Jenis Tari Berpasangan

Posted on

Halllo sobat kami dari rumussoal.com akan manyampaikan Artikel makalah tentang Jenis Tari Berpasangan – lengkap dengan pengertian, teknik, karakteristik, jenis, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Jenis Tari Berpasangan – Adalah salah satu jenis karya seni dalam proses tarian yang akan di lakukan dalam pertunjukan acara adat dan pertunjukan yang lainnya sebagai untuk menghibur, dibuat dengan tangan dan memiliki nilai karya seni menghasilkan kualitas dan akan berfungsi degan keindahannya. Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Tari Berpasangan Itu

Jenis-Tari-Berpasangan

Tarian berpasangan adalah sejenis tarian yang dapat dimainkan atau dipertunjukkan dengan berpasangan oleh 2 penari yang di gabungan dengan jenis kelamin yang sama penari laki-laki dengan penari laki-laki.

Jenis Tari Berpasangan ini yang dapat di lakukan dengan gerakan tarian sebagau menunjukkan yang harus saling melengkapi satu sama lain untuk Wiraga.

Dalam hal ini dapat dijadikan sebagai sarana hiburan meskipun dimainkan secara berpasangan dan dimainkan oleh lebih dari 2 orang di satu panggung dengan perherakan untuk saling melengkapi.

Baca Juga: Macam Macam Sulaman

Jenis Lagu Tari Berpasangan

Dalam tarian ini terdapat juga jenis lagu yang sering di gunakan pada saat akan melakukan terian berpasangan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rengum adalah sebuah lagu dalam raungan
  2. Dering lagu yang dapat diikuti oleh semua penari
  3. Talks sebuah lagu pendek dengan suara pendek
  4. Syekh sebagai lagu yang dinyanyikan oleh penari dengan suara panjang dan dapat juga memudahkan pergerakan
  5. Saur adalah sebuah lagu yang dapat diulangi para penari setelah dinyanyikan

Baca Juga:  Jenis Jenis Kerajinan

5 Jenis Tari Berpasangan 

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis yang terdapat dalam janis tari berpasangan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tari Piring

Tari-Piring

Tari Piring adalah tarian yang berasal dari wilayah Minangkabau di Sumatra barat, yang menggunakan lempeng dengan melambangkan kegembiraan dan rasa terima kasih para petani atas panen mereka.

Dan biasanya akan dibawahkan ke acara-acara penting seperti pernikahan, maka penari piring akan dilakukan dalam bentuk tarian berpasangan putra dan putri dalam suatu kelompok.

2. Tari Zapin

Tari-Zapin

Tari Zapin adalah Contoh tarian berpasangan tarian tradisional yang berasal dari Riau dan penuh dengan nuansa Islam karena memang telah muncul dari proses akulturasi budaya Melayu dan budaya Islam di masa lalu.

3. Tari Gambyong

Tari-Gambyong

Tarian Gambyong adalah tarian dari Jawa Tengah yang akan muncul dari perpaduan tarian rakyat dan tarian istana dalam hal ini juga sebagai Nama “Gambyong” untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah, asal-usul, gerakan, properti.

4. Tarian Pendet

Tarian-Pendet

Tari Pendet adalah tarian kelompok dari Bali yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler pada awal 1970-an tarian ini adalah tarian sebagai penyembahan yang dipamerkan di kuil dengan menunjukkan salam dari keturunan dewi di dunia marcapada.

Pendet merupakan pernyataan penawaran dalam bentuk tarian seremonial yang dapat mengubah tarian pendet menjadi tarian yang mengundang makna dan menggunakan unsur sakral dan religius.

5. Tari Mangket

Tari-Mangket

Tarian Maengket adalah tarian tradisional Minahasa disebut sebagai tarian ucapan syukur bagi pencipta dan tarian ballroom dan akan dimainkan dengan gerakan sederhana selama panen padi.

6. Tarian Cakalele

Tarian-Cakalele

Tarian Cakalele adalah tarian tradisional Maluku dan dikenal juga sebagai tarian besar karena berfungsi untuk menyambut tamu-tamu besar seperti pemimpin agama dan pejabat pemerintah.

Cakalele adalah dapat menggunakan musik dari drum (Tifa), seruling dan cangkang yang besar (Bia) yang ditiup dan akan menggunakan Pakaian atau kostum yang digunakan sebagai perang khas zaman kuno

Demikian lah yang dapat kami sampaikan pembahasn tentang Jenis Tari Berpasangan, lengkap dengan contoh dan gambarnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Birama 4/4