Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Sejarah Singkat Jaringan Komputer Di Indonesia dan Dunia Serta Perkembanganya – lengkap dengan pengertian, manfaat, jenis dan ulasan singkat, supaya dapat lebih mudah untuk dipahami.

Jaringan Komputer – Adalah sebuah penghubung antara sesama user atau device guna menyebarkan informasi dan bertukar data, jaringan komputer berperan penting dalam bagian dari teknologi saat ini.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Pengertian Komputer Adalah

jaringan-komputer

Jaringan Komputer adalah jaringan atau telekomunikasi yang dapat menghubungkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data melalui perangkat satu sama lain.

Sejarah jaringan komputer ini dimulai dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang dibuat oleh proyek untuk pengembangan komputer di laboratorium Bell dan group riset dari Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

Pada awalnya penemuan tersebut hanya digunakan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk keperluan bersama, pemikiran saat itu adalah untuk mengerjakan beberapa pekerjaan tanpa membuang waktu yang terlalu banyak, maka mulai dibuatlah proses terstruktur, sehingga  program bisa dijalankan lebih dari satu komputer.

Sejarah Jaringan Komputer Di Indonesia

komputer

Pada era 1980 sampai pertengahan tahun 1990-an, jaringan IntraNet (jaringan privat yang menggunakan protokol internet tcp/ip) di kampus kampus merupakan kunci awal perkembangan jaringan komputer di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Tik

Pada saat itu, hanya ada sambungan internet di lingkungan sekitar yang sangat terbatas dikenal sebagai Local Area Network (LAN), jaringan itu hanya di pakai di lembaga tertentu seperti:

  • Lembaga Pendidikan
  • Lembaga Pemerintahan
  • Perusahaan besar milik pemerintah

Mulai dari ide ingin mengembangkan sambungan internet LAN, di kalangan pendidik tinggi dengan para pakar IT dan Ilmuwan, mereka berinisiatif untuk mulai mengembangkan seputar teknologi jaringan internet yang ada pada saat itu.

Baca Juga: Cookies Internet Adalah

Pemikiran mereka tentang bagaimana cara mengembangkan jaringan komputer menjadi suatu media telekomunikasi yang akan memudahkan proses pertukaran data tidak hanya dalam satu lingkungan bahkan antar lembaga atau kampus yang berjauhan.

Hal itu pun dimulai melalui berbagai penelitian di lembaga pendidikan di bidang yang berhubungan dengan teknologi pada saat itu khususnya di komputer dan jaringan, sejak 1988 ada pengguna awal internet di indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Beberapa nama legendaris pada pembangunan jaringan komputer di indonesia antara lain:

  • Suryono Adisoemarta
  • Robby Soebiakto
  • Onno W. Purbo
  • RMS Ibrahim
  • Firman Siregar
  • Adi Indrayanto

Berawal dari teknologi radio paket 1200bps, mereka memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET dan akses jaringan di berikan secara gratis kepada rekan rekan yang lain, disekitar tahun 1994 mulai beroprasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya, IndoNet merupakan ISP pertama di Indonesia.

Baca Juga: Kapasitas Ram

Sejarah Jaringan Komputer Di Dunia

Sejarah jaringan Komputer dunia dimulai dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang dibuat oleh proyek untuk pengembangan komputer di laboratorium Bell dan group riset dari Harvard University yang dipimpin profesor Howard Aiken.

Kemudian, pada tahun 1950-an, ketika komputer mulai berkembang sebuah komputer harus dapat bekerja pada beberapa tempat guna memenuhi kebutuhan pekerjaan pada saat itu sampai akhirnya telah didapatkan sebuah konsep dalam bidang distribusi proses berdasarkan waktu.

lagi-sejarah-1

Untuk pertama kalinya juga saat itu jaringan komputer diaplikasikan, pada TTS beberapa terminal terhubung secara acak ke sebuah komputer yang terhubung dalam satu jaringan komputer tidak di tempat yang berbeda.

Tahun 1973 dikenal sebagai kelahiran internet atau jaringan internasional, Vinton Cerf dan Bob Kahn adalah dua orang ahli komputer yang mengembangkan sebuah jaringan yang sifatnya sangat luas juga dapat digunakan oleh semua orang di dunia.

Baca Juga: https://sanggarananda.id/

Berikut Beberapa Contoh Jenis Jaringan Komputer

jaringan

1. Jenis LAN

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, atau kantor dan memiliki peralatan jaringan sendiri dan koneksi yang dikelola secara lokal.

2. Jenis MAN

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna komputer dengan sumber daya komputer pada sebuah area geografis atau area yang lebih besar dari yang tercakup oleh LAN, tetapi lebih kecil dari area yang tercakup oleh WAN (wide area network).

3. Jenis WAN

WAN (wide area network) adalah jaringan komputer yang membentang di atas jarak geografis yang sangat luas, seperti seluruh negara atau seluruh dunia, jaringan komputer jenis WAN biasanya terdiri dari beberapa jenis jaringan yang lebih kecil, seperti LAN dan MAN.

Jadi, sekian dulu ya sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai Sejarah Singkat Jaringan Komputer di Indonesia maupun di Dunia, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainya: