Tokoh Tari

Posted on
Tokoh-Tari

Artikel makalah membahas tentang Tokoh Tari, lengkap dengan kreasi indonesia, meliputi dari pengertian, nama, tulisan contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Tokoh Tari,,, Tarian atau gerakan adalah salah satu seni pertunjukkan yang diselaraskan dalam iringan lantunan pada alat musik dan biasanya tarian ini akan berfungsi untuk menyambut tamu dengan memperingati hari atau peristiwa yang tertentu atau sebagai bentuk ritual keagamaan yang memiliki sejumlah maestro dengan menciptakan karya tari, Nah untuk lengbih lengkapnya lansung saja simak pembahasn di bawah ini..

Apa Itu Tokoh Tari

Tokoh Tari adalah salah satu cara untuk menciptakan gerakan dengan beberapa imajinasi supaya dapat merasakan apa yang panca indera dapatkan.

Dalam hal Ini juga dapat mengambil bentuk dalam lingkungan yang alami, baik itu pemandangan, suara, selera, rasa dan sebagainya yang dapat membayangkan pada mendengarkan musik yang membuat gerakan spontan.

Tarian sebagai gerakan yang spontan dan akan menjadi dasar untuk gerakan yang sehinga Insentif lain dapat merangsang imajinasi pada keragaman tarian nusantara.

Baca Juga: Arti Taaruf

5 Tokoh Tari Indonesia

Dari ulasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macam tokoh tari yang terdapat di negara indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bagong Kussudiardjo

Bagong-Kussudiardjo

Bagong Kussudiardjo sebagai pelukis yang terkenal dan dijuluki sebagai seniman Bagong Kussudiardjo lahir pada tanggal 9 Oktober 1928 di Yogyakarta, dengan karakter tarian khas bagong dalam pencipta tari dan koreografer.

Bagong mampu melahirkan dan membawa gerakan yang manis dan energik tetapi estetika tariannya didasarkan pada ketulusan untuk melayani umat manusia.

Bagong sejenis tarian naga (1954), tari yang Tangguh dan kebangkitan Pada 5 Maret 1958, ia mendirikan Pusat Pelatihan, dan mendirikan padepokan seni di bidang tari pada 2 Oktober 1978.

2. Sujana Arja

Sujana-Arja

Sujana Arja adalah aktivitas dan kehidupan utamanya sebagai seorang remaja (tahun 1940-an), ia sering bergabung dengan kelompok seni yang dipimpin untuk “ngamen” .

Pengalaman menyanyi untuk Sujana Arja bertahun-tahun mendapatkan pengalaman yang sangat berharga sebagai pemimpin kelompok seni Panji Asmara yang masih ada sampai saat sekarang ini.

Sujana Arja adalah sosok pelukis topeng yang berada di Cirebon untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Indonesia dimulai dengan musik jalanan hingga pertunjukan bergengsi di panggung

3. Sasminta Mardawa

Sasminta-Mardawa

Sasminta Mardawa adalah salah satu seniman yang dikenal sebagai Romo Sas dan lahir pada 9 April 1929 di Yogyakarta sebagai master tari klasik dalam gaya Yogyakarta.

Sasminta Mardawa menghadirkan nuansa tersendiri di dunia tari klasik yang ada di Indonesia dalam pengembangan gaya tari klasik sebagai Seniman berkontribusi pada tarian Jawa klasik yang disukai oleh komunitas pada zaman modern.

Dia adalah seorang seniman yang sejalan dengan jalur pelayanan sosial dan budaya yang telah menghasilkan banyak seniman komposisi tarian gaya klasik Yogyakarta.

Karya-karyanya yang sangat populer memiliki ijazah dengan penghargaan yang mengalir sebagai bukti pengakuan atas karya-karyanya dalam Kebudayaan Indonesia pada tahun 1985.

4. Didik Nini Thowok

Didik-Nini-Thowok

Didik Nini Thowok adalah salah satu seniman dalam seni tari dan lahir pada 13 November 1954 di Temanggung, Jawa Tengah ia dikenal sebagai penari, koreografer, pelawak, pantomim, penyanyi dengan gerakan tarian Bali dan Jawa.

Maka ia diangkat Sebagai dosen di ASTI, untuk menjadi make-up trainer di Akademi Kesejahteraan Keluarga Yogyakarta (AKK).

5. Tjetje Sumatri

Tjetje-Sumatri

Tjetje Sumatri adalah ssalah satu seniman dengan keterampilan yang menguasai penelitian yang cermat terhadap berbagai jenis tarian dan bahkan dalam seni bela diri.

Nah demikian lah yang dapat kami bahas tentang ulasan, Tokoh Tari semoga apa yang sudah kami samoaikan dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lainnya: