitu:

  • Sehat secara jasmani maupun rohani.
  • Mempunyai akal yang sehat.
  • Beragama islam dan memiliki sebuah keyakinan mengenai agama islam.
  • Suci dari haid serta nifas untuk para wanita.
  • Sudah baligh.
  • Bermukmin dan menetap serta tidak lagi berpergian.

Rukun Puasa

1. Niat di malam hari ketika kita belum tidur

2.Menahan semua hal – hal yang dapat membatalkan pusa yaitu makan, minum, bersetubuh, muntah, keluar haid, melahirkan, gila serta keluar dari agama islam ( murtad ).

Sunah Puasa

Selain kita wajib harus mengetahuin syarat dan rukunnya dalam berpuasa di bulan ramadhan, kita juga harus mengetahui tentang sunahnya puasa pada bulan ramadhan yaitu:

  • Memperbanyak bertadarus bakl siang maupun malam.
  • Berdoa saat kita akan berbuka puasa.
  • Mengakhirkan makan sahur sebelum waktunya habis.
  • Berbuka dengan minuman atau makanan yang manis.
  • Memberi makan bagi mereka yang sedang berbuka puasa.
  • Memperbanyak dalam bersedekah.
  • Menyegerakan untuk segera berbuka jika waktunya telah tiba.

Hal Hal Yang Merusak Pahala Puasa

Kita sebagai umat islam harus dapat memahami dan menjaga hal – hal yang dapat membatalkan puasa, jika puasa yang kita lakukan tidak ingin sia- sia yaitu:

1. Dengan sengaja melakukan sebuah perbuatan atau melihat orang brjudi, melhat gambar porno atau menonton dan lain – lain

2. Banyak melakukan perbuatan tercelah diantranya berdusta, berkelahi, menghina orang lain, bersumpah palsu, memfitnah orang dan masih.

Baca Juga: Amalan Penghapus Dosa Zina

7 Faedah Puasa Bulan Ramadhan

Di dalam bulan ramadhan ada banyak faedah yang akan kita dapat jika kita menjalankan puasa dengan benar dan baik, dalam arti memenuhi rukan dan syaratnya.

Tuju faeda tersebut antara lain adalah:

1. Mengalahkan Syahwat

Dengan puasa yang betul – betul memenuhi rukun dan syaratnya niscaya nafsu kita dapat terkendali dengan baik, karna secara tidak langsung puasa dapat diri dalam mengendalikan sebuah hawa nafsu.

2. Meninggikan Derajat

Orang yang betul – betul menjalankan puasa karna allah, dengan segala keyakinanya, allah akan meninggikan derajatnya.

3. Penghafus Dosa

Barang siapa jika berpuasa dibulan ramadhan dengan penuh iman dan keyakinan mengharapkan sebuah pahala pada allah maka segala dosa yang ada akan di hapus oleh allah.

4. Mencegah Perbuatan Maksiat

Puasa merupakan ibadah yang waktunya panjang karna dari timbulnya matahari hingga tenggelamnya matahari, jika kita betul – betul puasa secara tidak langsung perbuatan maksiat dapat berkurang.

Karna jika kita akan melakukan sesuatu yang tidak baik otomatis kita ingat kalo kita sedang puasa,

5. Bertambahnya Nikmat

Nikmat yang ada pada pada diri kita akan di tambah oleh allah terutama nikmat kesehatan yang kadang kita sebagai manusia tidak menyadari, jika sesunggunya nikmat sehat itulah yang paling utama.

6. Bertambah Taat

Dalam islam ilmu pengetahun amatlah penting, karna dengan adanya ilmu pengetahuan terutama tentang agama, maka ketaatapun akan bertambah.

7. Memperbanyak Sedekah

Di bulan ramadhan juga dapar melatih diri kita agar dapat lebih banyak sedekah, karna sedekah merupakan paling di anjurkan di bulan ramadhan.

Baca Juga:Macam Macam Hukum Taklifi

11 Macam Macam Puasa

Dalam agama islam ada beberapa jenis puasa yang biasa dilakukan oleh umat islam yaitu:

1. Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan adalah sebuah puasa wajib yang biasa di lakukan oleh mat islam pada umumnya.

2. Puasa Kifara (denda)

Puasa kifara ( denda) merupakan puasa yang wajib kita lakukan untuk mengganti dari pada puasa di bulan ramadhan yang kita tidak lakukan.

3. Puasa Nazar

Puasa nazar adalah merupakan sebuah puasa yang wajib di lakukan, karna puasa itu berarti janji sehingga puasa itu wajib.

4. Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah adalah sebuah puasa di lakukan pada hari tarwiyah yaitu pada tanggal 8 dzulhijah, puasa ini pun sangat di senangin oleh allah

5. Puasa Arafah

Puasa arafah adalah puasa sunah yang di anjurkan bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

6. Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis adalah sebuah puasa yang sering di lakukan bagi umat islam padaumumnya.

7. Puasa Sawal

Puasa sawal merupakan puasa sunah yang pertama yang di lakukan di bulan sawal setalah bulan ramadhan, dan puasa ini sangat di anjurkan setelah puasa ramadhan.

8. Puasa Daut

Puasa daut adalah sebuah puasa yang unik, sebab puasa itu di lakukan selang – seling tujuan puasa daut untuk meneladanin dari pada nabi daut, dan allah sangat suka dengan puasa itu.

9. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh adalah sebuah puasa yang di lakukan dalam satu bulan minimal tiga hari, tapi utamanya dilakukan pada tanggal 13, 14 serta 15 pada bulan hijriyah dalam sebuah kalender islam.

10. Puasa Nisfu Sya”ban

Bukan hanya bulan ramadhan yang memiliki nilai ke istimewaan, Pada bulan sya”ban sangat di anjurkan agar kita mencari sebuah pahala sebanyak – banyaknya.

Di antaranya dengan kita melakukan sebuah puasa di awal pertengahan pada bulan sya”ban.

11. Puasa Asyura

Puasa asyura adalah sebuah puasa yang di sunakan boleh pada pertengahan bulan, atau pada awal bulan, atau di akhir bulan sekalipun namun yang paling utama pada hari asyura yaitupada tanggal sepuluh pada bulan muharam.

Baca Juga:Pengertian Ghibah

Hari Yang Haram Dalam Berpuasa

Ada beberapa hari yang di haramkan jika kita melakukan puasa diantaranya:

  • Pada hari tasrik (11, 12 dan 13 Zulhijjah).
  • Pada hari syak (29 Syaaban).
  • Pada hari raya idul Adha.
  • Pada idul fitri (1 Syawal).

Hukum Dalam Puasa

  • Haram – adalah sebuah puasa yang dilakukan bulan Ramadhan.
  • Wajib – adalah sebuah puasa yang dilakukan bulan Ramadhan.
  • Sunat – adalah sebuah puasa yang di lakukan pada hari tertentu.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, niat Puasa rhomadhon dalam umat islam, semoga materi yang singkat ini dapat mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait >>>>>