Alinea Adalah

Posted on

Hallo Guys Rumussoal.com kali ini kami akan meyampaikan sebuah artikel dengan judul Alinea Adalah Bahasa Indonesia– lengkap dengan pengertian, fungsi, jenis dan contohnya.

Alinea Adalah – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, paragraf adalah bagian dari wacana yang mengungkapkan suatu pemikiran atau topik secara lengkap, diidentifikasi secara tertulis dengan baris pertama yang diindentasi atau dijauhkan.

Menurut para ahli, paragraf merupakan satuan bentuk ujaran yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.

Paragraf diperlukan untuk mengungkapkan gagasan kalimat yang lebih luas dari perspektif komposisi.

Paragraf sebenarnya sudah masuk ke bidang wacana atau esai, karena esai formal sederhana hanya boleh terdiri dari satu paragraf.

Tanpa kemampuan menulis paragraf, mustahil seseorang bisa menulis esai.

Makna paragraf penting untuk dipahami oleh penulis. Saat kami sedang menulis makalah, kami pasti tidak bisa lepas dari paragraf.

Ya, paragraf atau yang sering disebut dengan paragraf. Kita sering bertemu, tapi mungkin banyak yang belum paham apa itu fungsi dan arti paragraf.

Pemahaman Alinea Berdasarkan Pendapat Oleh Para Ahli

Paragraf disebut juga sebagai istilah yang lebih umum yaitu, paragraf yang berasal dari bahasa Yunani dan dimasukkan ke dalam bahasa Inggris.

Paragraf bagian dua kata, yaitu “para” dan “sebelum” atau “grafein” yang berarti sebuah “tulis atau gores”.

Akhaidah and Friends (1999: 144) – Menurut Akhaidah et al. Paragraf atau paragraf merupakan inti dari penuangan pemikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam suatu paragraf atau paragraf, dimulai dengan kalimat pengantar, kalimat utama atau kalimat subjek, kalimat penjelas, dan kalimat akhir.

Arifin dan S.Amran Tasai (2006: 125) – Pengertian paragraf menurut para ahli di Arifin dan Tasai adalah bahwa paragraf merupakan rangkaian kalimat yang membahas suatu gagasan atau topik.

Kalimat dalam sebuah paragraf atau paragraf menunjukkan kesatuan pemikiran atau memiliki keterkaitan dalam pembentukan ide atau subjek.

Ramlan (2010: 23) – Pengertian Alenia dan Paragraf menurut para ahli dari Ramlan adalah bahwa paragraf merupakan bagian yang terdiri dari rangkaian kalimat yang mengungkapkan suatu satuan informasi, dengan menggunakan gagasan pokok sebagai kontrolnya.

Gorys Keraf (1979: 62) – Pengertian paragraf menurut pakar atau paragraf merupakan unit pemikiran yang lebih tinggi dan lebar dari sebuah kalimat dan hadir dalam bentuk kumpulan kalimat terkait secara berurutan untuk membentuk gagasan.

Lamuddin Finoza (2004, 149) – Pengertian paragraf, menurut para ahli, bahwa paragraf atau paragraf merupakan satu kesatuan bentuk wicara, biasanya merupakan hasil gabungan dari beberapa kalimat.

Ahmadi (1991: 1) – Pengertian paragraf, menurut para ahli, adalah satuan pemikiran atau perasaan, susunan yang teratur dari satuan kalimat dan fungsi yang lebih kecil sebagai bagian dari satuan yang lebih besar dalam komposisi keseluruhan.

Widjono (2007: 174) – Pengertian paragraf menurut para ahli memiliki banyak arti yaitu, paragraf sebagai esai mini, suatu kesatuan bahasa yang tersusun dari beberapa kalimat yang disusun secara berurutan dan logis dalam suatu gagasan yang lengkap, utuh dan runtut.

Pengertian paragraf menurut ahli merupakan bagian dari sebuah karangan yang terdiri dari rangkaian kalimat yang mengungkapkan suatu kesatuan informasi dengan pikiran utama sebagai pengontrol dan pikiran penjelas sebagai bantuan.

Fungsi Alinea Dalam Paragraf

Untuk dapat mengidentifikasi jenis paragraf, perlu dipahami arti gagasan utama, serta perbedaan klausa pokok dan gagasan pokok. Beberapa fungsi dalam pengertian sebuah paragraf menurut para ahli yaitu:

  • Ambil fragmen atau ide utama
  • Permudah pembaca untuk memahami pemikiran penulis
  • Memungkinkan penulis untuk mengembangkan pola pikir secara sistematis
  • Sebagai pedoman bagi pembaca untuk mengikuti dan memahami pemikiran penulis
  • Sampaikan pemikiran atau ide kunci penulis
  • Menunjukkan pemikiran yang baru saja dimulai di baris ini
  • Secara keseluruhan, ini dapat berfungsi sebagai pengantar, transisi, dan kesimpulan.

Persyaratan Dalam Alinea

Setelah membaca pengetahuan di atas maka kami akan memberikan beberapa syarat dalam membuat alinea adalah:

1. Kesatuan

Setiap artikel hanya memiliki satu ide atau topik utama. Tugas Alenia adalah mengembangkan ide atau tema utama.

Oleh karena itu, tidak boleh ada elemen dalam perkembangannya yang sepenuhnya terlepas dari topik atau ide.

Alenia dianggap sebagai satu kesatuan jika kalimat dalam ayat tersebut tidak lepas dari subjek atau selalu relevan dengan subjek.

2. Koherensi

Syarat kedua yang harus dipenuhi oleh seorang alenie adalah koherensi atau koherensi, yaitu adanya hubungan yang harmonis yang menunjukkan kesatuan kebersamaan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya dalam sebuah alenie.

Alenia yang koheren akan sangat memudahkan pembaca untuk mengikuti alur pembahasan yang disajikan.

Kurangnya koherensi dalam Alenia menyulitkan pembaca untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya.

Unsur – Unsur Alinea

Paragraf terdiri dari klausa subjek atau klausa utama dan klausa penjelas atau klausa pendukung. Kalimat subjek merupakan kalimat utama yang memuat gagasan pokok paragraf.

Sementara itu, kalimat penjelas atau pendukung digunakan untuk menjelaskan atau mendukung gagasan utama.

A. Fitur kalimat topik

  1. Berisi kemungkinan masalah yang harus dijelaskan lebih lanjut.
  2. Berisi kalimat lengkap yang bisa berdiri sendiri.
  3. Memiliki makna yang jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat lain.
  4. Dapat dibentuk tanpa konjungsi atau transisi

B. Fitur kalimat pendukung

  1. Seringkali itu adalah kalimat yang tidak bisa berdiri sendiri.
  2. Arti kalimat hanya menjadi jelas jika dikaitkan dengan kalimat lain dalam paragraf.
  3. Konstruksinya sering kali membutuhkan bantuan konjungsi atau konjungsi atau klausa transisi.
  4. Isi terdiri dari detail, informasi, contoh, dan data lain yang mendukung kumpulan tema

Contoh Alinea Dalam Paragraf

Mengembangbiakan semut penenun penghasil kroto ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Usaha alternatif yang mulai banyak diminati ini menjanjikan untung besar, namun ternyata banyak calon wirausahawan yang bangkrut dalam beberapa bulan pertama.

Fakta ini muncul karena berbagai faktor yang mempengaruhi, diantaranya keterbatasan pengetahuan tentang budidaya kroto itu sendiri. Selain itu, faktor cuaca juga berpengaruh.

Demikianlah artikel dari kami  tentang Alinea Adalah Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!

Artikel Lainnya>>>>