Contoh Karya Tulis Ilmiah

Posted on
Contoh Karya Tulis Ilmiah

Contoh Karya Tulis Ilmiah – adalah salah satu bentuk karya tulis yang di buat untuk memecahkan masalah yang berdasarkan metode teoritis dan ilmiah.

Dengan kata lain karya ilmiah juga memuat data dengan fakta dan solusi yang berhunbungan daengan suatu masalah yang akan diangkat dan akan dilakukan secara runtut dan sistematis.

Penulisan karya Ilmiah juga bentuk dari karya yang merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan sehingga akan di simpulkan ke dalam hasil penelitian dan review atau sebuah gagasan ilmiah.

Tips Membuat Contoh Karya Ilmiah

Dengan perkembangan zaman dalam berkomunikasi dapat memberikan kemudahan yang ekstra untuk mencari referensi karya ilmiah.

Namun semua itu harus di dasari dengan pengetahuan dan kemamuan yang ada, berikut ini adalah beberapa Tips Membuat Contoh Karya Ilmiah adalah:

✅ Pilih referensi atau contoh karya tulis ilmiah dari situs terpercaya, misalnya dari situs besar terpercaya, atau bisa dari situs yang dikelola secara profesional, tidak dipungut biaya apapun.

✅ Bandingkan beberapa situs secara bersamaan, untuk mengetahui pengaturan mana yang paling sesuai, karena digunakan di lebih banyak situs.

✅ Minta rujukan dari pakar, misalnya dari profesor atau pembicara untuk mendapatkan URL artikel ilmiah di situs yang dijamin kredibel.

✅ Prioritaskan artikel ilmiah dari situs penerbitan jurnal ilmiah, karena memiliki jaminan kredibilitas.

✅ Mencari contoh penulisan artikel ilmiah memang penting untuk membantu menyusunnya dengan benar dan sesuai dengan kaidah. Namun hanya sekedar mencari contoh dan mencontek tentunya tidak tepat.

Karena masih ada kemungkinan karya ilmiah salah juga dapat menggunakan aturan organisasi lama yang telah diperbarui, sehingga konten sudah usang atau tidak lagi valid.

Penulisan Karya Ilmiah secara Sistematis

Penulisan Karya Ilmiah secara Sistematis harus dasarnya dengan karangan yang memuat data dengan memberikan fakta dan solusi dalam masalah yang akan dibahas.

Karya ilmiah pada umumnya sangat konsisten dan sistematis dengan struktur dalam penulisan terdiri dari tiga bagian penting adalah:.

Pendahuluan – Adalah sebagau kata pengantar yang berisi sejarah masalah yang akan dibahas, dengan cara kerja mekanisme pemecahan masalah.

Pembahasan- merupakan bagian terpenting dari karya ilmiah karena bagian ini memuat segala penemuan ilmiah yang diperoleh sebagai data penelitian.

Kesimpulan – kesimpulan berisi kesimpulan dari hasil pembahasan suatu penelitian ini memberikan penjelasan singkat dan ringkas yang secara umum menjawab tujuan dari penelitian yang dilakukan.

Ciri-Ciri Karya Ilmiah

Karya tulis ilmiah memiliki beberapa ciri yang khas dalam penulisannya dan akan di buat dengan cara yang kompleks dan terorganisir.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari dari karya ilmi adalah sebagai berikut.

  • Masalah diungkapkan logis, fakta dari data yang dapat dipercaya dan analisis yang dalam rumusan masalah diungkapkan dalam kalimat tanya.
  • Pendapat yang dikemukakan berdasarkan teori dari berbagai sumber, seperti pendapat ahli, jurnal ilmiah atau buku terbitan, bukan dari imajinasi, pendapat subjektif.
  • Variasi bahasa harus tidak ambigu dan tidak menggunakan kata konotatif.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Dalam Teks Indonesia

Dengan pembahsan yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan Contoh Karya Tulis Ilmiah Dalam Teks Indonesia adalah:

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF MAKANAN KALENG BAGI KESEHATAN
BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang


Suatu hal yang instant memang lebih mempermudah, diantaranya ialah makanan kaleng.

Berdasar hasil riset yang dilaksanakan di Jepang, memperlihatkan jika ada kandungan zat kimia Stannum pada makanan kaleng.

Jika dimakan dengan cukup karena itu zat kimia ini tidak beresiko untuk kesehatan badan jika zat Sn dimakan dengan ukuran lebih dari 14 mg/ kg berat tubuh karena itu akan beresiko.

Rumusan Permasalahan


Apa makanan kaleng mempunyai imbas untuk kesehatan?

Arah Riset


Untuk ketahui dan pahami imbas negatif dan positif makanan kaleng untuk kesehatan badan.

BAB II

PEMBAHASAN

Contoh Karya Tulis Ilmiah Dalam Teks Indonesia

Junk food atau makanan instant banyak disukai warga, diantaranya makanan kaleng.

Umumnya makanan yang dibungkus dalam kaleng berbentuk daging atau ikan. Tetapi, ada pula yang berbentuk minuman, sayur, sampai buah, ini bervariatif.

Tentu saja makanan yang diawetkan berlainan dengan yang fresh, mempunyai imbas tertentu untuk badan, yakni:

Imbas Positif

Waktu penyuguhan bisa lebih cepat

Meminimalisasi kontaminasi makanan dari organisme pemicu penyakit
Kandungan zat nutrisi pada makanan kaleng tidak menyusut
Imbas Negatif


Membuat ibu jadi malas mengolah karena ada makanan instant
Konsumsi makanan kaleng secara berlebihan dapat memacu penyakit beresiko tinggi seperti cholesterol dan penekanan darah tinggi.

Nutrisi pada makanan kaleng dapat raib jika diolah pada temperatur tinggi


BAB III

PENUTUP

Ringkasan

Berdasar hasil riset ilmiah didapat ringkasan, jika konsumsi makanan kaleng akan memberikan imbas positif atau negatif dalam tubuh terlalu berlebih dan langkah mengolah salah, maka bawa imbas negatif untuk badan.

Walau makanan kaleng dapat memberikan imbas negatif, tapi ini bisa juga memberikan dampak positif sama seperti yang tercantum pada info di atas.

Nah sobat, sekian yang dapat rumussoal.com sampaikan, semoga dengan adanya pembahsan ini dapat berguna dan bermanfaat

Sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya>>>>>