Tulisan Arab Fii Amanillah

Posted on

Assalamu’alaikum sobat. Rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Tulisan Arab Fii Amanillah – lengkap dengan pengertian, arti, makna, dan cara pengucapannya supaya mudah dipahami.

Tulisan Arab Fii Amanillah  merupakan kalimat bahasa arab yang mempunyai arti tentang kebaikan dan doa keselamatan bagi orang yang akan melakukan perjalanan baik jauh maupun dekat agar selalu berada dalam lindungan Alloh SWT.

Langsung saja kita simak mengenai uraian lengkap tentang materi fii amanillah yang terdapat di bawah ini…..!

fii amanillah

Tulisan Arab Fii Amanillah ( فِي أَمَانِ الله ) adalah kalimat yang sudah tidak asing lagi kita dengar di kalangan umat Islam.

kalimat fii amanillah sangat Familiar namun masih banyak juga yang tidak mengetahuin akan maknanya dari kalimat tersebut.

Kalimat fii amanillah sendiri sering di utarakan oleh umat Islam disaat mereka akan berpamitan ketika akan melakukan berpergian.

Kalimat tersebut merupakan sebuah kalimat yang tujuannya untuk memohon perlindungan dari Alloh disaat dalam perjalanan.

Jika kita mengucapkannya dengan benar – benar ikhlas dan sungguh – sungguh maka dapat membawa kebaikan bagi setiap orang yang membacanya.

Baca Juga : Surat Al-Mujadalah Ayat11

Arti Fii Amanillah

Arti Fii amanillah? yaitu ucapan-ucapan yang ditulis dalam bahasa Arab yang mengandung makna ( semoga engkau selalu dalam lindungan Alloh ).

Ketika kita mulai membaca dan membahas apa yang dimaksud, kita semua mungkin mendiskusikan apa yang tersirat dalam pernyataan ini dan apa yang kita inginkan.


Di mana makna dari salam ini pada dasarnya merupakan doa agar kita selama di perjalanan agar selalu dalam lindungan Nya.

Jika kita dengan tulus dan penuh dengan keyakinan Insaallah doa tersebut akan di kabulkan oleh Alloh.

Dan bagi orang yang faham dan mengerti akan makna dari ucapan fii amanillah tentunya orang tersebut akan sangat senang.

Sebab secara tidak langsung jika kita mengucapkannya kepada orang lain berarti kita mendoakan kebaikan terhadap orang tersebut.

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Dalam hal ini, Anda perlu memahami bahwa pelafalan kata-kata berdasarkan bahasa Arab adalah masalah yang sangat rumit karena terkait dengan kesalahan dalam pelafalan.

meskipun pelafalannya memiliki kesalahan yang amat kecil, berpengaruh terhadap arti dan maknanya.

Sebagai contoh, ketika kita mengeluarkan kata Takbir Allahu Akbar, yang berarti (Allah Maha Besar) tetapi jika kita membacanya dengan menambahkan huruf alif kecil maka artinya akan berbeda.

Dalam pengucapan kata fii amanillah, kata” fii ” harus diucapkan dengan panjang kecil, yaitu dengan menambahkan huruf” i “sedikit sehingga kata ini memiliki arti” dalam

Baca Juga : Pengertian Riya

Penggunan Ucapan Fii Amanillah

Secara umum, penggunaan kata fii amanillah tidak hanya untuk semua orang yang ingin bepergian sendiri. pepatah ini juga dapat digunakan dalam keadaan lainnya

Karena itu dapat dikembalikan dari isi maknanya (semoga dalam bahasa Lindean Tuhan), ini berarti bahwa kata Fii Amanillah dapat diucapkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Menemui seseorang yang sedang di landa oleh bencana
  • Pada seseorang yang sedangmemecahkan suatu masalah
  • Untuk seseorang yang memiliki posisi tertentu
  • Akhiri pembicaraan di telepon sebelum kita membahas salam
  • Untuk seseorang yang bekerja dengan seseorang yang sangat berbahaya

Jawaban Fii Amanillah

Lalu bagaimana jawaban atau balasan dari orang yang mengucapkan kata fii amanillah?

Dalam hal ini, seperti sesorang jika mengucapkan Assalamu ‘alaikum, maka seseorang yang menyangkal penguatan ini akan membalas budi dengan pengucapan Wa’ alaikumus salam.

Nah, itulah kata fii amanillah yang harus menjawab seseorang yang menjawabnya.

Jadi jika seseorang mengucapkan fii amanillah maka kita harus menjawabnya dengan ucapan Ma assalamah yang artinya semoga keselamatan selalu menyertaimu,

Maka Anda dapat menggunakan ini sebagai jawaban atas doa orang-orang yang meminta Fii Amanillah untuk Anda.

Karena dalam Islam di anjurkan kita harus saling memberikan penghormatan seperti pada firman Alloh yang terdapat di bawah ini yaitu :

an-nisa ayat 86

Baca Juga : Surat Al-Fathir Ayat 32

Kandungan Yang Terdapat Dalam Fii Amanillah

Dalam Fii Amanillah memiliki makna yang sangat dalam jika diucapkan kepada orang lain.

Oleh sebab itu kita sangat di anjurkan agar mengucapkan kata Fii Amanillah pada orang yang akan berpergian.

Berikut adalah beberapa arti dan manfaat dari fii amanillah yang perlu di ketahui yaitu:

1. Doa Untuk Keselamatan

Fii Amanillah merupakan bagian dari doa untuk keselamatan di saat berpergian sehingga sangat bagus jika fii amanillah di baca ketika seseorang akan melakukan perjalanan.

Ingat makna yang terkandung dalam diri kita kepada Allah SWT sehingga perlindungan selalu diberikan untuk semua bentuk bahaya atau berbagai hal buruk lainnya.

Karena perlindungan yang amat baik hanyalah perlindungan yang timbulnya dari Allah.

2, Memberikan Rasa Kepedulian

Dengan membaca doa fii amanillah maka secara tidak langsung memberi kami harapan bahwa saudara-saudari kita yang bepergian dapat dengan aman mencapai tujuan mereka.

Karena dengan membangun rasa keprihatinan, sebagian besar umat beragama memang sangat dipertanyakan, karena hal ini dapat memperkuat hubungan antara persatuan dan persatuan di antara orang-orang.

3. Rasa Kasih Sayang

Kemudian fii amanillah juga mdapat membuat semua orang memiliki brasa kasih sayang.

Dengan rasa cinta kita, yang akhirnya menuntun kita untuk berdoa dan menyampaikan rasa keprihatinan kepada semua saudara kita yang ingin bepergian.

Namun semua itu kita kembalikan kepada Alloh SWT mengenai keselamatan baik buruknya di dalam berpergian.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Tulisan Arab Fii Amanillah, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya>>>>>