Teknik Olah Tubuh

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Teknik Olah Tubuh dalam teater – lengkap dengan pengertian, bentuk, jenis dan macam macam gerakannya, supaya mudah dipahami.

Teknik Olah Tubuh – adalah salah satau bentuk tata cara melakukan sesuatu organisasi gerakan pada segenap gerakan bagian tubuh manusia atau hewan dalam rangka meraih suatu tujuan tertentu.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasn di bawak ini…?

Pengertian Olah Tubuh

Teknik-Olah-Tubuh

Olah Tubuh Teater adalah sebuah program pada latihan untuk menaikan kemampuan, keseimbangan dan juga kesehatan pada fisik, mental dan juga spiritual, body Movement dan juga spiritual berasal dari ilmu gerak.

Modern ritmic dance,olahraga, yoga, gymnastic, body contact, capoeira, parkour, dan juga free style) dan pada pernafasan Putut Budi Santosa, atau disebut dengan tulisan singkat.

Pengertian dari pengolahan tubuh bagi seseorang penari atau yang sering disebut juga olah tubuh ialah suatu kegiatan dimana manusia mengolah tubuh dengan sengaja dan membuat barang atau bahan yang mentah menjadi barang yang sudah jadi sehingga siap untuk  digunakan.

Pada kegiatan ini berisi maksud yakni sebagai usaha untuk mempersiapkan organ tubuh kita dalam keadaan yang stabil atau normal dan akan menjadi kondisi yang sudah staabil (lentur atau mudah untuk bergerak).

Perkataan pada olah tubuh mempaparkan bahwa tekanan pada aktifitas pada pengolahan pada tubuh manusia seutuhnya akan meliputi jiwa dan raga dan nanti akan menjadi satu kesatuan.

Olah tubuh ialah cara untuk melakukan sesuatu organisasi gerakan dengan segenap gerakan bagian manusia ataupun binatang didalam rangka mencapai tujuan dari suatu tujuan tertentu.

Latihan pada olah tubuh juga sangat penting untuk latihan sikap, pada Sikap diatas panggung sangatlah berbeda dengan sikap pada saat diluar panggung, sikap ini diperlukan untuk kesadaran yang penuh didalam memberi energi kepada semua penonton, dan juga dapat menarik energi dari para penonton.

Olah tubuh pasti sangatlah penting dan sangat bermanfaat untuk kelenturan pada tubuh , tubuh mempunyai memori, jadi seseorang penari jika mereka banyak latihan olah tubuh sama saja dengan menabung geraknya, tubuh yang sudah biasa bergerak dengan sendirinya nantinya akan mudah memberikan apa yang diinginkan oleh pikiran.

Belajar olah tubuh juga bisa mempunyai rentang gerak yang sangat luas atau (wide range of motion), misalnya mengolah jari-jari pada kaki tidak hanya menaikan saja jari kaki ke atas namun juga lurus (point) itu akan memperluas kelenturan dan juga kosa pada gerak otot-otot kaki

Baca Juga: Contoh Interval Training

Bentuk Olah Tubuh

OLAH TUBUH
  • Fleksibilitas pada tubuh akan meningkat dan tubuh bisa menerimaperintah apapun, yang artinya menerima pada gerak tari.
  • Mempunyai kemampuan pada gerak yang akan semakin besar.
  • Rangsangan pada tubuh untuk selalu bergerak akan semakin meningkat sebab daya tahan tubuh optimal.
  • Daya tangkap juga akan masukan gerak menjadi semakin tinggi.
  • Tidak menjadi malas dan juga akan selalu kreatif.

Dengan olah tubuh, otak kita akan selalu berkomunikasi dengan lingkungan sekitar (tari), pada otak secara tidak langsung akan ikut dan langsung termotivasi atau berolah raga untuk otak.

Olah tubuh akan menghasilkan aksi-reaksi dan interaksi pada tubuh itu sendiri dan juga akan memberi efek bagi kepekaan yang semakin tinggi, kekuatan pada tubuh bagi obyek ataupun subyek.

Dengan syarat harus melakukan secara kontinyu dan sangat benar maka itu akan berdampak pada tubuh menjadi lebih mudah melakukan aktivitas, selanjutnya akan disimpulkan bahwa olah tubuh ialah suatu proses dimana dalam kegiatannya harus dilampaui oleh seorang penari.

Dengan cara latihan yang teratur dan serius, mempunyai disiplin yang tinggi untuk melatih otot-otot, daya ingat, memberikan kekuatan, persendian stamina, ketahanan dan juga kelenturan supaya menghasilkan kekuatan fisik dan ekspresi didalam tarian.

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Jauh

11 Macam Teknik Gerakan Olah Tubuh

olah tubuh1

1. Teknik Pemanasan

Teknik Pemanasan adalah teknik dalam gerakan dengan peregangan otot yang mempersiapkan tubuh supaya mudah melakukan gerakan sehingga dalam melakukan aktivitas ini dapat mudah di lakukan.

2. Teknik Daya Tahan Stamina

Teknik Daya Tahan Stamina adalah sebuah kemampuan dalam kegiatan fisik yang sangat berat dan mempunyai daya tahan tubuh yang sangat maksimal, dalam menjaga otot – otot perut, tangan dan kaki.

3. Teknik Intensitas gerak

Teknik Intensitas gerak adalah salah satu teknik latihan olah tubuh dengan melakukan berbagai gerakan yang sesuai dengan kebutuhan dari karakter pada gerak.

4. Teknik Proses Pembentukan

Teknik Proses Pembentukan adalah salah satu gerakan untuk menghasilkan rangkaian gerak dengan tepat dan harus dilakukan dengn berpindah tempat.

5. Teknik Gerak Putaran

Teknik Gerak Putaran adalah sebuah gerakan yang sedang dilakukan tubuh atau anggota tubuh dengan berbagai gerakan dengan cara memutar tubuh atau memutar anggota tubuh.

6. Teknik Gerak Bergetar

Teknik Gerak bergetar adalah salah satu teknik yang biasanya disebut juga sebagai vibrasi dengan cara menggetarkan seluruh tubuh atau seluruh anggota tubuh.

7. Teknik Gerak Patahan

Teknik Gerak Patahan adalah salah satu cara menggerakkan badan atau tubuh dengan cara mematah-matahkan pada bagian persendian dengan gerakan memanjangkan anggota-anggota tubuh.

8. Teknik Birama

Teknik Birama adalah bentuk dari latihan gerak dengan hitungan dan dapat diulang dengan beberapa kali tujuannya dapat melatih konsentrasi dan daya ingat.

9. Teknik Pengembangan Gerak

Teknik Pengembangan Gerak adalah salah satu gerakan diberikan dan dikreasikan sesuai dengan pada kemampuan dalam membetuk gerak-gerak yang kreatif.

10. Teknik Garis Lurus

Teknik Garis Lurus adalah salah satu teknik gerak yang sederhana tetapi terkesan sangat kuat.

Contohnya:

Gerakan segitiga, segiempat dalam bidang olah tubuh.

11. Teknik Gerakan Lantai

Teknik Gerakan Lantai adalah suatu gerakan pada garis-garis yang dilakukan dilantai yang dengan gaya dan gerakan olah tubuh.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Teknik Olah Tubuh, semoga materi ini mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: