Teknik Pengolahan Makanan

Posted on

Hallo sobat semua rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel materi tentang Teknik Pengolahan Makanan panas dan dingin – lengkap dengan pengertian, ciri ciri, mekanisme proses dan contoh supaya mudah di pahami.

Teknik Pengolahan Makanan – adalah salah satu proses dalam pembuatan makanan yang menggunakan teknik pemanasan tertentu untuk menghasilkan makanan yang akan dimasak, sehinga makan akan mudah si santap dengan makanan yang lezat, dan akan meningkatkan nilai gizi dan meningkatkan penampilan pada makanan.

Langsung saja simak pemabahasan di bawah ini..?

Pengolahan Makanan Adalah

Teknik-Pengolahan-Makanan

Pengolahan makanan adalah salah satu kumpulan metode dan teknik yang digunakan dalam mengubah bahan baku dalam makanan atau makanan menjadi bentuk siap di konsumsi dari industri makanan.

Secara umum mengolah makanan dengan memasak, memanggang, atau membuat kue dengan melakukan pengolahan dalam ilmu makanan dan akan membutuhkan teknik pemrosesan yang khusus yang sesuai dengan sifat-sifat nya.

Salah menggunakan teknik pengolahan maka dapat mengurangi rasa dan bahkan nilai gizi makanan dalam pembuatan dengan cara panas dan basah basah.

Pengolahan makanan juga dapat melibatkan memasak makanan dengan sedikit air dan minyak dengan metode memasak dalam teknologi panas dan kering.

Baca Juga: Not Lagu Ambilkan Bulan Bu

3 Mekanisme Pengolahan Makanan

penjelasan singkat di atas maka disini juga akami akan memberikan tiga mekanisme dalam pembuatan dengan pengolahan makanan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Persiapan makan / makanan

Saat menyiapkan makanan, semua makanan disiapkan yang diperlukan sebelum diproses, proses persiapan makanan yang disebutkan dalam penelitian ini sebuah kegiatan khusus dengan persiapan makanan atau rempah-rempah.

2. Pemrosesan makanan / makanan

Pemrosesan makanan sebuah rangkaian dan kegiatan yang mengubah bahan makanan mentah menjadi makanan siap saji, dalam pengolahan makanan yang dilakukan oleh juru masak hingga proses memasak.

3. Makanan dan presentasi makanan

Adalah sebuah proses pendistribusian dalam penyajian makanan yang terjadi setelah semua pemrosesan selesai dan makanan siap akan disajikan.

Baca Juga: Not Lagu Cicak Cicak Di Dinding

Proses pengolahan Makanan

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan ulasan tentang bagai mana proses dalam pengolahan makanan.

  • Blanching – adalah proses yang di mana makanan akan cepat dimasak dalam air panas dan dimasak dalam waktu singkat, kemudian disegarkan untuk menghentikan proses memasak.
  • Boiling – adalah makanan dalam air yang mendidih dari makanan yang dimasak dan bisa sepenuhnya direndam.
  • Poaching – Memasak makanan dalam cairan panas dalam jumlah kecil dengan suhu di bawah titik didih (77-82 ° C). Temperatur ini tercapai ketika pergerakan air mendidih tidak melepaskan gelembung udara (gelembung udara pecah di bawah permukaan air).
  • Braising – adalah sebuah proses makanan dalam makanan yang dimasukkan ke dalam oven dan digunakan dalam teknologi braising dengan penyimpanan tempat yang tertutup rapat.
  • Rebusan – Rebusan adalah memasak makanan dalam air, dan jumlah yang sesuai dengan jumlah pada bahan yang dimasak pada suhu 120 ° C hingga 140 ° C.
  • Mengukus – adalah salah satu teknologi uap yang diproses, misalnya, dengan air yang mendidih (100 ° C) pada tempat yang tertutup.
  • Panggang – adalah memasak dengan memanggang yang umumnya dengan alat seperti oven dan biasanya digunakan untuk membuat roti, disebut dengan memanggang.
  • Barbekyu – adalah sebuah Proses memasak dengan arang panas dan menggunakan panggangan dengan membentuk aroma khas dalam makanan.
  • Barbekyu – adalah metode memasak dalam adat tradisional karena dengan keunikannya yang diubah menjadi bara api.
  • Panggang datar – adalah sebuah teknik dengan memanggang yang digunakan dalam memanggang shalow atau cara memasaknya dengan wajan atau teflon.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang, Teknik Pengolahan Makanan, lengkap dengan makanan panas dan basah, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya: