Sejarah Seni Rupa

Posted on

Halllo sobat kami dari rumussoal.com akan membahas Artikel makalah tentang Sejarah Seni Rupa – lengkap dengan pengertian, ciri ciri, karakteristik, jenis, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Sejarah Seni Rupa – adalah bentuk seni yang menggunakan media yang mengandung estetika sebagai bentuk dan Istilah seni yang disebut dalam bahasa Inggris sebagai seni dengan mengacu pada bentuk seni yang terutama ditujukan pada nilai estetika dan keindahan dan bukan pada nilai fungsional (seni untuk seni). sehingga dapat didasarkan pada lukisan, grafik (gambar) dan patung, dengan perkembangannya bidang seni rupa seperti fotografi dan arsitektur.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Sejarah Seni Rupa Itu

Sejarah-Seni-Rupa

Sejarah dalam perkembangan seni dengan perkembangan secara murni di luar Asia dengan berubahan dalam sejarah seni Eropa dan modern sehingga pengembangan seni ini dapat dijelaskan secara kronologis dengan sejarah.

Tahukah istilah “seni ” dapat mengacu pada bentuk seni yang dibuat untuk nilai estetika dan keindahannya dan akan bermanfaat sebagai kegiatan untuk memenuhi fungsi dengan kebutuhannya.

Seni rupa terletak pada gambar dan karya kreatif seperti lukisan dengan kegiatan non-kreatif lain yang dianggap sebagai seni visual, seperti fotografi dan arsitektur sebagai seni terapan dari pada seni yang murni.

Baca Juga: Jenis Tari Berpasangan

4 Jenis Sejarah Seni Rupa

Sejarah-Seni-Rupa-1

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis seni rupa yang tercatat dalam sejarah dari mancanegara diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Seni Renaisans

Seni Renaisans adalah sebuah transisi dari abad pertengahan ke zaman modern yang terjadi pada akhir abad 15 hingga 16 dengan berkembang pesat dengan tokoh-tokoh dalam sejarah.

2. Seni Barok dan Rokoko

Seni-Barok-dan-Rokoko

Seni Barok dan Rokoko adalah sebuah jenis seni yang muncul pada abad ke-16 dan Rococo pada abad ke-17 dengan karakteristik seni yang meliputi kaya akan cahaya dan warna yang dapat menghasilkan lukisan, seni hias dan patung.

Baca Juga: Jenis Jenis Kerajinan

3. Seni Mesir

Seni-Mesir

Mesir adalah seni yang warisan pada budaya tertua di dunia (sejak 3400 SM) dengan bentuk-bentuk seni dalam bentuk arsitektur pada lukisan dan pengerjaan.

Arsitektur seni mesir terdiri dari piramida, mastaba, dan bangunan candi dengan bangunan tempat mumi disimpan akan bertindak sebagai tempat pemujaan.

  • Seni ini terdiri dari granit, representasi Ramses, Chefren, Achnaton, Amenhotep dan Spinx dengan lukisan yang dapat menggantung di dinding
  • Sebagai tempat pemakaman dan peti mati dengan perhiasan dan mahkota.

Baca Juga: Macam Macam Sulaman

4. Seni Klasik Eropa

Seni-Klasik-Eropa

Seni Klasik Eropa adalah seni yang dimulai dengan seni sebagai peninggalan dalam bentuk arsitektur, patung, relief, lukisan dan kerajinan tangan.

A. Seni visual

Karya seni ini dibuat di Yunani dan termasuk arsitektur dan pengerjaan yang berbentuk istana dan bangunan megah sebagai pola lukisan dengan benda-benda yang alami yang terbuat dari marmer dan kayu.

B. Seni Romawi

Karya seni ini yang dibuat di Roma termasuk arsitektur yang relief sebaai lukisan dan kerajinan tangan termasuk tempat pertunjukan dan monumen.

Seni dengan peninggalan dalam bentuk bunga dan logam dengan hasil kombinasi lukisan Mesir dan Yunani yang dibuat menggunakan teknik mosaik.

C. Seni Yunani

Seni Yunani sebagai budaya antara Yunani, Mesir dalam perpaduan budaya ini yang muncul di kota-kota di Pergamon dan Rhodes dengan gaya Hellenic pada dasarnya realistis.

D. Seni visual abad pertengahan

Seni visual abad pertengahan adalah sebuah lukisan pada abad ke-5 dengan hasil dari dominasi kekuatan gereja (Kristen) telah menggunakan sains dan seni untuk tujuan keagamaan.

Nah demikian lah yang dapat kami sampaikan ulasan tentang, Sejarah Seni Rupa, lengkap dengan pengertian dan jenisnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Birama 4/4