Macam Macam Tari Tunggal

Posted on
Macam-Macam-Tari-Tunggal

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Artikel makalan tentang Macam Macam Tari Tunggal – lengkap dengan penjelasannya, jenis, gerakan dan contoh.

Macam Macam Tari Tunggal,,,,, adalah salah satu presentasi dengan karya dalam tarian yang dilakukan secara kelompok dan massal sehingga hal ini dapat dengan mudah unutk dipelajari, dan dimainkan oleh satu penari, atau gerakan dengan penari yang lain.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Tari Tunggal

Tari Tunggal adalah salah satu bentuk dari presentasi tarian yang dapat ditarikan oleh penari yang berhubungan dengan pertunjukan tari yang sebelumnya dan dapat mainkan dengan keterampilan.

Tari tunggal juga dapat di lakukan sendirian atau secara kelompok, supaya lebih mudah dipelajari dan dapat dilakukan dengan unsur kekompakan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Tokoh Tari

10 Macam Tari Tunggal

Tari-tungal

Dari ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa Jenis tarian yang terdapat di nusantara dan dideskripsi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tarian Tradisional

Tarian solo, yang berasal dari tarian tradisional, tersedia di berbagai daerah di setiap daerah. Tarian tradisional diwarisi dari generasi ke generasi. Tarian itu disesuaikan dengan kebutuhan topik masing-masing daerah.

Tarian tradisional akan mengalami perubahan melalui pengaruh
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan aliran budaya daerah.

Contoh tarian tradisional adalah tarian kemakmuran, tarian tani dan tarian memancing.

2. Tarian Rakyat

Tarian rakyat adalah tarian yang hidup dan berkembang di antara orang-orang. Pada masa kolonial, perkembangan tarian rakyat terjadi di dua lingkungan, yaitu istana dan rakyat. Pada dasarnya, bentuk dan tujuan tarian rakyat mencerminkan berbagai kepentingan yang ada di lingkungan, misalnya pada saat panen padi.

Karakteristik tarian rakyat meliputi: bentuk tradisional, primitif, komunal (bersama), gerakan sederhana dan sering diulang dan pola lantai sederhana.

Contoh tarian rakyat adalah tari kepang kuda dan tari topeng Babakan. (Tari Atang dan Rama)

Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja

3. Tarian Klasik

Tarian klasik adalah tarian dengan nilai seni tinggi, yang berfungsi sebagai tolok ukur bagi seni kuno. Oleh karena itu tarian adalah nilai klasik permanen (abadi) dan abadi (tetap atau tidak berubah). Namun, gerakan tarian klasik itu sederhana, harmonis dan tidak berlebihan. Gaya tarian klasik berasal dari istana atau istana. Bentuk, gaya dan gerakan tarian klasik yang anggun dan tenang.

4. Tarian Kreatif

Tarian kreatif adalah tarian yang gerakannya merupakan pengembangan dari gerakan tarian tradisional. Pola tarian tradisional berkembang menjadi bentuk tarian penciptaan. Karena itu, pola tarian dalam kreasi tari masih berbeda dengan tarian tradisional.

5. Tarian Gambir Anom

Contoh tarian solo berikutnya adalah Tari Gambir Anom. Tarian, yang berasal dari Jawa Tengah dan telah ada sejak zaman Kerajaan Islam Mataram, menceritakan kisah cinta Arjuna. Tarian ini dimainkan oleh seorang pria dengan pakaian khusus dengan gaya yang lembut dan diiringi oleh musik Jawa selama pertunjukan tari, yang sedikit rumit.

6. Tari Panji Semirang

Tarian Panji Semirang adalah tarian tradisional dari ciptaan tradisional Balad Bali, yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942. Tarian ini adalah contoh dari tarian tunggal klasik dan menceritakan kisah perjalanan Galuh Candrakirana dalam mencari kekasihnya Raden Panji Inu Kertapati. Tarian semirang sudah dikenal di luar negeri. Tarian ini bahkan telah dipertunjukkan beberapa kali di festival seni di luar negeri.

7. Tari Topeng Kelana

Tarian topeng Kelana mungkin sudah ada sejak zaman kerajaan Singasari dan dianggap sebagai tarian khusus yang sebelumnya hanya dimainkan di istana. Seperti namanya, penari tari ini pasti akan menggunakan topeng sebagai media pendukung. Karena tarian topeng hanya dimainkan oleh satu penari, tari topeng dapat digolongkan sebagai hiking

8. Tari Golek Menak

Tari Golek Menak adalah contoh tarian solo yang berasal dari Kesultanan Yogyakarta. Tarian ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX sekitar tahun 1940-an karena terinspirasi oleh pertunjukan boneka yang ia tonton. Tarian, yang juga menyandang gelar Beksa Golek Menak dan Beksan Menak, masih dipelajari di beberapa studio tari di Jogja.

9. Tari Gambyong

Tarian ini berasal dari Surakarta, Jawa Tengah dan diciptakan oleh S. Maridi. Pada awalnya tarian ini hanya dimainkan oleh satu orang. Namun seiring waktu tarian ini sering dimainkan oleh beberapa orang / kelompok.

Arti dari tarian Gambyong adalah representasi dari kelembutan dan keindahan wanita dari Jawa Tengah melalui gerakan lembut dan anggun, yang tercermin dalam gerakan khas mereka.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket

10. Tari Dewi Anjasmara

Tarian wanita lajang ini berasal dari Jawa Barat (Sunda). Tarian ini menggambarkan kisah seorang putri bernama Dewi Anjasmara, yang berasal dari salah satu kisah Jawa Damarwulan dan berasal dari abad ke-15.

Para penari mengenakan kostum hitam dengan syal hijau di bagian pinggang dan kain yang turun dari pinggang ke bawah. Gerakannya termasuk mengenakan bedak, menyisir rambut, merapikan alis, menggunakan anting-anting, dan melihat ke cermin.

Ok demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasn tentang Macam Macam Tari Tunggal, lenkap dengan penjelasanya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Teknik Dasar Lempar Cakram