Naudzubillah Min Dzalik

Posted on
Naudzubillah Min Dzalik

Naudzubillah Min Dzalik – Merupakan kalimat yang sering di ucapkan atau di gunakan oleh umat muslim ketika melihat hal – hal yang buruk, kalimat tersebut sering kali di gunakan oleh para kaum wanita khususunya para ibu – ibu.

Kalimat Nauzubillah Min Zalik  نعوذ بالله من ذلك Merupakan sebuah kalimat perlindungan yang kita ucapkan agar kita mendapatkan perlindungan dari Allah agar terhindar dari perbuatan buruk yang akan menimpa kita.

Kalimat tersebut juga dapat di gunakan sebagai sarana untuk menolak bala dari malapetaka, bahaya serta musibah.

Agar lebih jelas mari langsung saja kita simak mengenai penjelasan di bawah ini…?

Pengertian Kalimat Nauzubillah Min Zalik

Nauzubillah Min Zalik merupakan sebuah kalimat yang sangat familiar karena kalimat tersebut sering sekali di ucapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Maka oleh sebab itu kita sebagai umat Islam harus mempercayai bahwa Allah satu – satunya Dzat yang dapat memberikan dan menghilangkan segala yang berbentuk mudharat yan terdapat di dalam diri kita.

Untuk itu hanya Allah semata lah tempat kita umat manusia memohon perlindungan dan pertolongan.

Manfaat Kalimat Nauzubillah Min Zalik

Banyak manfaat yang bisa sahabat Muslim dapatkan dari penggunaan kalimat naudzubillah min dzalik dengan benar.

Pertama, seseorang harus selalu merasa dekat dengan Allah SWT karena yang terlintas dipikiran ketika terjadi peristiwa buruk di sekitarnya maka ungkapan pertama adalah berdoa kepada Sang Pencipta.

Kedua, jika diucapkan dengan sungguh-sungguh, Insya Allah menjauhi hal-hal buruk yang ditakuti.Sebagaimana dijelaskan pada ayat 60 Alquran Surah Ghafir, artinya Allah SWT memerintahkan hamba-hambanya untuk mendoakannya agar dikabulkan.

Ketiga, meminta perlindungan kepada Allah SWT, dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena hanya untuk Allah SWT saja sahabat muslim meminta pertolongan dan perlindungan sebagaimana dijelaskan dalam Alquran, pada ayat 1-5 Surat Al-Falaq dan juga pada ayat 1-6 Surah An-nass.

Ayat-ayat tersebut menegaskan bahwa manusia hanya meminta untuk dilindungi oleh Allah SWT.

Contoh Yang Benar Dalam Penggunaan Kalimat Naudzubillah Min Dzalik

Di bawah ini terdapat beberapa contoh yang baik dan benar di dalam penggunaan kalimat Naudzubillah Min Dzalik di antaranya yaitu sebagai berikut ;

  1. Misalnya, seorang teman muslim mendengar cerita tentang seorang teman yang merasa tidak nyaman dan takut hal itu akan terjadi pada dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya, lalu mengucapkan kalimat tersebut. Sehingga Allah SWT selalu menawarkan perlindungan kepada SWT.
  2. Ketika teman-teman muslim mendengar berita di televisi tentang bencana yang melanda suatu tempat, mereka bisa mengucapkan kalimat tersebut. Sehingga menjadi doa yang baik kepada Allah SWT agar hal-hal yang tidak baik dapat dihindari. Misalnya mengucapkan kalimat ini saat melihat banjir bandang yang melanda wilayah Sulawesi beberapa waktu lalu.
  3. Ketika kejadian buruk terjadi di depan mata Anda, seperti seseorang berkelahi, anda harus bisa menggunakan kalimat ini juga. Agar anda tidak mengalami hal-hal buruk ini dalam hidup anda sendiri. Contoh lainnya adalah ketika anda melihat kecelakaan yang terjadi saat melintasi jalan raya, teman-teman muslim mengucapkan kalimat tersebut.

Kalimat Sering Di Pakai Selain Naudzubillah Min Dzalik

Selain kalimat naudzubillah min dzalik, beberapa ungkapan bahasa arab sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Yang pertama adalah naudzubillah minannar atau ditulis dalam bahasa arab sebagai {نعوذبالله من النار,} yang artinya (kami mohon perlindungan dari Allah SWT dari api neraka).

Kalimat ini juga sering diucapkan sebagai doa untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak disukai Allah.

Kalimat selanjutnya adalah Masya Allah yang sangat cocok digunakan saat sobat muslim berdecak kagum dengan suatu peristiwa atau benda.

Pernyataan ini memiliki dua makna dari tafsir Syekh Muhammad bin Salih Al ‘Uthaimin. Yang pertama adalah apa yang diinginkan Allah SWT ini terjadi. Kedua, apa yang terjadi adalah kehendak Tuhan dan tidak bisa disangkal.

Dalam penggunaan ungkapan Masya Allah yang diiringi dengan kata Tabarakallah yang artinya berkah dari Allah, apapun bisa terjadi.

Arti gabungan keduanya itulah yang dikagumi oleh teman-teman muslim, sebenarnya karena kekuasaan Allah SWT dan tidak ada yang lain.

Apakah teman-teman muslim semakin memahami ungkapan naudzubillah min dzalik, apa artinya, apa saja contoh penggunaannya, dan apa keuntungan menggunakan ungkapan ini? Mulai sekarang tentunya lebih nyaman dipakai karena ternyata efeknya sangat luar biasa buat kamu bukan? Apalagi bila disertai dengan sholat mustajab hanya kepada Allah SWT.

Kiranya demikianlah sahabat mengenai artikel tentang Naudzubillah Min Dzalik yang amat sederhana sekali yang dapat penulis sampaikan mudah -0 mudahan artikel tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi sahabat semuanya.

Sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>