Jenis Jenis Kerajinan

Posted on

Halllo sobat kesempatan ini kami dari rumussoal.com akan manyampaikan Artikel makalah tentang Jenis Jenis Kerajinan – lengkap dengan pengertian, teknik, karakteristik, jenis, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Kerajinan – adalah sebuah produk yang dibuat dengan tangan sehingga memiliki nilai sebagai karya seni yang berfokus pada kerajinan tangan sebagai pengrajin dan akan berusaha menghasilkan kualitas dan akan berfungsi degan keindahannya, langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Kerajinan

Jenis-Jenis-Kerajinan

Kerajinan adalah salah satu kegiatan yang menggunakan keterampilan tangan dan seni untuk membuat objek dengan memiliki fungsi atau memiliki nilai estetika yang akan berkualita tinggi sehingga dapat digunakan sebagai dalam pameran.

Jenis Jenis Kerajinan juga memiliki unsur seni yang dibuat dengan kerajinan tangan manusia diantaranya, kerajinan tangan, lampu hias. boneka dan lain sebagainya.

Maka kerajinan adalah semua kegiatan yang terkait dengan produksi benda yang akan bernilai artistik atau memiliki dengan fungsi tertentu yang dihasilkan oleh kerajinan tangan.

Baca Juga: Tokoh Tari

Fungsi Kerajinan

Kerajinan memiliki dua fungsi, yaitu fungsi penggunaan dan fungsi dekoratif dan akan menghasilkan produk kerajinan yang menekankan aspek fungsional yang bisa menggunakan kerajinan ini untuk membuat pekerjaan yang lebih mudah.

Dalam hal ini juga sebagai fungsi dekoratif dengan poin sebagai seni dan kerajinan dengan dekoratif umumnya hanya menekankan estetika dan keindahan dibandingkan dengan fungsi objek.

Baca Juga: Birama 4/4

8 Jenis Jenis Kerajinan

Dari apa yang sudah kami sampai kan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis dari berbagai kerajinan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Teater Boneka

Teater Boneka adalah salah satu seni budaya asli nusantara yang akan di buat dibuat dengan hasil dari seni sebagai bahan yang dapat diu gunakan dalam menghibur anak-anak, dan boneka terdiri dari boneka kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan pertunjukan boneka kayu dan lainya juga.

2. Kerajinan Keramik

Kerajinan Keramik adalah hasil dari kerajinan tangan yang terbuat dari tanah sebagai kerajinan keramik sangat berbeda, seperti bunga, gelas, mangkuk, gelas dan lainsebagai nya.

3. Kerajinan Tenun

Kerajinan tenun adalah hasil kerajinan tradisional yang dibuat dengan teknik dan alat yang khusus dan akan menghasilkan motif yang dibuat dengan berbeda di setiap hasil seninya masing – masing.

4. Menjahit Kikepang

Menjahit Kikepang adalah sebuah hasil dari seni yang dapat menemukan dalam bentuk barang sekali pakai dan dalam bentuk barang dekoratif yang di buat dari bahan-bahan alami dan bahan sintetis, Bahan sintetis yang akan digunakan termasuk plastik, pita dan kertas.

5. Kerajinan Topeng

Kerajinan Topeng adalah sebuah karya seni yang dapat digunakan untuk kebutuhan tarian dan dekorasi topeng memiliki keunikan dan biasanya terbuat dari kayu dan bahan yang lunak.

6. Kain Menyeringai

Kain Menyeringai adalah salah satu karya seni dengan proses pembuatan kerajinan tangan ini memakan waktu sekitar 2 hingga 5 tahun dan dapat di ikat ganda yang lebih sulit daripada ikat tunggal.

7. Natural Serat-studi

Natural Serat-studi adalah salah satu jenis kerajinan yang terbuat dari bahan serat alami juga berlimpah dan beragam dan lam membutanya menggunakan teknik tenun.

8. Tinker Clay

Tinker Clay adalah karya yang menggunakan tanah liat sebagai bahan baku utama dan dapat diproduksi dengan proses seperti pekerjaan keramik seperti pijatan, memutar, campak, membakar dan kaca.

9. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak adalah sebuah karya seni dengan pembuatan barang-barang kulit dengan kerajinan peraknya sehingga dapat dipasarkan di luar negeri, sebagai hasil dari Proses dan akan berkualitas sebagai cincin, gelang, kalung.

Nah demikian lah sobat pembahasan dari kami pembahasn tentang Jenis Jenis Kerajinan, lengkap dengan pengertian, contoh dan gambarnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat memerikan manfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Macam Macam Sulaman