Tari Mancanegara

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Jenis Tari Mancanegara dan keunikannya – lengkap dengan pengertian, jenis, unsur, fungsi, dan gambar supaya mudah dipahami.

Tari mancanegara – adalah salah satu jenis tarian yang berkembang dan tumbuh di luar Indonesia atau di luar nusantara.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasn di bawak ini…?

Tari Mancanegara Adalah

Tari-Mancanegara-1

Tari Mancanegara adalah salah satu jenis tarian yang pada dasarnya tarian ini sebagai peranan dari tari adat yang berasal dari daerah.

Untuk supaya kita mengenali dan mengetahui tari adat mancanagera, maka kali ini dan pada kesempatan kami akan hadirkan keterangan-keteranganya untuk semua, nama-nama tarian dari mancanegara diambil oleh berbagai negara dan tidak hanya 1 negara saja.

Jenis Jenis Tari Mancanegara

Tetapi tidak juga mewakili semua negara yang ada di dunia ini, tepatnya, hanya tarian yang populer saja yang kita sajikan untuk para pembaca, penjelasanya seperti dibawah ini:

1. Tari Zapin (Malaysia)

tari zapin

Tarian tradisional Zapin ini merupakan tarian yang sangat populer dan terkenal di negeri Johor (bagian daerah-daerah melayu), asal dari kata Zapin ini ialah Al-zaffan yakni yang berarti gerak kaki.

Pada umumnya sebagai tarian hiburan di dalam istana yang dibawa oleh Hadramaut, Yang mana Selatan oleh para pedagang Arab pada abad ketigabelas (ke-13) yang bertujuan untuk digunakan pada amalan berzikir dalam menyebarkan pengetahuan mengenai sejarah peradaban Islam di Malaysia.

Pada saat ini tarian zapin masih dipersembahkan didalam berbagai acara di Malaysia contohnya hiburan masyarakat dan masih banyak lagi.

2. Tari Adat Perut (Timur Tengah)

 Tari Adat Perut

Tari Adat Perut di pentaskan bertujuan untuk saranana penggoda pada zaman dahulu kepada para raja raja, pasa saat berjalannya waktu, fungsi tarian yang berasal dari Negara Timur Tengah ini pun semakin berubah, kebanyak orang bisa menikmati tarian ini.

Bermacam-macam kegiatan bisa dipertunjukan untuk menampilkan tarian ini, seperti contohnya pada saat pesta pernikahan dalam negeri, kelahiran (syukuran) sang bayi dan festival didalam komunitas tertentu, pastinya masih sangat banyak acara lainnya yang bisa memakai tarian ini.

3. Tari Adat Akiu No Taue Odori

 Tari Adat Akiu No Taue Odori

Tari akiu no Taue odori ialah tari yang berasal dari Negara Jepang, pada gerak – gerakanya akan menirukan gerakan orang sewaktu sesang menanam padi di kota Akiu, Prefektur Miyagi, Taihaku-ku, Sendai, Jepang.

Tari menanam padi ini dimainkan kurang lebih sepuluh orang penari yang berperan sebagai saotome atau para gadis muda penanam padi, musik pengiring tarian ini yang disebut hayashi diperankan dengan alat musik khas Negri Jepang yang bernama taiko dan Suling.

4. Tari Tradisional Morris (Inggris)

Tari Tradisional Morris (Inggris)

Tarian Tradisional Morris dulnya hanya diperankan oleh para lekaki saja, namun sekarang siring berkembangannya waktu, semua itu bisa menampilkan tari ini didalam berbagai pentasan.

Pada umumnya kostum yang digunakan pada tari Morris yang mereka gunakan ialah baju putih, topi dengan hiasan bunga-bunga, dan selempang 2 warna yang diselipkan bel kecil, para penari ini juga memegang tongkat kecil atau bisa juga sapu tangan.

5. Tari Adat Buffalo

Tari Adat Buffalo

Tari Buffalo yaitu tari yang di bawakan sebagai perasaan dalam rasa syukur atas keberhasilan mereka dalam perburuan kerbau, jumlah para penari yang membawakan tari Buffalo ialah 8 orang.

Dengan mengunakan kulit kerbau di punggung mereka, dan mewarnai tubuh mereka dengan warna putih, pada tarian tradisional ini, para penari tarian berusaha menirukan tingkah dan laku kerbau saat sedang dipadang rumput, setiap para penari mengunakan beberapa tangkai dari daun willow yang berwarna hijau di atas kepalanya.

6. Tari Adat Flamenco

 Tari Adat Flamenco

Spanyol Selatan ialah daerah dari tarian dan musik Flamenco, seiring waktu dan seiring dengan menyebarnya budaya dari Bizantium, Roma, elemen Moor dan Sephardic, maka kunci sukses yang mempengaruhi  dalam perjalanan tarian Flamenco ini, pengaruh itu menyatu di daerah dekat Reconquista.

Beda dengan tari Limbo, asal – usul kata Flamenco tidak jelas, kabar yang didapat tidak pernah dicatat sampai akhir abad 18. 

7. Tari Tradisional Singa Barongsai

Tari Tradisional Singa Barongsai

Tarian Singa juga yakni tarian yang berasal dari Negara Cina, para penari nantinya akan mengikuti pergerakan pada singa dan mereka menggunakan kostum singa.

Kostumya mengunakan kostum singa dan pada tarian singa dimainkan oleh 2penari singa, tarian singa ini nantinya akan diiringi oleh alat musik khas seperti gong, dram, dan dentuman mercon yang dipercaya itu akan membawa kebaikan.

8. Tari Tradisional Naga (China)

Tari Tradisional Naga (China)

Menurut mitologi cerita rakyat china, naga melambangkan keningratan, keningratan, kegagahan, dan keberuntungan, sebab itu tarian naga sering dipakai untuk mengusir hantu dan membawa keberuntungan untuk semua orang, tidak semua orang akan bisa memainkan tari ini, sebab para penari biasanya mempunyai kemampuan bela diri yang tinggi.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Tari Mancanegara dan keunikannya, semoga materi ini dapat bermanfaat dan mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>