Paragraf Efektif

Posted on

Hallo Guys kami website Rumussoal.com didalam kesempatan ini akan membahas materi tentang Paragraf Efektif dan contohnya – lengkap dengan pengertian, syarat, eleman, manfaat dan ciri ciri serta tujuan supaya mudah di pahami.

Paragraf Efektif – adalah sebuah bentuk paragraf yang memiliki sekumpulan kalimat yang saling berhubungan dalam subjek yang sama didalam pembuatan kalimat

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini,,,?

Paragraf Efektif Adalah

Paragraf Efektif

Paragraf merupakan bentuk dari klausa yang utama atau klausa tematik yang ada di dalam kalimat pendukung yang saling berkaitan dengan kalimat yang lain.

Akan tetapi di bagian pertama ada kalimat subjek yang biasanya terdapat di awal paragraf dengan kalimat topik yang bersifat umum dan akan diikuti dengan kalimat pendukung.

Kalimat topik di awal paragraf hanya memperkenalkan apa yang akan dibahas dalam paragraf sehingga pendukung dapat menjelaskan kalimat dengan topiknya.

Kalimat juga merupakan pendukung dalam menyampaikan informasi yang akan diperlukan untuk memperjelas dalam sebuah pernyataan tentang kalimat dan subjeknya.

Baca Juga : Contoh Kalimat Kata Keterangan

Elemen Paragraf

kalimat

Saat pembuatan paragraf dapat berfungsi dengan baik dan dapat saling berkaitan, sehingga yang yang demikian dapat dilakuakan dengan diskusi dalam paragraf tertentu.

Dalam menyusun paragraf dapat memuat pokok pikiran dengan keberadaan kalimat di akhir paragraf.

Berdasarkan gagasan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Deduktif – Klausa utama ada di awal paragraf
  2. Induktif – Klausa utama ada di akhir anilea
  3. Variatif – Klausa utama ada di awal dan diulangi di akhir paragraf
  4. Deskriptif / naratif – klausa utama tersebar di semua paragraf

Kalimat dengan penjelasan dari sebuah gagasan pokok untuk membuat kepala karangan yang baik harus dipenuhi beberapa persyaratan yaitu:

  • Provokatif (menarik)
  • Dalam bentuk frase
  • Relevan (tergantung konten)
  • Logis
  • Spesifik

Syarat Paragraf Efektif

Dari ulasan yang sudah kami sampaikan diatas maka kami jga akan memberikan beberapa macam persyaratan dengan mempertimbangkan dalam membuat paragraf adalah.

a. Kesatuan (Unity)

Kesatuan Unity adalah sebuah paragraf hanya berisi satu gagasan dengan pemahaman utama untuk mengembangkan ide-ide dalam sebuah paragraf dari gagasan pokok.

Dengan kata lain akan terkait dalam gagasan utama dengan membentuk satu kesatuan yang harus berfokus pada ide utama.

Contohnya:

Dalam kebutuhan sehari-hari keluarga dalam masyarakat harus memmenuhi kebutuhannya tergantung dari pendapatannya masing-masing, maka dari itu pendapatan harus dipenuhi untuk memberikan kelayakan pada keluarga dengan penghasilan yang tinggi.

Tindakan selanjutnya pendapatan dapat menyumbangkan sebagian dari penghasilan untuk membantu dan membangun tempat ibadah dan dapat juga memberikan sumbangan secara umum agar dapat menciptakan kehidupan masyrakat yang sejahterah.

b. Kondisi ( Koherensi )

Kondisi adalah sebuah bentuk dari konsistensi dalam pembuatan paragraf dengan kumpulan kalimat yang saling terkait dengan urutan dari pemikiran yang akan di tulis.

c. Kelengkapan

Kelengkapan adalah sebuah bentuk dari paragraf yang berisi kalimat dengan penjelasan yang cukup, sehingga dapat membantu dalam membuat topik utama.

Contohnya:

  • Suku Dayak adalah salah satu suku yang sangat suka dengan keributan sehingga masyarakat di sekitar akan merasa resah dengan perkelaihan yang sering terjadi.

Dalam sebuah permasalahan yang tercantum di atas adalah sebuah peminat dan penggemar, dalam kehidupan yang ada di masyarakat suku dayak.

Baca Juga : Materi Bahasa Indonesia Smp

Manfaat Paragraf Efektif

Manfaat yang terdapat dalam paragraf efektif sangat berkaitan dengan keindahan dalam pembagian kalimat dan memiliki beberapa kegunaan adalah:

  • Sebagai wadah dalam gagasan pokok atau gagasan dari keseluruhan paragraf
  • Sebagai alat dalam memudahkan pembaca dengan memahami pemikiran dari penulis
  • Sebagai tanda bahwa sebuah pikiran yang baru akan dimulai
  • Sebagai alat bagi penulis dalam mengembangkan pola pikir dengan sistematis
  • Paragraf dapat mungkin unutk berguna sebagai perkenalan dalam bentuk transisi dan dalam sebuah kesimpulan.

Baca Juga : Pengertian Narasi

Ciri Ciri Paragraf Efektif

Pemahaman – pemahaman yang sudah kami ulas di atas maka kami juga akan memberikan beberapa ciri ciri dari paragraf diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kesatuan fokus – adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah paragraf sehingga dapat dianggap memberikan persamaan dengan satu gagasan utama dan dalam membaca semua kalimat dapat dengan mudah di pahami dari satu gagasan.

2. Hubungan antar kalimat – merupakan bagian dari sebuah koherensi yang merupakan bentuk dari karakteristik yang penting dalam paragraf dalam dalam kalimat yang memiliki hubungan yang logis.

3. Perkembangan – adalah sebuah bentuk dari gagasan utama yang akan dikembangan dalam sebuah topik, dan akan tersampaikan dengan baik oleh penulis.

Akan tetapi pembaca dengan mudah mendapatkan rangkuman dari gambaran yang umum dengan mengambangan ide yang akan disajikan. Dengan kata lain kalimat dalam sebuah paragraf dapat di jelaskan dengan mudah.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan mengenai materi tentang Paragraf Efektif.

semoga pembahasan yang sederhana ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>