Contoh Seni Grafis

Posted on

Hallo Guys Rumussoal.com kali ini kami akan meyampaikan sebuah Artikel materi pembahsan tentang Contoh Seni Grafis pada karya seni lukis lengkap dengan pengertian, fungsi, ciri dan contohnya.

Contoh Seni Grafis – adalah salah satu karya seni yang melalui teknik cetak pada permukaan kain atau kertas karton dan terdapat juga pada media lainnya sehingga dapat menghasilkan karya yang terlihat indah.

Dengan kata lain hal ini juga disebut sebagai karya seni dalam bentuk asli yang mudah direproduksi. Masing-masing dari seni tersebut terdapat teknik cetak yang memiliki proses pencetakan yang berbeda dan hasil yang unik.

Secara etimologis seni ini berasal dari kata graphic (bahasa Inggris) yang artinya membuat sebuah gambar dengan lukisan dengan yang tulisan atau tulisan.

Maka seni ini mengandung nilai estetika yang sering disebut sebagai seni visual dengan desain grafis pada teknologi pendukung mulai bergeser dari seni murni ke seni terapan.

Kisah Sejarah Seni Grafis

Pada awalnya seni ini berkembang di China yang sering digunakan untuk mereproduksi kitab suci agama tersebut diukir di atas kayu atau dicetak di atas kertas.

Cina juga menemukan grafis secara massal pada tahun 105 selama pemerintahan dinasti dengan media kayu yang dapat ditemukan di negara-negara yang memiliki budaya kuno yang kuat seperti China, Korea, dan Jepang.

Angka romawi terdapat teknik pencetakan yang sering digunakan untuk menghias jubah dengan pencetakan prangko karena orang Eropa tidak tahu banyak tentang kertas.

Teknologi grafis berkembang pesat di Eropa pada abad ke-13 ketika menemukan mesin cetak yang akan membangun pabrik kertas, dengan berbagai teknik grafik mulai berkembang pesat di Eropa.

Macam Macam Seni Grafis

Uraian yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan menyampaikan beberaa Macam Seni Grafis yang bisa di kenal adalah:

1. Filter cetak

Percetakan filter merupakan perkembangan dari percetakan stensil yang memiliki kekurangan terutama pada pencetakan huruf kurva tertutup.

Teknik ini sering disebut dengan sablon. Pencetakan dilakukan melalui filter yang ditentukan menggunakan huruf cetakan dingin.

Contoh penggunaan teknik cetak filter antara lain kaos, kemasan makanan olahan UKM, dan spanduk.

2. Fotografi

Fotografi adalah seni yang menggunakan gambar pada suatu objek. Unsur seni yang sering disorot adalah komposisi foto.

Semakin baik komposisinya, semakin baik fotonya jika foto tersebut mengandung pesan tersirat.

Perlengkapan utamanya adalah kamera foto tersebut dapat dicetak pada alat komputer.

3. Mencetak stensil

Pencetakan stensil adalah suatu teknik pencetakan dimana kertas dipotong sesuai dengan bentuk atau font yang diinginkan.

Kemudian kertas tersebut ditempel dengan kain karton untuk di cat dan kertas di cat disemprot.

Saat kertas dilepas, cat pada kain terlihat seperti telah terpotong.

Contohnya – penggunaan cetakan stensil adalah spanduk dan tanda peringatan.

4. Colagraphy

Colagraphy adalah teknik pencetakan yang melibatkan menempelkan objek ke kanvas, mengecatnya seluruhnya, dan kemudian melepaskannya.

Akibatnya, bagian yang tidak dicat berbentuk seperti benda dan tampak cekung.

Kolase tidak ada hubungannya dengan kolase, meskipun tampaknya kolase memiliki kata dasar kolase.

5. Intaglio

Pencetakan gravure adalah teknik pencetakan timbul di mana pelat aluminium dipotong untuk membuat gambar yang diinginkan.

Area tergores kemudian diisi dengan tinta dan direkatkan pada kertas basah.

Hasilnya adalah cetakan timbul. Teknik ini kebalikan dari pencetakan relief.

Contohnya – penggunaan teknologi cetak gravure adalah uang kertas.

6. Cetak plano

Planplan planografik sedang mencetak pada lapisan datar.

Teknik ini menggunakan sifat minyak dan air yang berbeda, yang tidak saling eksklusif.

Teknik ini telah menginspirasi mesin cetak offset yang menggunakan referensi pelat.

Contohnya – penggunaan teknik flipchart adalah mesin fotokopi dan pemindai.

7. Bantuan

Relief printing adalah proses di mana lapisan timbul pada papan cetak atau balok kayu diberi tinta, sedangkan area non-timbul bebas tinta sehingga dapat membentuk cetakan yang diinginkan saat diaplikasikan.

Contohnya- penggunaan teknik relief adalah stempel.

Fungsi Seni Grafis

Uraian yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan menyampaikan beberaa Fungsi Seni Grafis yang biasa di kenal adalah:

Hobi Channel – seseorang yang menyukai kegiatan kreatif dengan melakukan desain grafis biasanya akan menjadi hobinya.

Karena dalam desain grafis akan lebih menarik dan lebih mudah dipelajari dalam praktek.

Meningkatkan penghasilan – akan menjadi fungsi komersial dan tidak bisa dihindari dalam dunia grafis bisa menjadi sumber penghasilan.

Karena desainnya akan memiliki harga jual yang sangat tinggi dan khusus untuk dalam produksi sebagai bahan iklan untuk keperluan cover.

Ekspresi seni – seorang seniman akan membutuhkan cara untuk ekspresi artistik dalam grafik dengan menyalurkan ekspresi artistik tersebut pada nilai seni yang fleksibel.

Tambahkan nilai zat – akan menambah nilai keindahan pada suatu media, dan akan diterapkan pada kaos, seni dapat menambah keindahan pada kaos.

Karena dalam hal ini memiliki sifat yang dua dimensi yang dapat menghiasi banyak media.

Pengiriman pesan – grafik ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam sebuah karya seni oleh para seniman dan terkadang dapat digunakan dalam sebuah lukisan.

Contoh Seni Grafis

Demikian materi yang dapat kami sampaikan tentang Contoh Seni Grafis semoga materi ini berguna untuk kita semua.

Sekian dan terimakasih.

Artikel Lainnya>>>>