Arti Kata Bengek

Posted on

Hallo sobat kali ini rumussoal.com akan membahas artikel mengenai arti kata bengek yang saat ini sedang di gandrungin oleh para kalangan remaja milenial.

Arti Kata Bengek –Jika kita tinjau dari bahasa kedokteran kata bengek merupakan salah satu penyakit sesak nafas, namun pada era jaman sekarang ini kata bengek menjadi kata gaul bagi kalangan anak muda jaman sekarang.

Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita simak mengenai artikel tersebut yang ada di bawah ini.

Istilah ini sering di pakai di mana pada saat seseorang mengalami sesak nafas, namun sekarang pada jaman milenial seperti sekarang ini bahasa bengek menjadi bahasa yang tenar istilah anak jaman sekarang menjadi bahasa gaul.

Bahasa – bahasa yang seperti itulah yang saat ini banyak di gemari oleh para anak muda jaman sekarang.

Arti Kata Bengek Menurut KBBI

Menurut KBBI { Kamus Besar Bahasa Indonesia } kata bengek merupakan kata yang amat baku yang sering di pakai dalam istilah kedokteran, khususnya pada dunia kedokteran yang artinya sesak nafas.

Secara umum di dalam kedokteran pemicu timbulnya bengek berawal dari debu, asap rokok, bulu binatang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun masuk pada tahun 2020 bahasa gaul semakin hari semakin beragam yang sering di pakai oleh warganet sehari-hari untuk beraktifitas di media sosial.

Pergeseran makna tentang bahasa ini menjadi daya tarik terutama bagi kalangan remaja.

Baca Juga:  Arti Kata Sange

Arti Kata Bengek Dalam Bahasa Gaul

Setiap tahun baik itu di kalangan anak muda atau media sosial banyak sekali bermunculan istilah-istilah baru seperti yang sedang tren saat sekarang ini yaitu istilah bengek.

Salah satunya adalah kata istilah bengek hyung yang pada saat ini popularitas mengenai bahasa gaul tersebut amat tinggi pada saat ini terutama di kalangan para remaja.

Sebenarnya kata bengek dan kata hyung terdiri dari kombinasi dua bahasa yang berasal dari Indonesia dan Korea

Namun ada beberapa pendapat lain yang mengatakan bahwa kata hyung berasal dari Bahasa Sunda yang mempunyai arti aduh. 

Terlepas dari kata itu semua, istilah {bengek hyung} jika kita tarik secara garis besar kata tersebut respon atas suatu hal yang dianggap begitu sangat lucu sehingga membuat membuat semua orang terbahak-bahak.

Namun hingga kini belum dapat diketahui secara pasti siapa orang yang yang pertama kali mencetuskan istilah tersebut.

Namun istilah {bengek hyung} dapat diperkirakan berasal dari para penggemar dan pecinta lagu pop serta drama Korea yang sekarang ini banyak timbul di media sosial dan Twitter. 

Seiring dengan berjalannya waktu, istilah ini dengan sendirinya semakin meluas karena terutama di media sosial.

Dan pada saat ini istilah {bengek hyung’} juga digunakan bukan hanya untuk kalangan mereka saja, tetapi di pakai juga oleh para kalangan netizen pada umumnya. 

Ungkapan Kata Bengek

Pada dasarnya ungkapan istilah ini pada saat seseorang terkena sesak nafas.

Karena arti kata bengek yang di tulis sebenarnya adalah merupakan sesak nafas, maka tidak bisa dikatakan bahwa syarat untuk menggunakan istilah ini bisa di katakan kurang pas.

Ingat, istilah bengek bukanlah bahasa gaul, melainkan istilah dalam bahasa sunda atau jawa yang artinya sesak nafas. Saat orang tersebut bernafas, mereka mengeluarkan suara berderit.

Kata Bengek Menjadi Bahasa Gaul

Mungkin bisa terjadi karena kata tersebut lebih mudah digunakan hanya dengan satu kalimat, sedangkan istilah sesak diucapkan dengan dua kata.

Tak heran jika orang menyebut bahasa gaul ini karena sering digunakan dalam bahasa Indonesia, bukan istilah utama.

Itu benar-benar terjadi, terutama di kalangan penggemar Twitter, yang memperhatikan bahwa banyak orang yang menggunakan istilah ini daripada menggunakan istilah sesak napas.

Baca Juga: Arti Kata Intisari

Dampak Bahasa Gaul

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia untuk bergaul sesama makhluk hidup.

bahasa gaul sendiri biasa di gunakan oleh para kaum remaja yang terkada kita sendiri tidak memahami akan maksud dan arti dari bahasa tersebut.

Bahasa gaul sendiri dapat berkembang di sebabkan karena beberapa faktor. Seperti media sosial, televisi dan juga karena faktor lingkungan di mana kita tinggal.

Televisi juga banyak menyajikan program yang menampilkan bahasa gaul yang di mana bahasa itu tidak dapat di pahami oleh semua orang, para remaja sendiri mengekspresikan bahasa gaul melalui media sosial, oleh karena itu, bahasa gaul berkembang pesat.

Untuk itu pemerintah bertanggung jawab dalam mencegah televisi untuk menayangkan program televisi yang menggunakan bahasa yang tidak setandar atau yang disebut alay. karna semua itu dapat merusak generasi kita dalam berbahasa yang baik.

Selain itu sebagai orang tua juga perlu membimbing anaknya untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Bahasa sendiri sangat erat kaitannya dengan budaya suatu generasi. Seiring dengan semakin pudarnya bahasa Indonesia dari generasi ke generasi, bahasa Indonesia menjadi semakin labil dalam memikul beban sebagai bahasa nasional.

Baca Juga: Apa Arti Damage

Dampak globalisasi terhadap jati diri bangsa tercermin dari perilaku masyarakat yang sudah mulai terbiasa menggunakan bahasa gaul. Sekarang sangatlah jelas bahwa ada banyak penggunaan bahasa gaul di kalangan masyarakat.

Penggunaan bahasa gaul dapat menyulitkan kita semua untuk berbicara bahasa Indonesia dengan baik. sedangkan kita di sekolah atau di tempat kerja, kita harus selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Demikianlah kiranya yang dapat penulis sampaikan mengenai artikel tentang arti kata bengek, mudah-mudahan artikel yang sangat sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>>>