Fungsi Faring

Posted on

Hallo Guys Rumussoal.com kali ini akan menyampaikan ilmu pengetahuan tentang Fungsi Faring pada Organ tubuh manusia, berdasarkan unsur pernapasan dan penyakitnya.

Fungsi Faring – adalah salah satu organ tubuh yang dikenal sebagai tenggorokan bagian bawah tengkorak ke tulang rawan krikoid di trakea.

Namun faring tidak hanya berfungsi sebagai saluran udara yang akan memperoses makanan dan air akan tetapi tetapi dapat membantu berbicara.

Faring sendiri dapat berfungsi sebagai jalur udara sebagai tenggorokan, dengan memberikan kesehatan pada tubuh.

Faring berfungsi untuk pernapasan dan pencernaan udara yang masuk ke dalam tubuh dengan melewati sistem pencernaan atau pernafasan.

Selain itu juga sangat penting untuk tubuh sebagai jalur agar manusia dapat bertahan hidup.

Baca Juga: Fungsi Trakea

Struktur Faring

Struktur dari Faring adalah dapat membentuk saluran membran otot di dasar tengkorak dengan memiliki dinding muskulomembran yang tidak sempurna.

Maka jringan muskulomembran akan digantikan oleh pembukaan nasal dalam posterior yang mengalir ke dalam rongga mulut..

Defisi

Karsinoma nasofaring jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan di belakang langit-langit rongga mulut.

Definisi lain dari karsinoma nasofaring keganasan yang berasal dari epitel atau mukosa dan kriptus yang melapisi permukaan nasofaring.

Etiologi

Kanker dimulai ketika ada satu atau lebih mutasi genetik yang menyebabkan sel-sel normal.

Tumbuh tak terkendali, menyerang jaringan di sekitarnya dan, akhirnya menyebar ke jaringan / organ lain.

Pada kanker nasofaring, proses ini dimulai pada sel skuamosa yang melapisi permukaan nasofaring.

Penyebab pasti dari mutasi gen penyebab kanker nasofaring belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker nasofaring.

Gejala

Pada stadium kanker nasofaring tidak menimbulkan gejala apapun, namun seiring berkembangnya gejala dapat muncul seperti:

  • Darah di air liur
  • Darah keluar dari hidung
  • Hidung tersumbat
  • Gangguan pendengaran
  • Infeksi telinga yang sering
  • Sakit kepala
  • Diagnosa

Tes yang digunakan untuk mendiagnosis kanker nasofaring meliputi:

  • Pemeriksaan fisik oleh dokter
  • Magnetic Resonance membantu penyebaran sel kanker
  • Computed tomography melihat sel kanker di kelenjar getah bening
  • Sinar-X melihat sel kanker yang menyebar di paru-paru
  • Pengobatan

Pengobatan kanker nasofaring biasanya didasarkan pada beberapa faktor, seperti stadium pengobatan, status kesehatan umum dan efek samping obat.

Pengobatan awal yang biasa dilakukan adalah terapi radiasi atau kombinasi antara radiasi dan kemoterapi.

Terapi ini digunakan untuk kanker pada stadium awal yang terjadi dengan terapi ini mulut gangguan pendengaran dan terapi ini meningkatkan risiko terkena kanker lidah dan tulang.

Kemoterapi adalah terapi yang menggunakan bantuan pengobatan. Terapi ini bekerja dengan cara mengurangi sel kanker yang namun terkadang sel sehat juga berkurang.

Efek samping dari terapi ini adalah rambut rontok, mual dan lemas yang timbul tergantung pada jenis obat yang diberikan.

Pilihan pengobatan terakhir dengan pembedahan yang bertujuan untuk mengangkat kelenjar getah bening dari leher yang terkena kanker.

Pencegahan

  • Kurangi konsumsi makanan dan merokok
  • Berhenti merokok
  • Kurangi konsumsi alkohol
  • Mulailah gaya hidup sehat serta istirahat yang cukup
  • Berolahragalah secara teratur
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
  • Benturan

Kanker nasofaring dapat menyebar ke organ lain di tubuh, seperti kelenjar getah bening di leher tulang, sumsum tulang, paru-paru, dan hati.

Selain itu, kanker nasofaring juga dapat menyebabkan sindrom paraneoplastik, dimana sistem imun bereaksi terhadap kanker dengan menyerang sel normal.

Baca Juga: Fungsi Paru Paru

Fungsi Faring Pada Tubuh

Fungsi Faring Pada Tubuh dalam kerongkongan merupakan cabang dari dua saluran yang menghubungkan mulut dan kerongkongan.

Pada saluran pencernaan yang berada di bagian posterior, dan diketahui hidung dan tenggorokan sebagai saluran pernafasan yang ada di depan.

Faring juga merupakan bagian yang terdapat dalam tengkorak manusia dan terletak di bagian bawah tulang rawan karena berperan pada sistem pencernaan.

Berikut adalah fungsi faring adalah.

  1. Cara bernafas

Salah satu fungsi faring pada sistem pernafasan adalah menyediakan jalur udara dari hidung untuk mencapai paru-paru melalui laring dan trakea faring, ada tanah genting yang membantu bernapas melalui hidung dan mulut.

  1. Mencegah masuknya udara dari makanan

Mencegah masuknya udara dari makanan adalah mencegah udara masuk ke sistem pencernaan dan mencegah makanan dan minuman dapat terjadi karena adanya epiglotis atau katup di ujung faring.

  1. Berperan dalam proses menelan makanan

Berperan dalam proses menelan makanan bisa mengembang dan mengangkat laring, memungkinkan menelan makanan.

  1. Dorong makanan ke kerongkongan

Fungsi penting lainnya dari faring adalah membantu makanan melewati kerongkongan dibawa ke kerongkongan dengan kontraksi otot melingkar dari faring.

  1. Keseimbangan tekanan udara

Siapa yang bisa membayangkan, fungsi faring selanjutnya membantu menyeimbangkan tekanan udara di gendang telinga bisa seimbang karena faring terhubung ke telinga tengah dengan bantuan tuba Eustachius.

  1. Membantu berbicara

Fungsi faring yang jarang diketahui adalah memungkinkan berbicara atau mengucapkan kata-kata.

Faring bekerja sama dengan otot lain untuk menghasilkan suara bertanggung jawab untuk menyampaikan suara selama kata pertama dan untuk menyalurkan suara keluar dari mulut.

Ok sobatdemikian pembahsan yang dapat kami sampaikan, Fungsi Faring semoga dengan adanya pembahsan ini dappat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainya>>>>>