Fungsi Retikulum Endoplasma

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang Fungsi retikulum endoplasma – lengkap dengan pengertian, jenis, struktur, karakteristik, perbedaan, hubungan dan bagian supaya mudah dipahami.

Retikulum Endoplasma Adalah

Fungsi-Retikulum-Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah salah satu bentuk sel organel dengan sekumpulan kantong kemih, dan akan membentuk sitoplasma sel eukariotik.

RE juga merupakan bagian dari sel dengan sistem membran dalam lubang yang memiliki saluran sehingga dapat bertindak untuk memindahkan zat dari satu sel ke sel lainnya.

Baca Juga: Fungsi Struktur Ribosom

Fungsi Utama Retikulum Endoplasma

Retikulum-Endoplasma

Berikut ini ada beberapa fungsi utama dari retikulum endoplasma, diantaranya yaitu :

  • Mengubah protein yang disintesis oleh ribosom untuk mendistribusikannya melalui kompleks Golgi dan kemudian keluarkan dari sel.
  • Mendukung sintesis protein dan menyalurkan materi genetik antara inti sel dan sitoplasma.
  • Bekerja sebagai alat transportasi untuk zat yang terkandung dalam sel – sel ini.
  • Berfungsi menjadi kalsium, yang kemudian dikeluarkan dari retikulum endoplasma dan kemudian diarahkan ke sitosol.

Fungsi Khusus Retikulum Endoplasma

Berikut ini terdapat 3 fungsi khusus dari retikulum endoplasma, diantaranya yaitu :

1. Fungsi Detoksifikasi

Selain untuk enzim sintesis lipid, retikulum endoplasma juga mengandung enzim yang mendetoksifikasi obat dan metabolit yang tidak larut dalam air, enzim yang berperan dalam detoksifikasi adalah sitokrom P450.

Keberadaan enzim ini menyebabkan obat yang tidak larut dalam air menjadi larut dalam air melalui sejumlah proses kimia sehingga mereka dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Baca Juga: Fungsi Struktur Lisosom

2. Fungsi Sintesa Lipida

Kurikulum ini menghasilkan hampir semua jenis lipid yang dibutuhkan untuk pembentukan membran, termasuk fosfolipid dan kolesterol, fosfolipid yang dihasilkan diangkut ke membran sel.

Membran alat golgi dengan mengangkut vesikel dan membran dalam lisosom, sedangkan fosfolipid untuk membran organel lainnya dibawa oleh propetin transfer fosfolipid.

3. Fungsi Menghasilkan Seramida

Membran retikulum endoplasma menghasilkan ceramide, yang diangkut ke peralatan golgi sebagai bahan baku untuk sintesis glifolipid.

Jenis Retikulum Endoplasma

Jenis-RE

Berikut ini terdapat jenis – jenis dari retikulum endoplasma, diantaranya yaitu :

1. Retikulum Kasar

Retikulm kasar adalah jenis retikulum endoplasma yang terstruktur secara kasar karena ada bintik – bintik di permukaannya yang ribosom.

Ribosom ini berperan dalam sintesis protein, itulah sebabnya fungsi utama retikulum kasar adalah sebagai lokasi untuk sintesis protein.

2. Retikulum Halus

Retikulum halus adalah kebalikan dari tekstur kasar karena permukaan retikulum endoplasma jenis ini halus tanpa noda ribosom.

Endoplasma halus ini memiliki fungsi dalam beberapa proses metabolisme, yaitu sintesis lipid.

Metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat dan reseptor menggantikan protein membran sel.

3. Retikulum Sarkoplasmik

Retikulum sarkoplasmik adalah tipe khusus retikulum yang ditemukan pada otot yang licin dan berurut, yang membuat retikulum ini berbeda dari retikulum lain yaitu dari kandungan proteinnya.

Pada retikulum endoplasma yang halus mensintesis molekul, sementara retikulum endoplasma sarkoplasma yaitu menampung ion kalsium, retikulum endoplasma sarkoplasma berperan dalam memicu kontraksi otot.

Baca Juga: Faktor Seleksi Alam

Struktur Retikulum Endoplasma

Struktur-RE

Berikut ini terdapat beberapa struktur dari retikulum endoplasma, diantaranya yaitu :

1. Struktur REK

Pada Struktur REK terdapat bintik ribosom pada permukaan RE yang kasar, sehingga membran tidak terlihat bersih, ribosom ini berperan dalam sintesis protein.

Jadi fungsi utama RE mentah adalah tempat untuk sintesis protein, raues RE memiliki struktur karakteristik di mana setiap sel terdiri dari 2 membran sel, dan itu menjadi satu di tepi setiap sel membran ini yang dibatasi oleh tas berbentuk tas.

2. Struktur REH

Berbeda dengan RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik ribosom pada permukaan halus, yang dibentuk dari labirin dengan saluran yang halus dan saling berhubungan dan infiltrasi ke semua sitoplasma.

Struktur akan disempurnakan pada tahap proses metabolisme dengan sintesis lipid, sehingga akan menghasilkan karbohidrat dan kalsium pada membran sel.

Karakteristik Retikulum Endoplasma

Karakteristis retikulum endoplasma adalah bagian dari retikulum endoplasma spesifik, terdapat ribuan ribosom tempat proses pembentukan protein berlangsung dalam sel.

Karakteristik retikulum endoplasma kasar yaitu untuk mengisolasi protein dan memindahkannya ke bagian lain dari sel.

Sebagian besar protein ini tidak diperlukan dalam sel besar dan biasanya dikeluarkan dari sel.

Contohnya:

Protein ini adalah enzim dan hormon, bagian retikulum endoplasma yang tidak ditutupi oleh ribosom disebut retikulum yang halus.

Sehingga akan mendapatkan keuntungan dari retikulum yang halus sebagai pembentukan lemak dan steroid pada organ seperti hati.

Baca Juga: Bentuk Bakteri

Perbedaan RE Kasar dan RE Halus

Berikut ini terdapat beberapa perbedaan retikulum endoplasma, diantaranya yaitu :

1. Berdasarkan Proporsinya

Berdaskan proporsi RE halus sangat rendah dibandingkan dengan ER kasar, RE murni terjadi sebagian dalam sel – sel yang berperan aktif dalam sintesis dan lipid.

2. Berdasarkan Fungsinya

Retikulum akan bertanggung jawab dalam pembentukan sintesis protein kedalam sintesis lipid yang halus supaya terjadi tempat penyimpanan sel yang akan dibentuk.

3. Berdasarkan Penampilan

Perbedaan utama antara keduanya sebuah tampilan yang memiliki permukaan yang bergelombang dan saling memiliki permukaan yang halus.

Lalu akan membuat struktur yang berhubungan pada garis reguler yang halus dan akan selalu terhubung.

Hubungan RE Kasar dan RE Halus

Dari sudut pandang morfologis, RE kasar dan RE lebih halus umumnya berasal dari pengembangan RE halus, pengembangan kasar RE dilihat dari tindakan sebagai penetralisir racun fenorbarbital atau detoksifikasi.

Enzim yang murni akan berkembang menjadi endoplasma pada enzim yang halus sehingga saling berhubungan dalam bentuk fungsionalnya.

Bagian Retikulum Endoplasma

Berikut ini terdapat 2 bagian dari retikulum endoplasma, diantarnya yaitu :

1. Bagian RE Didalam Tumbuhan

Sel tumbuhan ini bertindak pada saluran melalui pemasukan protein ke dalam biosintesis lipid.

Ada sejumlah membran larut yang terkait dengan enzim dan molekul terkait, fungsi umum retikulum endoplasma dalam sel tanaman yang mensintesis protein dan pematangan.

Retikulum endoplasma dalam sel tanaman memiliki beberapa fungsi tambahan yang tidak dapat ditemukan dalam sel hewan.

Fungsi lainnya adalah untuk melibatkan sel sehingga komunikasi sel antara sel khusus dan juga bertindak sebagai lokasi penyimpanan protein.

Baca Juga : Klasifikasi Planet

2. Bagian RE Didalam Hewan

Dalam sel hewan, retikulum endoplasma adalah jaringan kantung yang memainkan peran penting dalam pembuatannya.

Pemrosesan dan transportasi berbagai jenis senyawa kimia untuk digunakan di dalam dan di luar sel.

Ini terhubung ke inti dua lapis, yang membentuk garis antara inti dan sitoplasma sel hewan.

Retikulum endoplasma dalam sel hewan adalah organel multifungsi yang mensintesis membran lipid, protein dan juga mengatur kalsium intraseluler.

Nah sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Fungsi retikulum endoplasma, semoga pembahasan ini dapat dipahami dan berguna untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainya>>>>>