Pengertian A Cire Perdue

Posted on

Hallo sobat, kembali lagi disitus web kami rumussoal.com yang dimaka kali ini kami akan manyampaikan artikel makalah tentang Pengertian A Cire Perdue dalam sejarah lengkap dengan pengertian, jenis, prinsip, bentuk, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Pengertian A Cire Perdue – adalah salah satu teknik cetak a cire perdue dan akan menghasilkan alat cetak perunggu yang menggunakan cetakan lilin yang akan dibungkus dengan tanah liat, sehingga lapisan dapat dibakar sampai menjadi perunggu yang sudah mengeras dari hasil cetakan nya.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu A Cire Perdue

Pengertian-A-Cire-Perdue

A cire perdue adalah sebuah teknik pencetakan perunggu yang menggunakan cetakan lilin yang dibungkus tanah liat sehingga jenis pengrajin ini dapat membuat produk lilin dan kemudian ditutupi dengan tanah liat untuk membuat cetakan logam perunggu.

Teknik pencetakan a Cire Perdue hanya untuk sekali pakai dan dapat juga digunakan dalam membuat lebih banyak cetakan yang menggunakan tanah liat.

Kemudian dipakai untuk mengeras karena lilin yang terbakar di tanah liat akan mencair dan muncul dari lubang tanah yang akan ditempatkan di cetakan tanah untuk mendapatkan hasil cetakan perunggu.

Cara untuk melakukannya dapat membuat bentuk yang akan dibungkus tanah liat sebagai bentuk rongga yang sesuai dengan bentuk cetakan logam yang dibekukan untuk membentuk benda.

Teknik pencetakan ini juga dapat menggunakan cetakan batu yang direkatkan atau diikat di kedua sisi dengan tali dengan gabungan sebagai mengikat dalam cetakan yang melalui lubang di bagian atas cetakan.

Setelah perunggu mengeras akan dihilangkan dan dapat dilakukan berulang kali karena bentuknya seperti pada teknik A-Cire-Perdue karenanya cocok untuk produksi pada peralatan rumah tangga.

Contoh Teknik A Cire Perdue

cetakan-a-care

dari berbagai pembahasan di atas maka akan kami berikan contoh hasil dari teknik A Cire Perdue sebagai karya seni hingga perhiasan seperti kalung, gelang, cincin.

Berikut contoh dari teknik a Cire Perdua sebagai teknologi A Cire Perdue diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknik a cire perdue sebagai teknik cetak yang menggunakan cetakan lilin yang akan dibungkus dengan tanah liat.

2. Sebagai teknik cetak yang menggunakan dua cetakan yng akan digunakan berkali-kali.

3. Teknik yang tersebar luas sebagai meliputi teknik peleburan dan teknik pencetakan yang modern.

Jenis Hasil A Cire Perdue

a-care-cetak

Pada masa perundagian akan dihasilkan berbagai benda-benda yang terbuat dari perunggu adalah sebagai berikut.

1. Bejana

Bajana sebagai bentuk dari perunggu seperti gitar tetapi tanpa batang dengan pola dekoratif dari objek yang akan dihiasi dengan ornamen yang dikepang dan akan menghasilkan dari bentuk cetakan nya.

2. Nekara

Nekara adalah semacam gua perunggu dengan pinggang di tengah dan sisi atap yang tertutup sehingga akan menghasilkan pola dekoratif dengan gambar binatang, geometri, burung, gajah, ikan laut, rusa, harimau dan manusia. Sehingga nekara akan memiliki nilai seni yang tinggi.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas materi tentang, Pengertian A Cire Perdue dalam sejarah, lengkap dengan pengertiannya, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna, sekian dan terima kasih.

Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lainnya: