Pengertian Dendam

Posted on

Assalamu’alaikum Sobat pada kesempatan ini kami akan menyampaikan Artikel tentang Pengertian Dendam – dalam islam lengkap dengan contohnya, Pengertian, makna, arti, bentuk dan ciri ciri, dan cara menghindarinya supaya mudah dipahami.

Bismillahirrahmanirrahim,,,, Pengertian Dendam adalah salah satu perbuatan dan tindakan yang akan menyesatkan karena hal ini adalah perbuatan yang di benci Alloh dan akan bersahabat dengan setan, dan akan merugikan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain, sehingga tindakan ini akan membawa dalam kesesatan.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Dendam

Pengertian-Dendam

Dendam adalah sebauh perbuatan yang sangat di benci oleh Alloh dan hal ini sebagai perbuatan yang mengandung kemarahan atau kebencian dengan nafsu yang tak terkendali, sehingga dendam adalah salah satu perbuatan setan dan hal yang paling tercela.

Maka Pengertian Dendam memicu bahaya yang dapat mengancam kita dan orang lain dan Nabi memberi kita contoh untuk menghindari perilaku dendam terhadap orang-orang yang membenci mereka.

Rasulullah selalu menunjukkan moral yang baik dengan ingin membantu musuh-musuhnya dan akan menyebabkan pintu hati akan bersih sehingga mereka secara sukarela berkomitmen pada Islam.

Mengapa pentingnya menghindari perilaku dendam karena dalam ajaran islam dengan menghindari sifat dendam sudah menjalan kan perintah Nabi dan mampu memberikan contoh perilaku yang memaafkan.

Baca Juga:  Hukum Bacaan Mim

Alloh Berfirman :

Allah-Berfirman1

Alloh Berfirman:

Allah-Berfirman2

Alloh Berfirman:

Allah-Berfirman3

Baca Juga: Pengertian Tabzir

5 Ciri Ciri Sifat Dendam

Dari beberapa pembahasan diatas maka perilaku pendendam dapat ditunjukkan dengan ciri pelaku yang tertentu.

Berikut ciri ciri sifat dendam diantaranya adalah.

1. Tidak Pernah Merasa Tenang

Dendam secara umum tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri, sehingga akan cenderung marah dan menyalahkan orang lain terutama ketika dia melihat orang-orang yang dia benci pada saat membuat kesalahan.

2. Kesal dan Ragu Menerima Kritik

Dendam tidak siap jika dikritik oleh orang lain karena merasa semua yang dia lakukan adalah benar dan enggan mengkritik hal ini akan cenderung menyamakan sarandengan kekonyolan yang mengganggu diri mereka sendiri.

3. Sangat Kejam

Orang yang pendendam biasanya bahagia ketika mereka berhasil dan melihat orang lain gagal dan sebagai sipat yang sangat kejam sehingga akan dipaksa untuk mengalahkan mereka dengan cara yang berbeda.

4. Suka Dengan Kehidupan Mewah

Balas dendam umumnya suka menyusun rencana untuk mengganggu orang yang dibenci dan sebagai sikap tidak peduli apakah kehidupannya yang sibuk telah membuang-buang waktu dan kehilangan hartanya.

5. Suka Berbuat Melampaui Batas

Dendam sebagai sikap yang melampaui batas dengan melepaskan amarahnya hal tersebut tidak memiliki belas kasih dan kesabaran, bahkan dalam hal-hal kecil.

Baca Juga: Macam Macam Tobat

Cara Menghindari Sifat Dendam

  • Menyadari bahwa sifat ini sangat berbahaya
  • Selalu ingat kepada Allah
  • Mampu memaafkan kesalahan
  • Saling menghormati sesama manusia

Ok demikian pembahasan dari kami tentang Pengertian Dendam – lengkap dengan arti dan contohnya, Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Namimah