Macam Macam Tobat

Posted on

Artikel makalah tentang, Macam Macam Tobat lengkap dengan artinya, , pengertian, jenis, makna, arti, hukum, contoh, syarat, serta cara penerapan dalam islam.

Haloo sobat kali ini kami akan memabahas tentang Macam Macam Tobat Assalamu’alaikum,,, Macam Macam Tobat adalah salah satu tahapan dalam islam dengan melakukan perbuatan yang baik dan akan mendekatkan diri kepada Alloh, serta menyesali perbuatan nya yang selama ini dilakukan tentunya perbuatan yang mengandung Dosa.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Tobat

Macam-Macam-Tobat

Tobat adalah sebuah perbuatan yang sangat mulia di hadapana Alloh dan akan penebusan dosa atas segala kesalahan yang selama ini dilakukan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Taubat dalam bahasa (Lughawiah) berasal dari kata Arab “taba-yatibu-tawbat” dan memiliki arti “pertobatan atau pengembalian” dengan penyesalan atas kesalahan dan kesalahan yang dia buat.

Dalam makna “kembali” menunjukkan kewajiban orang-orang yang bertobat (at-taib) untuk kembali ke jalan yang benar dan Allah akan memberinya jalan yang lurus.

Taubatan Nasuha, yaitu mengembalikan kesempurnaan yang dilakukan sejauh mungkin, dan penyesalan dengan bertobat serta akan patuh kepada Allah.

Baca Juga: Ra Tarqiq

Jenis Taubat Menurut Imam Al Ghazali

tobat

Imam Al Ghazali menjelaskan tentang pertobatan menurut kualitas amal yang akan dicapai oleh seseorang yang selalu bertobat untuk meningkatkan dirinya kepada Alloh.

1. Menyesal

Menyesal adalah sebuah penyesalan atas segala perbuatan yang salah san Imam Al Ghazali, telah menyatakan bahwa orang yang bertaubat akan di terima taubatnya apabila dia bertekad untuktidak mengulanginya lagi

 2. Firar

Firar adalah sebagai tindakan “melarikan diri” dari ketidaktaatan ke kepatuhan dan mereka yang melakukan perbuatan lebih baik dan sengaja menghindari tindakan yang mengandung Dosa.

3. Inabat

Inabat adalah orang-orang yang bermula selalu bertobat, bahkan jika mereka tidak melakukan dosa dengan kesadaran yang penuh dan akan bergerak semakin dekat kepada Allah dan pertobatan sebagai kebiasaannya.

Baca Juga: Al Mukminun 12-14

Syarat Syarat Taubat

Dalam islam membahas masalah taubat dan kesalahan yang akan di hapus dengan mengakui bahwa ada dua kesalahan.

Pertama, kesalahan bagi Tuhan (Haqqul-Lah), seperti tidak puasa, tidak berdoa.

Kedua, kesalahan bagi manusia (Haqqul-Adam) sebagai kesalahan yang selalu sadar dan tidak sadar dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Karena itu semua dalam kondisi pembalikan yang harus dipenuhi seorang Muslim atau seorang hamba Allah.

Berikut tiga kondisi Syarat apa bila akan bertaubat kepada Alloh diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyesali perbuatan yang pernah dilakukan dan menyesali dirinya sendiri yang selama ini meninggalkan sholat dan tidak pernah berdoa maka dengan menyesali dirinya tidak akan berbuat yang sama apa yang sudah dilakukan.

2. Menyerahkan berusaha selalu berbuat baik dan terus tertakwa kepada Alloh dengan tindakan menjalankan semua perintah Alloh,

3. Berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang salah di mata Alloh.

Baca Juga: Hukum Bacaan Mim

Pentingnya Taubat

Konsep pertobatan dalam Islam dipandang sangat penting dan sentral dan akan mendapatkan hasil dari salah satu kualitas Allah SWT disebut sebagai paling menyesal (al-Tawwab) dengan kata “tawbat” .

Bahkan suara dalam Al-Baqarah, ayat 222, menyebutkan bahwa Allah Maha Tinggi menyukai orang yang bertobat dan akan membersihkan diri nya dari perbuatan Dosa.

Dalil-Tentang-Tobat

Taubat Menyangkut Dosa

Jika dosa dengan hak-hak sebagai anak Adam dan sesamanya, Imam Nawi menetapkan 4 (empat) kondisi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tinggalkan perilaku yang berbau berdosa
  • Memintak maaf atas tindakan yang selama ini di perbuat atas segala dosa dan tidak akan melakukannya dilakukannya lagi
  • Bebaskan diri dari hak orang yang telah dirugikan dengan cara berikut baik.
  • Selalu mendekatkan diri kepada Alloh

Sekian Pembahasan dari kami tentang Macam Macam Tobat, lengkap dengan arti dam keutamaan nya, semoga apa ysang sudah kami sampaikan di atas dapat memberkan manfaat yang luat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Israf