Fungsi Paru Paru

Posted on

Hallo Guys Rumussoal.com kali ini akan menyampaikan ilmu pengetahuan tentang Fungsi Paru Paru pada Organ tubuh manusia, berdasarkan unsur pernapasan dan penyakitnya.

Fungsi Paru Paru – Pada organ tubuh manusia merupakan organ respirasi yang memiliki hubungan dengan sistem pernafasan dan peredaran darah yang mengalis pada tubuh.

Namun dapat di vertebrata dengan bernafas melalui udara yang berfungsi sebagai menukar oksigen di udara pada karbondioksida di dalam darah.

Sehingga terdapat proses dengan kesehatan pada tubuh manusia secara keseluruhan yang bisa terpengaruh.

Meski demikian paru-paru juga memiliki karakteristik yang berbeda sekitar 325–550 gram dengan memiliki tiga bagian (lobus).

Akan tetapi hal tersebut memiliki ukuran dan berat yang lebih besar daripada organ tubuh yang lainnya.

Anatomi Paru-Paru Pada Manusia

Fungsi Paru Paru memiliki berat sekitar 375 sampai 600 gram bahkan terkadang bisa melbihi ukuran itu.

Paru-paru terdiri dari tiga bagian, yaitu lobus lobus dan lobus bawah Sedangkan memiliki dua bagian dengan lobus atas dan bawah

Selain itu juga setiap segmen dibagi menjadi belahan yang disebut lobus agar dapat membentuk bronkiolus yang kemudian dapat bercabang menjadi alveoli.

Maka Pleura dapat menghasilkan cairan yang disebut sebagai cairan serosa yang berfungsi melumasi dengan demikian itulah teriritasi oleh proses ekspansi dan kontraksi saat bernafas.

Struktur paru-paru pada organ tubuh

👉 Bronchi – adalah percabangan bronkial yang dapat menghubungkan paru-paru kiri dan paru-paru kanan dalam bentuk trakea dengan lapisan mukosa pada otot polos.

Sehingga tulang rawan akan bekerja seperti kerangka bronkial pada lapisan mukosa yang akan menghasilkan lendir secara otomatis tanpa disadari.

👉 Bronkiolus – adalah cabang bronkial yang dapat mengalir ke alveoli dengan struktur bronkus yang tidak memiliki tulang rawan dengan jaringan epitel kuboid bersilia.

👉 Alveolus – adalah tempat pertukaran jaringan oksigen dan karbon dioksida dengan membentuk struktur alveolar yang terdiri selaput tipis.

Dan banyak kapiler darah yang melepaskan karbon dioksida ke udara sehingga dapat menghilangkan oksigen dari udara.

👉 Pleura – adalah selaput yang dapat melapisi paru-paru denga struktur kantong pleura dengan mengurangi gesekan saat paru-paru mengembang.

Pleura juga terdiri dari lapisan, pleura parietal dan pleura viseral dengan cairan ringan yang mengandung glikosaminoglikan di kedua area tersebut.

👉 Diafragma – adalah serabut otot yang dapat membentuk batas rongga dada dan rongga perut.

Mak diafragma juga berperan dalam proses pernapasan perut pada pembuluh darah, dan bagian saraf yang disebut saraf frenikus.

👉 Trakea (tenggorokan) – adalah tabung 12 sentimeter yang menghubungkan laring ke bronkus.

Maka lapisan Trakea bekerja di saluran pernapasan yang akan ditemukan di sel epitel dengan bekerja menangkap partikel asing dan membawanya ke dalam faring.

Fungsi Paru-Paru Pada Organ Manusia

Secara umum fungsi paru-paru pada manusia memiliki beberapa fungsi, diantara fungsi tersebut adalah.

Alat bantu pernapasan

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pertukaran gas terjadi di rongga paru dengan oksigen dan karbondioksida dilakukan oleh bagian terkecil paru-paru.

Manusia menghirup melalui hidung, yang kemudian mengalir melalui tenggorokan mencapai alveoli, udara disaring oksigen dan kemudian dihembuskan sebagai karbondioksida.

Pelindung badan lain

Selain berfungsi sebagai media pernapasan fungsi pada manusia juga untuk melindungi organ lain dengan posisi hati terletak di bawah kedua sisi paru-paru, sehingga terlindung dari syok.

Pengendalian pH darah

Pengendalian pH darah berfungsi sebagai efek dari kadar asam dan basa dalam darah pH darah dapat mengganggu organ tubuh dengan paru-paru berfungsi yang baik, pH darah normal.

Sebaliknya fungsi paru-paru tidak berfungsi dengan baik akan terjadi asidosis respiratorik dan respiratorik yang merupakan kondisi ketidakseimbangan pH darah manusia.

Seperti eskalator siliaris

Seperti eskalator siliaris sebagai eskalator siliaris untuk melindungi dari infeksi yang dibawa oleh udara yang masuk ke dalam tubuh.

Semua zat berbahaya debu dan bakteri, akan terperangkap di lapisan lendir yang terletak di permukaan mukosa saluran pernapasan.

Fungsi lain dari paru-paru manusia

Fungsi lain dari paru-paru manusia juga berperan dalam menyaring gumpalan darah yang terbentuk di pembuluh darah vena juga menyediakan aliran udara untuk menghasilkan suara vokal.

Penyakit yang dapat menyerang organ paru-paru

Ada beberapa penyakit yang biasanya menyerang sistem pernafasan dan akan mengakibatkan paru-paru akan terasa sakit.

1. Bronkitis

Penyakit saluran pernafasan yang terjadi akibat infeksi saluran pernafasan bagian atas dan biasanya disebabkan oleh virus.

2. Radang paru-paru

Penyakit pernapasan yang menyebabkan peradangan pada bagian terkecil paru-paru, termasuk bronkiolus dan jaringan alveolar.

3. Asma

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh peradangan pada saluran pernafasan ini menyebabkan pembengkakan dan penyempitan saluran udara yang seharusnya mengalir ke paru-paru tersumbat.

4. Tuberkulosis

Infeksi bakteri yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan manusia.

Bakteri ini dapat ditularkan melalui saluran menyerang paru-paru, tetapi juga berisiko menyebar ke kelenjar getah bening, tulang, sistem saraf pusat, dan organ lainnya.

Ok sobatdemikian pembahsan yang dapat kami sampaikan, Fungsi Paru Paru semoga dengan adanya pembahsan ini dappat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainya>>>>>