Arti Kata Narsis

Posted on

Hallo sobat pada kesempatan kali ini kami rumussoal.com akan menulis mengenai artikel tentang arti kata narsis yang pada saat ini sangat populer di kalangan para remaja.

Arti Kata Narsis – Merupakan istilah yang sedang populer di kalangan para remaja, yang biasa di gunakan untuk mendeskripsikan diri.

Pada era sekarang ini tentu setiap orang sudah tidak asing lagi dengan istilah narsis atau wefies.

Agar lebih jelas langsung saja mari kita simak mengenai ulasan tentang artikel tersebut di bawah ini..

Definisi

Sebetulnya kata narsis bukan istilah yang baru, namun hingga kini masih banyak orang yang tidak tau dan paham dengan yang namanya narsis.

Kata narsis sendiri sebenarnya berasal dari sebuah kata (narsisme) atau tentang perasaan cinta diri yang berlebihan, bagi orang yang sedang mengalami gejala seperti ini disebut narsis.

Istilah narsis sendiri pertama kali di pakai oleh seorang psikolog yang memiliki nama Sigmund Freud, yang di dapat dari seorang ahli mitologi yang berasal dari Yunani, yang memiliki nama Narcissus.

Narcissus merupakan seorang pemburu yang berasal dari kota Thespiae di Boeotia karna ketampanannya beliau begitu terkenal selain tanpan beliau juga suka memuja keindahan.

Baca Juga: Arti Kata Bengek

Ciri Orang Yang Sedang Narsis

Jika di lihat secara umum, orang yang kerjanya suka membanggakan tentang diri sendiri dengan berlebihan, arogan, serta senang menuntut sesuatu terhadap orang lain adalah termaksud dapat di katakan sebagai orang narsis.

Biasanya orang seperti itu terobsesi pada diri sendiri dan memiliki keyakinan yang berlebihan tentang prilaku yang iya lakukan terhadap orang lain.

Dari beberapa ulasan di atas dapat kita ambil kesimpulan mengenai ciri-ciri orang narsis di antaranya adalah

1. Suka Mengintimidasi Orang Lain

Seperti yang dikemukakan Mayo Clinic, gangguan kepribadian narsistik {NPD} sangat berpengaruh bagai aspek kehidupan orang yang sedang mengalaminya.

Mengapa bisa seperti demikian? Karna orang narsis secara umum suka meremehkan orang lain, menindas serta mengintimidasi.

Terlebih lagi, jika pihak lain memiliki sesuatu yang tidak mereka miliki, mereka pasti akan merasa terancam. karna orang narsis benci melihat orang lain bahagia ketika mereka juga tidak bisa merasakan kebahagiaan tersebut.

Dengan begitu cara orang narsis untuk menjaga harga dirinya dengan cara menindas orang lain.

Ini biasanya terjadi melalui penghinaan, penindasan, atau merendahkan harga diri orang tersebut. cara seperti ini digunakan untuk meyakinkan diri sendiri dan orang lain bahwa tidak ada yang lebih baik selain dirinya.

Baca Juga: Arti Kata Sange

2. Tidak Memikirkan Perasaan Orang Lain

Orang narsisis biasanya tidak mau tau dengan perasaan orang lain, karna orang seperti itu tidak bisa menempatkan diri ketika posisinya berada pada posisi orang lain.

Orang seperti itu selalu berpikir jika keberadaan orang lain hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhannya.

Oleh karena itu, orang narsisis tidak perlu berpikir dua kali untuk memanfaatkan orang lain. Apalagi bila orang tersebut dapat membantunya mencapai tujuan yang iya inginkan.

Masalahnya, penderita gangguan jiwa ini seringkali tidak sadar bahwa mereka melecehkan orang lain. Ini karena narsisis tidak memikirkan kemungkinan efek dari sikap dan perilaku mereka.

3. Senang Di Beri Pujian

Ternyata narsisis juga butuh pujian terus menerus. jika perlu, orang lain harus memujinya setiap hari, meskipun dia tidak melakukan sesuatu yang tidak biasa.

Alasannya adalah bahwa narsisis merasa bahwa pemikiran tentang diri mereka sendiri sebagai sesuatu yang istimewa dan sempurna perlu disahkan oleh orang lain.

Baca Juga: Arti Kata Intisari

Saat bertemu atau menjalin hubungan dengan seorang narsisis, biasanya hubungan itu sepihak.

Konon, hubungan dengan seorang narsisis biasanya berpusat pada orang tersebut. Semuanya akan tentang dia dan bukan tentang Anda.

4. Dirinya Merasa Paling Sempurna Di Banding Orang Lain

Orang narsisis tidak hanya sombong atau sombong, mereka juga merasa jauh lebih penting dari orang lain.

Orang narsisis merasa dirinya sangat unik dan istimewa, karena itu mereka merasa hanya bisa dimengerti oleh orang-orang istimewa lainnya.

Dalam pengertian ini, narsisis juga merasa jika mereka hanya mendapatkan atau merasakan hal-hal biasa saja, mereka tidak pantas mendapatkannya.

Baginya, hal-hal sederhana sama sekali tidak sesuai dengan dirinya karna dia merasa dirinya sangat luar biasa dan istimewa.

Bukan hanya itu, seorang narsisis juga merasa selalu memiliki pengetahuan serta pengorbanan lebih dari orang lain dalam melakukan sesuatu.

Tak perlu dikatakan lagi, narsisis percaya bahwa orang lain sangat beruntung jika bisa intim, akrab, dan berhubungan baik dengan orang narsis tersebut.

Baca Juga: Apa Arti Damage

5. Selalu Hidup Dalam Dunianya Sendiri

Ciri orang narsis selanjutnya dia suka menciptakan dunianya sendiri sesuai dengan pola pikir dari orang tersebut, dia tidak akan mau menerima masukan dari orang lain.

Secara imajinasi orang narsis menganggap dirinya yang paling sukses, cemerlang, menarik, terkuat serta sempurna.

Dunia fantasi ini sebenarnya diciptakan untuk menjaganya agar tidak merasa hampa dan malu. Sifat seorang narsisis ini membuat mereka lebih defensif terhadap orang lain yang tidak menganggap dirinya sempurna.

Secara fakta dan jelas jika orang narsis sering membenci orang yang tidak sependapat dengan apa yang ada di dalam jalan pikirannya.

Kiranya demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai artikel tentang arti kata narsis semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi sahabat semuanya sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>