Macam Macam Sulaman

Posted on
Macam-Macam-Sulaman

Artikel makalah membahas tentang Macam Macam Sulaman, lengkap dengan pengertian, teknik, karakteristik, jenis, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Halllo sobat pada kesempatan ini kami dari rumussoal.com akan menyampaikan materi tantang janis dan macam – mcam Sulaman, hal ini merupakan salah satu karya seni dengan kreatifitas dalam memperidah pakaian dan rumah dengan berbagai corah dan khas nya, lansung saja simak pembahasan di bawah ini..?

Apa Itu Sulaman

Sulaman adalah salah satu hiasan yang melekat pada permukaan kain atau bahan dengan jarum dan benang jahit sehingga hal ini dapat memperindah kain yang akan di gunakan.

Banyak sekali macam macam jenis sulaman dengan dan cara membuatanya dengan keterampilan yang berbeda sehingga dapat dikembangkan tergantung pada lokasi dan negara.

Selain itu sulaman dapat menggunakan benang wol, linen, dan sutra, bordir katun atau viscose yang digunakan dalam sulaman modern dengan dasar jenis sulaman benang kain flanel, feston.

Karakteristik Sulaman

  1. Sulaman datar yang disulam dengan permukaan yang rata
  2. Sulaman Terawang sebagai hasil dari bordir dengan lubang-lubang pada kain.
  3. Sulaman yang dibuat dari hasil yang tergantung pada motifnya dengan membentuk tekstur pada permukaan kain.

Baca Juga: Birama 4/4

5 Macam Jenis Sulaman

Dari pembahasan di atas maka disini juga akan kami berikan beberpa macak jenis sulaman yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Sulaman Fantasi

Sulaman-Fantasi

Sulaman fantasi adalah jenis sulaman yang menerapkan berbagai jahitan dengan warna benang yang berbeda sebagai motif hias yang dibuat dengan aneka ragam dari jenis jahitan nya.

Penggunaan jahitan harus sesuai dengan bentuk dan motif pada sulaman fantasi yang akan dilakukan pada kain dengan satu warna.

misalnya:

kain tetoron, poplin, berkolin, mori, harmoni dan kontras sehingga sulaman atau akan terlihat lebih menarik dan rapi.

2. Sulaman Bayangan

Sulaman-Bayangan

Sulaman Bayangan adalah salah satu jenis sulaman yang disebut sebagai bayangan karena bayangan dapat berfungsi sebagai hiasan menggunakan kain yang kita gunakan, transparan seperti Paris dan sifon akan menghasilkan motif dan hasil yang baik

3. Sulaman Perancis

Sulaman-Perancis

Sulaman Perancis adalah salah satu jenis yang relief yang dibuat dengan tusuk rantai sebagai pengisi atau pengental tetapi motif ini dapat menyelesaikan dengan jahitan yang datar.

Maka akan membentuk garis seperti pada tangkai daun dengan sulaman yang sering digunakan untuk monogram atau simbol yang dapat digunakan untuk blus, kemeja dan pakaian anak-anak.

Baca Juga: Macam Macam Tari Tunggal

4. Sulaman Aplikasi

Sulaman-Aplikasi

Sulaman Aplikasi adalah salah satu sulaman yang dibuat dari bahan kain dan kemudian diletakkan di permukaan kain yang akan digunakan untuk bordir termasuk kain.

Jenis-jenis yang digunakan untuk aplikasi ini umumnya bunga, pohon, pemandangan dan binatang yang akan digunakan dalam aplikasi bordir sebagai tusuk jarum untuk menjahit bahan yang tipis.

5. Sulaman Benang

Sulaman-Benang

Sulaman Benang adalah salah satu Jenis sulaman yang terbuat dari benang bordir kasar yang melekat pada permukaan kain dengan jahitan yang bermotif sebagai hiasan yang dapat menempelkan benang dalam bentuk geometris.

Seperti garis melengkung desain yang seimbang dan menggunakan benang warna atau kontras yang berwarna pada kain yang akan digunakan.

6. Sulaman Hongkong

Sulaman-Hongkong

Sulaman Hong Kong adalah salah satu jenis sulaman yang dijahit bolak-balik dengan beberapa variasi dari jahitan datar yang menggunakan kombinasi warna multi-level di seluruh permukaan kain.

Sulaman Hong Kong termasuk sebahai hiasana yang alami atau tanaman hias atau hewan sebagai warna yang dapat diterapkan dari campuran hitam dan putih .

7. Sulaman Richeulieu

Sulaman-Richeulieu

Sulaman Richeulieu adalah salah satu jenis sulaman yang terbuka karena efeknya seperti motif bordiryang penuh lubang dan diberi beberapa rentangan difeston.

Karena hal ini harus lebar dan dilengkapi dengan jahitan meriah yang dapat menunjuk ke dalam agar dapat digunakan untuk menghias berbagai jenis pakaian atau rumah tangga.

Demikian pembahasan dari kami tentang Macam Macam Sulaman, lengkap dengan gambarnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Tokoh Tari