Pengertian Israf

Posted on
Pengertian-Israf

Artikel makalah tentang, Pengertian Israf lengkap dengan artinya, dan terjemah, pengertian, makna arti, hukum, contoh, kandungan, serta cara penerapan dalam islam.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum,,, Pengertian Israf adalah salah satu tahapan dalam islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘Naturalin, dengan pengajarannya selalu memiliki Kharimah dengan membetuk moral yang baik untuk semua orang sehingga manusia dapat melakukan hal-hal yang baik.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Israf

Israf adalah salah satu perbuatan paling menjijikkan dengan menyakiti diri sendiri dan orang lain dengan sifat yang akan mengancam masa depan umat manusia, terutama di kalangan generasi muda.

Kata israf berasal dari bahasa Arab yang berarti perbatasan oranag yang akan melakukan isrof disebut musrif dengan maksud adalah dapat melakukan sesuatu yang melampaui batas yang sesuai dengan ajaran Allah.

Firman Allah:

Firman-Allah

Akibat Perbuatan Israf

setelah kita mengetahui arti dari israf dengan dalil tentang larangan berbuat israf serta hal-hal yang diketegorikan maka perlu juga mengetahui dampak dari perbuatan israf diantaranya adalah:

  • Dibenci oleh Alloh Ta’ala
  • Menjadi sahabat dari setan
  • Menjadi seseorang yang tercela dan akan menyesal
  • Akan Alloh binasakan
  • Menjadi seseorang yang tersesat

Penyebab Israf

Perilaku israf adalah sebuah tindakan yang dapat menyesatkan yang disebabkan oleh hal-hal tertentu.

Di antara penyebab sikap israf adalah:

  1. Lemahnya akal dan pikiran dalam memandang dan melakukan sesuatu perbuatan yang tidak mempertimbangkan secara benar
  2. Ingin selalu mendapat sellu pujian dari orang lain (riya’)
  3. Malas bekerja dan berpikir
  4. Lemah jiwa dan mudah terpengaruh pada perbuatan yang salah

Cara Menghindari Israf

Hal yang dapat dilakukan untuk menghindarkan perilaku israf dari dalam hati antara lain sebagai berikut.

  1. Menjauhi semua penyebabnya dan selalu bertawakal kepada Allah
  2. Berlatih mengatur pengeluaran dengan manajemen yang benar
  3. Memahami segala akibatnya jika bersikap berlebihan
  4. Mengingat keadaan fakir atau kalau suatu saat jatuh miskin
  5. Menyalurkan harta melalui zakat, sedekah, dan infak

4 Macam Macam Israf

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macam israf diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Israf Berbicara

Israf Berbicara adalah salah satu perbutan atau perilaku yang dibesar-besarkan saat berbicara sehingga akan menyebabkan hasil yang buruk dengan ucapan yang berlebihan bahkan akan dibenci orang lain.

Perbuatan ini sangat berbahaya dan akan memalukan orang lain dengan apa yang diucapkan itu belum tentu benar sehingga dapat mencemarkan nama baik orang lain.

Karena Nabi mengingatkan kita untuk selalu berbicara secara lisan sehingga tidak mudah untuk berbicara berlebihan dan jika tidak bisa mengatakan hal yang baik lebih baik diam.

2. Israf Dalam Menuntut Hak

Israf Dalam Menuntut Hak hal ini adalah salah satu perbutan yang dilakukan dalam keadaan umum dan kadang-kadang muncul dalam tindakan yang bersifat salah karena perbuatan dengan membabi buta menuntut hak.

Contohnya:

” ketika kita merasa sakit hati dengan tindakan orang lain maka kita merasa terluka dan akan mencoba bereaksi yang berlebihan bahkan melakukan perbutana yang melampaui batas”.

3. Israf Beraksi

Israf Beraksi adalah salah satu perbuatan yang dilebih-lebihkan pada saat melakukan sesuatu yang membuatnya terlihat palsu dengan menunjukan sikap yang berlebihan hal ini tentunya tidak disukai orang lain.

Contohnya:

“Misalnya, membesar-besarkan saat menjelaskan sesuatu dengan gaya berlebihan, berpakaian berlebihan (tanpa menggunakan sopan santun), dan membesar-besarkan saat mengendarai mobil baru.”

Israf Beraksi adalah tindakan yang terlalu reaktif dan biasanya muncul dari ketidaktahuan atau ketakutan dari pelaku terhadap sesuatu yang dia hadapi.

4. Israf Makan dan Minum

Israf makan dan minum adalah salah satu perbuatan yang dibenci oleh Allah Swt karena dalam menyediakan segala yang ada di bumi hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Melakukan makan dan minum lebih banyak dari yang butuhkan akan berdampak buruk bagi tubuh sehingga akan menjadikan tubuh yang mudah lelah.

Contoh Israf

Dari ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberpa contoh dari perbuatan Israf diantaranya adalah sebagai berikut.,

1. Menambahkan tingkat kemampuan dengan berlebihan dalam hal makan karena makan dapat menyebabkan hal-hal yang terlalu negatif dalam struktur tubuh manusia.

2. Kemewahan saat makan dan minum dan tidak perduli dengan orang lain berarti sudah melakukan perbutan yang buruk.

3. Menyusun hal-hal yang tidak baik

Itulah pembahasan dari kami artikel yang mengenai Pengertian Israf, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya.