Qadarullah Artinya

Posted on
Qadarullah Artinya

Qadarullah Artinya – Merupakan istilah dalam sebuah bahasa yang memiliki arti kehendak, hukum, atau bisa juga di katakan sebagai perintah. Akan tetapi jika menurut istilah yang ada Qadarulla sendiri berasal dari kata kadar, yang dapat di artikan sebagai nasib atau kehendak.

Untuk lebih jelasnya mengenai ulasan tersebut langsung saja mari kita simak mengenai artikel yang terdapat di bawah ini …?

Pengertian

Qadarullah tulisan arab ( قَدَرُ اللَّ ) ini secara istilah mempunyai arti hukum, ketetapan serta kehendak namun dapat di katakan juga sebagai sebuah perintah.

Qadarullah sendiri secara garis besar terdiri atas dua kata di antaranya yaitu: qadar serta Allah yang memiliki arti kata sebagai berikut :

  1. Qadar قَدَرَ – يقْدر yang mempunyai arti kuasa, kehendak, serta takdir
  2. Allah الله mempunyai arti satu-satunya Rabb “Tuhan” yang haq “benar” yang wajib di sembah dan di ibadahi dengan benar.

Sehingga dengan begitu akan dapat dimengerti mengenai arti qadarullah adalah takdir Allah. Lengkapnya seperti : Qadarullah Wama Sya’a Fa’al. Qadarullah: “arab: ( قدر الله وما شاء فعل.)

Padahal, Qadarullah tidak hanya harus diketahui tapi juga diyakini. Ini karena keyakinan pada Qadarullah merupakan salah satu indikator sempurna keislaman seseorang.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim tidak cukup hanya mengetahui arti qadarullah saja, sebab bagaimanapun, hati dan pikirannya harus percaya bahwa Qadarullah benar-benar ada.

Sungguh, keberadaan alam semesta beserta isinya, termasuk semua peristiwa yang terjadi di dalamnya, adalah sebagian kecil dari Qadarullah.

Namun terkadang kita sering lupa bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah tekad dan kehendak Tuhan, kehendak segalanya. Karena kadang sulit bagi sebagian dari kita untuk menerima akibat bahwa keadaan tidak berjalan sesuai harapan atau pernah dilanda bencana alam,

Makna Qadarullah

Arti kata ini bukan hanya ekspresi takdir bagaimanapun, kata ini memiliki arti dan konsekuensi bagi semua muslim. Nasib secara harfiah berarti sesuatu yang telah digariskan Tuhan untuk umat manusia.

Ada takdir yang baik, ada takdir yang buruk juga. kedua jenis nasib ini terjadi secara bergantian dalam kehidupan seseorang.

Tapi tahukah anda apa arti sebenarnya dari takdir menurut ajaran Islam? Mengapa kita harus percaya pada nasib Allah Swt? Sahabat, kita harus meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan dan juga di alam semesta ini adalah garis yang ditulis oleh Allah Swt.

Istilah Qadarullah berarti takdir Allah Swt mencakup segala sesuatu yang terjadi di alam semesta.

Baik itu terjadi pada manusia, hewan, tumbuhan atau alam itu sendiri. Nasib Allah Swt, baik dan buruk, adalah bukti kesaktiannya yang besar dan agung.

Nasib adalah bukti bahwa Allah SWT tidak pernah tidur dan selalu mengontrol segala sesuatu di alam semesta. Segala urusan makhluk di dunia ini adalah kehendak Allah Swt.

Segala sesuatu yang terjadi detik demi detik adalah persediaan Tuhan. Bahkan daun-daun yang berguguran tidak akan terjadi jika Allah Swt tidak menginginkannya.

Apa yang bisa dipelajari dari kekuasaan Allah SWT? Sahabat, kita harus selalu berbaik hati terhadap segala takdir Allah Swt.

Tidak ada satupun kejadian dalam kehidupan seorang sahabat tanpa makna yang dijelaskan oleh Allah Swt. Apapun yang terjadi, sahabat harus selalu percaya bahwa takdir Allah adalah yang terbaik.

Hikmah Percaya Takdir Allah Swt

Tidak semua orang bisa mengabdikan diri pada nasib Allah yang utuh. Nyatanya, sedikit umat Islam yang bisa tetap bersyukur dan selalu memiliki prasangka baik terhadap Allah meski sedang dilanda cobaan.

Ketika seorang muslim percaya bahwa takdir adalah yang terbaik dari Allah, hidupnya menjadi lebih damai.

Mengapa seorang muslim di anjurkan agar harus selalu berpikir positif tentang nasib yang di berikan oleh Allah, dengan selalu ikhlas dan sabar dengan ketentuan Allah.

Karna hal tersebut dapat memberikan hikmah dan keperayaan kita terhadap Allah di antaranya seperti :

  • Menghormati takdir dengan ikhlas adalah bukti bahwa kita hanyalah hamba yang lemah di hadapan Allah. Kami menjadi rendah hati dan selalu meminta bantuan Sang Pencipta.
  • Untuk menyelamatkan umat Islam dari prasangka dan hujatan Allah Swt.
  • Bebaskan diri anda dari keputusasaan saat sebuah cobaan datang.
  • Agar umat Islam menyadari bahwa apa yang baik bagi manusia belum tentu baik menurut Allah Swt.
  • Kami selalu merasa dekat dengan Allah Swt.
  • Ciptakan kedamaian, ketenangan dan kesabaran di hati manusia.
  • Tidak mudah berubah menjadi arogansi dan melupakan Allah Swt ketika memiliki keberuntungan, kesuksesan, kekayaan dan kegembiraan lainnya.

Nah demikianlah kiranya yang dapat rumussoal.com sampaikan mengenai artikel tentang Qadarullah mudah-mudahan dapat berguna dan bermanfaat bagi sahabat semuanya.

Sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>