Contoh Struktur Cerpen

Posted on

Hai kawan-kawan semua kembali lagi bersama Rumussoal.com pada pembahasan kali ini kami akan membahas materi tentang Contoh Struktur Cerpen – lengkap dengan pengertian, dengan nilai-nilai dan analisinya, supaya lebih mudah dipahami.

Contoh Struktur Cerpen – adalah salah satu karya dalam bacaan yang favorit yang terdapat pada kalangan anak-anak dengan menceritakan tentang sebuah peristiwa yang menarik.

Langsung saja simak pembahasn dibawah ini….?

Struktur Cerpen Adalah

Contoh Struktur Cerpen

Struktur Cerpen Adalah salah satu struktur yang terdapat didalam sebuah cerita dengan memperkenalkan tempat, suasana dan penyelesaian pada peristiwa yang diceritakan akan diceritakan dalam sebua cerpen.

Struktur cerpen juga akan menjadi cerita sangat menarik dengan cakupan dari cerita sebagai durasi yang telah ditentukan namun mengandung satu unsur yang penting dengan komplit.

Baca Juga: Contoh Gejala Atmosfer

Struktur Cerpen

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa macam struktur yang terdapat pada cerpen diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Struktur Abstrak

Didalam sebuah cerpen akan memiliki abstrak tetapi ada juga yang tidak memiliki Abstrak didalam cerpen, suatu cerita atau paparan awal cerita yang diceritakan.

Oleh sebab itu struktur abstrak ini terdapat di awal bagian dari cerpen.

Contohnya:

Tema Tentang Keadilan
Dikisahkan seorang murid  bertanya kepada gurunya, Mengapa Tuhan tidak adil, mengapa yang salah selalu benar, lalu sang guru pun  menjawab, Jika kamu ingin tahu dan membuktikan keadilannya pergilah engkau ke bukit Indah, Diamlah dan bersembunyi dibalik bukit itu.

Sang murid kembali bertanyake pada sang guru berapa lama aku harus menunggu dibukit itu disana sangat gersang siapa yang mau datang kesana ada orang yang mau datang kesana wahai guruku sang guru menjawab jika kamu melihat kebenaran yang sebenarnya silahkan kamu lakukan yang kukatakan, Jika kamu tidak mau boleh tidak pergi kesana.

Kembalilah setelah engkau sudah melihat semuanya akan engkau temukan keadilan yang sebenarnya dan akan terlihat Tuhan adalah maha adil mengikuti kata gurunya itu dan sang murit berangkat menuju bukit Indah yang dikatakan oleh gurunya itu.

2. Struktur Orientasi

Orientasi adalah yang menunjukkan adanya tempat, suasana dan waktu yang jelas dalam sebuah cerita pendek unsur tanya tentang dimanakah peristiwa itu terjadi, kapan, dan bagaimana suasana saat itu yang menunjukkan suatu keadaan di dalam cerita cerpen.

Contohnya:

Kakek tua itu melihat sebuah pohon yang sangat besar dan yang sangat rimbun ditengah padang rumput ini yang sangat jernih yang keluar dari mata air yang ada disekitar pohon besar itu, karena terlihat ada kemudahan yang bisa menahan haus dan panas terik yang membakar tubuhnya didalam perjalanannya itu.

Akhirnya kekek semakin mendekati pohon itu, lalu ditariknya nafas yang panjang dan tersengal itu mengambil air dengan menggunakan telapak tangannya yang sedikit gemetar dan selalu datang di waktu yang sangat tepat ya air yang jernih itu.

Karena ia sangat lelahan sang kakek pun bersandar untuk melepas lelah setelah ia berjalan yang amat lama di bawah terik matahari yang membakar kulitnya kemana tujuannya namun sang kakek terlihat sangat letih, kumuh dan sangat kesulitan meneruskan perjalananya.

3. Struktur Komplikasi

Komplikasi adalah suatu kronologi atau peristiwa tentang suatu sebab dan akibat suatu kejadian yang tercantum dan diceritakan dalam cerita itu yang digambarkan didalam suatu tokoh yang terdapat dalam plot cerita itu.

Contohnya:

Suara kuda terdengar mendekati kakek itu baru saja duduk dibawah pohon besar itu pun langsung mendekati lelaki tua sudah renta itu apakah engkau mengambil barangku yang tertinggal disini tadi.

Barang apakah wahai anak muda melihat apapun dan tidak mengambil apapun yang ada di sini baru saja beristirahat disini Jawabnya.

Sudahlahlah jangan berbohong kembalikan barangku atau kau akan kubunuh kembalikan bukankah engkau dapat melihat tiada apapun selain tongkat ini saja yang aku bawa tanpa panjang lebar sang penunggang kuda itu membunuh kakek tua itu membuatnya tewas seketika di bawah pohon besar.

4. Struktur Evaluasi

Dalam cerpen (cerita pendek) terdapat bagian penyelesaian pada suatu peristiwa atau konflik yang diceritakan kedalam cerita evaluasi ini adalah struktur yang mengantarkan kepada sang pembacanya pada tahap akhir dan adanya solusi dari suatu permasalahan.

Contohnya:

Sebelum kakek tua itu datang ke mata air ada seorang bocah berumur 18 tahun duluan yang menit setelah penunggang kuda tersebut pergi berisi emas dan uang Ia langsung pergi.

Tanpa berpikir panjang si penungang kuda itu bergegas membawa barang temuannya pergi melakukan perjalanan di gurun itu juga berhenti dan beristirahat.

Namun sayang, berakhir menyedihkan kakek terbunuh di bawah pohon itu id dibunuh karena dituduh mencuri dan langsung dibunuh dengan menggunakan pedang oleh sang penunggang kuda itu.

Ia bersabar menunggu sang penunggang kuda pergi lalu muncul dan menandatangani  sang kakek tua tersebut gerangan yang terjadi apa yang ingin diajarkan sang guru padanya dalam isi kepala dan dalam hatinya.

5. Struktur Resolusi

Struktur resolusi adalah atau pengarang atau penulis membuat solusi atas masalah yang terjadi dan dihadapi oleh tokoh dalam cerita yang dapat berfungsi sebagai point yang paling penting bagi sebuah edukatif bagi si pembaca cerpen.

Contohnya:

Kejadian pada saat itu yang sangat menyedihkan disaksikan oleh seseorang yang telah lama bersembunyi dibalik bongkahan bahu di dekat mata air mata iya menyaksikan dan marasa sangat menyesal.

Seharusnya aku datang cepat melerainya tadi memang sangat bodoh seharusnya aku katakan bahwa bukan kakek tua itu yang mengambil barang pemuda ya Tuhan tunjukkanlah kebenaran yang sebenarnya Tuhan.

Iya ingin segera menceritakan semunya kepada gurunya tentang perihal yang sudah disaksikannya dibalik bukit itu.

Cara Membuat Cerpen

cerpen

1. Memahami kata yang baik – Sebagaimana kita ketahui bahwa didalam cerpen yang baik dan juga benar harus memiliki struktur yang tepat, dalam menuliskan cerpen kita harus seperti terdiri dari beberapa kata.

2. Memiliki Referensi – Takmungkinse seorang penulis tidak deka membaca,atau dia sama sekali tidak pernah membaca cerpen karya penulis yang terkenal, dibangun dalam sebuah cerita pendek.

3. Tuangkan Tokoh Cerita – Kedalaman emosi yang tertuang dalam cerpen akan membuat siapa saja yang membaca menjadi terbawa dan untuk terus dan ingin tahu seluruh peran tokoh cerita.

4. Cerita Yang sempit – cerpen sebuah peristiwa atau cerita dipersempit menjadi lebih padat, singkat dan jelas dan fokus pada endingnya saja.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Contoh Struktur Cerpen, semoga materi ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: