Pengertian Tangga Nada

Posted on

Halllo sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Materi Pengertian Tangga Nada dalam seni musik, meliputi dari pengertian, ciri, jenis, contoh dan gambar supaya dapat mudah dipahami.

Apa itu Tangga Nada – adalah bentuk seni musik yang memainkan alat dengan bentuk gerakan yang memiliki sifat dengan didekorasi sebagai elemen dalam posisi manufaktur yang sesuai dengan hasil karya dalam seni musik.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Pengertian Tangga Nada

Pengertian-Tangga-Nada

Tangga Nada adalah sebuah pengaturan yang diatur dengan menggunakan rumus interval nada yang tertentu pada jarak antara satu not dan jarak jarak ½, 1, 1 ½ dan 2.

Dalam hal ini juga dapat menentukan variasi catatan dan jenis skala dalam diatonis dan timbangan pentatonik dan timbangan kromatik, dan akan terdapat bagian terpenting dalam seni musik.

Hal ini juga salah satu elemen seni musik yang harus kita pelajari dan kita harus kuasai sehingga dapat mencapai hasil maksimal dalam musik, dengan mendengar dengan baik.

Dari berbagai elemen memiliki nada yang berbeda dan yang cocok dengan lagu ketika kita ingin memutar musik sebagai salah satu elemen lagu paling penting dalam pembelajaran musik.

Pengertian Tangga Nada Secara umum bagian-bagian dari masing-masing nada akan terbentuk dalam divisi, dan dapat membaca bahasa musik dengan mudah.

Baca Juga: Teknik Pengolahan Makanan

Asal Usul Tangga Nada

Dalam penemuan tanga nada pada 1.400 SM. SM di Ugarit yang tulisan persegi ditemukan yang menyanyikan lagu-lagu di Huri dengan semacam notasi yang dapat menyalin atau menyanyi kan lagu.

Dalam membuat nada untuk musik tanpa adanya notasi musik standar atau tertulis makan akan terlihat di teratur dan notasi nya akamn berantakan.

Pada abad kesebelas (995-1050) tangga nada di dirikan oleh seorang penemuan yang bernama Guido von Arezzo untuk mengajarkan cara mudah memainkan tangga nada.

Baca Juga: Seni Kriya Gerabah

Macam Macam Tangga Nada

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas pada saatnya kita mengetahui macam macam tangga nada dalam seni pentas musik, diatonis dan pentatonis, diantaranya adalah sebgai berikut:

1. Tangga Nada Diatonis

Hal ini adalah salah satu skala nada dengan tingkatan 7 nada dan 2 jenis interval nada dan ½ (setengah) nada.

Berikut 3 jenis tangga Nada Diatonis dan penjelasannya.

a. Tangga Nada Minor Asli adalah salah satu skala notasai yang lebih kecil dan hanya berisi catatan dasar dan tidak ada sisipan adalah A-B-C-D-E-F-G-A dan dapat du gunakan sebagai tanda yang berwarna.

b. Tangga Nada Minor Harmonis adalah salah satu skala nitasi nada yang dasarnya pada not ke-7 di dinaikkan dengan ½ nada dengan peranan not tetap sama.

c. Tangga Nada Minor Melodis adalah salah satu skala notasi yang di dasarnya pada not ke-6 dan ke-7 dan akan dinaikkan pada ½ note saat naik dengan sebesar ½.

2. Tangga Nada Pentatonis

Tangga Nada Pentatonis adalah skala pentatonik dengan lima petikan yang hanya menggunakan 5 nada yang utama dengan notasi blues, rock’n’roll, dan akan di bagi menjadai bagian menyusun nada 1 – 2 – 3 – 5 – 6 .

3. Tangga Nada Kromatis

Tangga Nada Kromatis adalah salah satu notasi nada yang menggunakan 12 petikan nada yang berjarak 1/2, dan akan dipengaruhi oleh tanda kromatis adalah (kruis) dan b (mol).

Tanda ini juga hanya menggunakan lima nada utama dalam jarak antara nada dan pilihan nada yang akan didengar dengan menggunakan Pelog dan Slendro.

Nah sobat sekian pembahasan dari Rumussoal.com ulasan tentang Pengertian Tangga Nada semoga pembahasan ini mudah di pahami, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: