Arti Amin Allahumma Amin

Posted on
Arti Amin Allahumma Amin

Arti Amin Allahumma Amin Merupakan kalimat yang sering di ucapkan oleh setiap umat muslim pada setiap akhir berdoa memohon atau meminta apa yang kita inginkan kepada Allah Swt.

Berdoa merupakan salah satu kewajiban dari umat muslim, karna dengan berdoa itu menunjukan bahwa kita sebetulnya benar – benar lemah dan tak dapat melakukan apa – apa tanpa pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta ala.

Namun sebenarnya tanpa di sadari atau tidak oleh setiap umat muslim bahwa sesungguhnya berdoa merupakan ibadah yang amat penting dan pokok.

Sabda Rasululloh shollallohu alaihi wasallam

Doa adalah senjata nya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi (HR AL Hakim)

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Berdoalah kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu ( QS. AI-Mukmin : 60 )

Untuk itu kita sebagai umat muslim harus yakin serta percaya dengan semua firman – firman Allah.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak mengenai uraiannya di bawah ini {…}

Arti Amin Allahuma Amin

Di dalam ayat suci Al-quran sangat banyak sekali ayat – ayat yang menerangkan agar kita selalu berdoa dan memohon terhadap Allah Swt

Amin Allahuma Amin

آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

Artinya : Kabulkanlah ya Allah

Dari kalimat tersebut sudah jelas kaitannya dengan kita, agar kita selalu berdoa terhadap Allah. agar apa yang kita mohon dan kita minta kepada Allah di kabulkan.

Perbedaan Amin Ya Robbal Alamin Dengan Amin Allahuma Amin

Kita sebagai umat muslim juga harus dapat mengetahui perbedaan yang terdapat pada kalimat amin ya robbal alamin dan amin allahuma amin di antaranya yaitu :

  • Amin ya robbal alamin mempunyai arti kabulkanlah doa-doa kami, ya Allah, hanya engkau pengabul doa.
  • Amin Allahuma Amin mempunyai arti kabulkanlah ya Allah kabulkanlah.

Makna Amin Allahumma Amin

Ketika seorang muslim selesai shalat, biasanya dia mengucapkan kata aamiin untuk mengakhiri shalat. Kata amin juga digunakan ketika seorang pemuka agama mengucapkan doa panjang.

Ketika anda membaca salam, baik di sela-sela pembelajaran di sekolah, pertemuan, perkuliahan, dll, ketika seorang imam atau pemimpin selesai sholat akan ditutup dengan kata-kata tersebut, diikuti oleh jemaahnya atau murid-muridnya.

Perlu juga dicatat bahwa ejaan yang benar adalah untuk menghindari distorsi makna anda sendiri.

Masih banyak orang yang salah eja seperti amin, amin, amin, atau amin. Inilah arti dari masing-masing kata ini:

  • Aamin artinya meminta perlindungan.
  • Amin artinya jujur.
  • Amien, bahasanya bukan bahasa arab. Jadi kata ini sepenuhnya salah.
  • Amin artinya aman.

Kata-kata di atas memiliki arti yang baik, tetapi apa yang baik belum tentu benar, setiap kata harus digunakan seperti yang digunakan untuk menghindari kesalahpahaman.

Jadi yang sebenarnya adalah Aamiin dan tidak pernah mengubah kata-kata Aamiin dengan orang lain. Penulisan aamiin dalam aksara arab adalah sebagai berikut:

Alif dan min harus dibaca secara detail untuk pengucapannya, berdoa kepada Allah SWT untuk kebaikan dan kemuliaan

Manfaat Dan Keutamaan Doa

Setidaknya menurut riwayat Sheikh Kholid Al- Husainan yang di tulis di dalam sebuah buku Aksaru min Alfi Dawah f al-Yaumi wa al-Laili di dalam berdoa memiliki tujuh keutamaan di antaranya yaitu :

  • Dengan berdoa menjadi perantara agar kita terhindar dari murka Allah SWT. Artinya orang yang berdoa kepada Allah SWT mengaku bahwa dalam hidupnya tidak memiliki kemampuan sama sekali. Hidupnya tergantung nasib Allah SWT. Jadi sholat artinya dia mengenali batasan yang ada di dalam dirinya.Sholat merupakan wujud belenggu dan ketaatan kita kepada Allah SWT.
  • Do’a bisa menjadi mediator yang bisa menolak bencana sebelum (bencana) terjadi, atau menjadi mediator yang bisa membalikkan bencana saat itu terjadi.
  • Doa dapat menjadi alasan untuk menjadi kuat dan mendapat pertolongan dari Allah SWT dari musuh / dari hal-hal lain yang tidak diinginkan.
  • Hasil atau buah doa sudah dijamin oleh Allah SWT. Ini berarti tidak ada doa yang gratis. Doa dapat dijawab secepat yang diinginkan. Bisa juga shalat itu menabung untuk akhirat. Atau bisa juga doa itu merupakan pertahanan diri dari kejahatan yang akan menimpanya.
  • Doa adalah tanda atau bukti iman orang yang berdoa.
  • Doa adalah tanda ketundukan. Artinya orang yang shalat memberikan Allah SWT Tawaqal. Semua urusannya diserahkan kepada Allah SWT.
  • Doa merupakan wujud belenggu dan ketaatan kita kepada Allah SWT

Demikianlah kiranya yang dapat penulis sampaikan mengenai artikel tentang Arti Amin Allahuma Amin, mudah-mudahan artikel yang amat sederhana ini dapat membantu sahabat semuanya.

Sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>