Doa Kafaratul Majelis

Posted on
Doa-Kafaratul-Majelis-1

Artikel makalah tentang Doa Kafaratul Majelis dan Artinya – meliputi, pengertian, lafal, manfaat, faedah, makna, arti dan cara membacanya sesuai dalam agama islam.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum, Apa itu Doa Kafaratul Majelis hal ini merupakan salah satu aktifitas yang diiringi perkumpulan dengan kegiatan yang membawa kebaikan karena di dalam nya akan membawa manusia kejalan kebaikan, sehinga atas izin Alloh akan dengan mudah melakukan aktifitas yang semacam ini.

Keterangan Kafaratul Majelis 

Kafaratul Majelis, Aisyah Radhiallahu’anha, telah berkata: “Setiap nabi sallallaahu ‘alaihi wasallam duduk di suatu tempat, semua orang membaca Quran dan membaca doa dengan beberapa kalimat.”

Maka doa kafaratul majelis memiliki fungsi untuk menghapus dosa dan kesalahan yang terjadi dalam kehidupan yang pernah di perbuata sehingga dengan perkumpulan majelis dapat memuliakan diri dengan bertaubat kepada Alloh.

Dengan demikian perilaku ini dapat ditegaskan dalam hadits yang berbunyi:

” Barang siapa yang duduk di sebuah jama’ah dan dia berbuat kebaikan dan memanjatan Doa maka kesalahan yang telah ia perbuata akan di ampuni Oleh Alloh.”

Aisyah Radhiallahu’anha berkata berkata,, “Wahai Rasulullah Saya melihat engkau duduk dalam sebuah perkumpulan dan membaca Quran atau berdoa, engkau selalu mengahiri nya dengan mengucap beberapa kalimat.”

Ia berkata, “Ya, setiap orang yang melakukan perbuatan yang baik ia akan mendapat hadiah yang baik dengan memanjatkan kalimat Doa.”

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar

Lafal Doa Kafaratul Majelis

Dari beberapa keterangan di atas, maka di sini juga akami akan memberikan lafal doa kafaratul majelis adalah:

Doa-Kafaratul-Majelis

Arti Doa Kafaratul

  • Doa dapat meningkatkan kebaktian pada saat duduku dalam pertemuan di sebua majelis
  • Terdapat tiga unsur dalam doa
  • (1) membersihkan dari berbagai kekurangan dengan memuji Alloh
  • (1) hanya kepada Allah lah tempat memanjatkan doa, dengan pujian yang baik.
  • (3) kembali bertobat kepada Alloh.
  • Siapa pun yang melafalkan nya Allah akan mengampuni dosa-dosa nya.

Faedah Doa Kafaratul

  • Hanya Tuhan yang dapat mencegah hamba unutk bermoral dengan takut padanya
  • Hanya Allah yang dapat bimbingan agar kita bisa taat kepadanya dan tetap mendapatkan hidayah atay Taufik.
  • Tidak ada yang bisa memberi surga selain Aloh.
  • Seorang hamba hanya bisa bersabar dengan keyakinan dan iman yang benar.
  • Diminta untuk tetap bertahan dengan mengharap pertolongan dari Alloh.
  • Berdoa secara khusus dan mintak terhindar dari orang-orang kafir.
  • Bencana terbesar yang menimpa saya akan di beri kemudahan oleh Alloh.
  • Allah akan menguji hamba-Nya jika ia mengikari taubatnya dan melakukan hal yang buruk.

Baca Juga: Doa Tahallul

Makna Doa Kafaratul Majelis

Doa ini sangat baik di amalkan Dan doa ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dengan membaca dan menghafal nya sehingga hal ini akan bermakna apa bila sering membanya.

Berikut Makna dari doa kafaratul majelis:

1. Bacaan Tasbih

Membaca tasbih dan memurnikan Allah hal ini berarti Alloh yang maha kuasa dari semua makhluk yang lemah yang penuh dengan kelurangan dan yang penuh dengan dosa yang akan mengabdikan dirinya kepada Alloh.

Kalimat tasbih sebagai pengakuan atas semua kelemahan, ketidak tahuan, dan kelupaan maka dengan ungkapan doa ini akan membahwa kita terbebas dari segala bentuk dan tindakan yang buruk.,

Dalam membaca tasbih juga mengandung makna doa dan keinginan untuk memberi hadiah dan memintak ampun atas segala kesalahan yang pernah di perbuat dengan harapan Alloh dapat mengampuni.

2. Bacaan Tahmid

Kami mengucapkan Tahmid (puji Tuhan) dengan semua pujianhanya Alloh lah yang berkuasa atas segalah makluk yang ada di muka bumi ini, dan kami memuji dengan pujian yang tulus.

Dan Kami memohnon agar diberi kesempatan untuk bertobat, dan untuk menaati semua perintah yang telah di tetapkan oleh Alloh.

3. Doa Pengampunan

Setelah membaca tasbih dan tahmid, kami juga meminta pengampunan atas semua dosa dan kesalahan serta kelalaian yang telah kami lakukan selama di dunia ini dan kemudian kami bertobat dari semua dosa yang kami lakukan.

4. Membaca Istighfar

Membaca Istighfar berfungsi untuk meminta kepada Alloh agar dapat mengampuni semua kejahatan dan dosa masa lalu sehingga memberikan ampunan kepada kami.

Nah itulah sobat yang dapat kami sampaikan menganai ulasan tentang Doa Kafaratul Majelis sesuai dalam ajaran islam, semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Doa Wukuf

Artikel Lainya: